Saturday, November 4, 2017

12 Fakta Hebat Bulan Safar

No comments :

Pertama-tama kami ingin mengucapkan assalamualaikum kepada semua Sahabat Populer, teristimewa yang bernama Safar, Safaruddin, Safarni, Safarno, Safardi, Safri, dan semua Sahabat yang lahir pada bulan Safar. Kami doakan semoga selalu dilimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia yang berlimpah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, amin.

Dahulu, jika kita memanjat pohon jambu atau rambutan, seringkali orang-orang tua berteriak, "Oii Dul, jangan manjat! Nanti kamu jatuh! Ini bulan Safar. Turun Nak, Turun!"

Begitu juga kalau kita pergi mandi di sungai, main bola, atau main patok lele. Semuanya disuruh berhenti, dengan alasan "ini bulan Safar", bulan sial. Hebatnya lagi, bulan Safarnya lama banget, dari Januari sampai Juli. Bahkan bisa jadi sepanjang tahun, kecuali bulan Ramadhan dan bulan Syawal. Mereka tak bisa bohong menyebut bulan Ramadhan atau bulan Syawal menjadi bulan Safar. Karena takut ketahuan bohongnya.


Meskipun demikian, tentu saja mereka melarang kita dengan maksud baik. Hanya saja, berbohong mengganti bulan Dzulhidjah menjadi bulan Safar tentu saja itu tidak baik. Apalagi mengidentikkakn bulan Safar sebagai bulan sial, ini sangat bertentangan dengan sabda Rasulullah Salallahalaihiwasalam, “Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa” (HR. Bukhari).

Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada penyakit menular (yang berlaku tanpa izin Allah), tidak ada buruk sangka pada sesuatu kejadian, tidak ada malang pada burung hantu, dan tidak ada bala (bencana) pada bulan Safar (seperti yang dipercayai).”
Kepercayaan mengenai kesialan pada hari, bulan, dan tempat tertentu itu merupakan kepercayaan orang jahiliah sebelum kedatangan Islam. Jika kita meyakininya maka jatuhlah kita kepada syirik.

Baiklah Sahabat Populer, berikut kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 12 fakta tentang bulan Safar. Bulan yang berisi persitiwa-peristiwa besar di dalamnya. Silakan dibaca hingga selesai. Jangan lupa di-share jika Anda suka. 



1. Safar adalah bulan kedua dalam penanggalan Hijriyah. Sedangkan bulan kedua dalam penanggalan Jawa disebut dengan Sapar.

2. Safar (صفر) berarti kosong, karena dalam bulan ini orang-orang Arab dulu sering meninggalkan rumah untuk menyerang musuh. Safar (صفر) juga berarti angin bersiul. Karena pada bulan ini, zaman dahulu, adalah waktu yang paling berangin sepanjang tahun.

3.
Pernikahan Rasulullah Salallahualihi Wasalam dengan Khadijah binti Khuwailid. (Perlu dikaji kebenarannya. Karena menurut sumber lain pernikahan ini terjadi pada bulan Rabi'ul Awwal).

Menurut beberapa sumber Rasulullah Salallahualihi Wasalam menikahi Khadijah RA pada bulan Shafar. Menurut Sirah Nabawiyah yang ditulis oleh Syeikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri Rasulullah muda menikahi Khadijah atas prakarsa Nafisah binti Munabbih. Mahar yang diberikan Rasulullah saw berupa unta 20 ekor. (Pada sumber lain ada yang menyebutkan 25 ekor, ada juga yang menyebutkan 100 ekor unta).

4. Peristiwa Perang Al-Abwa (tahun ke 12 Hijrah). Perang Al Abwa disebut pula dengan Perang Waddaan.

5. Tragedi Ar Raji’ dan Tragedi Bi’ir Ma’unah terjadi di bulan Safar tahun 4 H. Kedua tragedi inilah yang menjadi pemicu Qunut Nazilah.


6. Kemenangan Perang Khaibar

Perang Khaibar adalah perang antara kaum muslimin dengan Yahudi di Khaibar yang bersekutu denga Raja Hiraklius. Kaum Muslimin berhasil menaklukkan benteng Yahudi Khaibar yang berlapis-lapis. Butuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengepung dan menembus masuk ke benteng tersebut.

7. Penaklukan Persia (14 Safar 16 H/17 Maret 637). Peristiwa ini terjadi pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab.

8. Jatuhnya kota Baghdad ke tangan Hulakhu Khan dari Mongol (9 Safar 565 H/14 Februari 1258).
Hulakhu Khan membawa pasukan sekitar 200.000 bala tentara untuk menaklutkkan kota Baghdad.

9. Shalahuddin Al Ayyubi, meninggal dunia  (27 Safar 859 H/15 Februari 1455)
Pembebas Jerusalem dan orang yang mengislamkan Afrika Utara.

10. Peristiwa Pengepungan di Khats’am, pinggiran Tabbaalah (bulan Shafar tahun 9 H)

11. Bani Udzrah menyatakan diri masuk Isam (bulan Safar tahun 9 H)
Bani Udzrah adalah salah satu bani yang mempunyai garis keturunan sampai kepada Qushai salah satu kakek Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam. Pada waktu itu datang kepada Rasulullah utusan dari Udzroh pada bulan Shafar, tahun kesembilan sebanyak dua belas orang. Di antaranya Jumroh bin an-Nu’maan. Mereka menyatakan diri memeluk Islam. Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam kemudian menceritakan kepada mereka akan datangnya kemenangan atas Syam dan diperanginya Hiraklius hingga akhir imperiumnya.


12. Pengangkatan Usamah bin Zaid, panglima perang termuda pada zaman Rasululullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam, yang bahkan belum mencapai usia 20 tahun untuk memimpin pasukan kaum muslimin memerangi Ubna (29 Safar 11 H/24 Mei 632 M). Usamah bin Zaid menunaikan tugasnya dengan gemilang. Pasukan muslimin berhasil menaklukkan penduduk Ubna.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test