Thursday, November 2, 2017

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

No comments :
ilustrasi gambar dari qedip.com

Kali ini Bacaan Populer secara khusus membuat artikel bagi adik-adik yang masih duduk di SD atau mungkin juga di SMP. Pada artikel kali ini kita membahas tentang nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya.

Terlebih dahulu penulis ingin mengingatkan kepada adik-adik semua bahwa sebenarnya malaikat yang diciptakan Allah Subhana wata'ala tidak hanya 10 di bawah ini saja. Malaikat sangat banyak. Bahkan, para ustadz sering manyampaikan bahwa saat Nabi Muhammad Salallahualaihiwasalam mi'raj ke langit beliau melihat bahwa antara langit yang satu dengan yang lain tidak terlowong sedikitpun ruang bahkan hanya sebesar telapak tangan saja kecual ada malaikat yang sedang beribadah kepada Allah.


Pada malam Lailatul qadar juga sering dikatakan bahwa malaikat turun memenuhi bumi. Sehingga bumi penuh sesak dengan malaikat yang turun. Itu pertanda bahwa malaikat tidak hanya berjumlah 10 orang saja.

Namun, malaikat yang sangat banyak itu tidak kita kenali namanya, kecuali hanya 10 di bawah ini saja. 

Tugas utama malaikat adalah beribadah kepada Allah Subhana wata'ala. Adapun tugas-tugas yang kami tulis di bawah ini adalah tugas khusus yang diembankan kepada mereka selain dari beribadah tersebut. Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa malaikat jibril sudah tidak bertugas lagi setelah kematian Rasulullah Salallahualaihiwasalam, karena tidak ada lagi wahyu yang turun. Itu tidak benar! Karena tugas utama malaikat Jibril adalah beribadah dan memuji Allah.

Baiklah adik-adik Sahabat Populer, berikut adalah nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib kita ketahui dan kita imani. Karena meyakini mereka adalah bagian dari rukun iman. Dihafal ya adik-adik.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya Masing-masing:

1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu
2. Malaikat Mikail bertugas membagikan rezeki
3. Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala
4. Malaikat Izroil bertugas mencabut nyawa
5. Malaikat Munkar dan Nankir bertugas menanyakan dan memeriksa amal manusia di alam kubur/barzah
6. Malaikat Rokib bertugas mencatat amal baik manusia
7. Malaikat Atit bertugas mencatat amal buruk manusia
8. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka
9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga


Nah, itulah 10 nama malaikat yang wajib kita yakini. Meyakininya adalah bagian dari rukun iman. Jangan lupa dishare kepada teman-teman agar mereka juga tahu. Sesama muslim harus saling ingat-mengingatkan.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test