Friday, November 3, 2017

Bacaan Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah

No comments :

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seorang muslim di dunia ini dimaksudkan untuk mencari ridho Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bahkan, hembusan nafas dan detak jantung seorang muslim akan dianggap zikir jika tak lepas dari mengingat-Nya.

Adapun berangkat dari rumah ketika subuhm, pagi, siang, sore, atau malam sekalipun, jika dengan niat baik maka semua itu akan dinilai ibadah. Bahkan, jika seorang suami keluar dari rumah dengan niat untuk mencari rezeki untuk keluarganya, seorang mahasiswa yang keluar rumah untuk mendapatkan ilmu di kampus, dan seorang siswa yang keluar rumah untuk pergi menuntut ilmu ke sekolah, dianggap sebagai tindakan yang sama dengan jihad fisabilillah.

Begitu besar pahalanya. Asalkan dengan niat lurus karena Allah. Seandainya, ketika di jalan kita mengalami kecelakaan maka kita dianggap mati dalam keadaan Sahid. Subhanallah, maha besar nikmat-Mu ya Allah.

Namun, balasan yang amat sangat besar itu akan sirna jika kita melangkah keluar rumah dengan niat bukan karena Allah. Kalau sudah begitu, kita juga pasti tidak memulainya dengan berdoa, bahkan walaupun hanya dengan membaca kalimat bismillah.


Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.”

Begitu pentingnya berniat sebelum memulai. Bahkan, pembeda umat muslim dan non muslim dalam melaksanakan sesuatu terletak pada niatnya. Seorang muslim melakukan sesuatu karena Allah Subhanahu wa Ta'ala, sedangkan non muslim melakukan sesuatu karena selain Allah.

Baiklah Sahabat Populer, berikut ini mari kita lihat bacaan doa yang disunnatkan oleh Rasulullah Salallahualaihiwasalam ketika akan berangkat keluar rumah, doa masuk rumah, dan doa masuk rumah yang baru ditempati.

Bacaan doa keluar rumah atau berangkat dari rumah:


Bacaannya: Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.
Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.

Bacaan doa masuk rumah ketika pulang:


Bacaannya: Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa.
Artinya: Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.

Bacaan doa masuk rumah yang baru ditempati:


Bacaannya: Maasya allaah, laa quwwata illaa billaah.
Artinya: Sungguh atas kehendak Allah sehingga semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya.


Demikianlah Sahabat Populer, Bacaan doa keluar rumah, doa masuk rumah, dan doa masuk ke rumah yang baru ditempati. Silakan di share kepada kawan-kawan jika Sahabat suka.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test