Sunday, November 19, 2017

10 Fakta Hebat Bulan Rabiul Awal

No comments :

Pertama-tama kami ingin mengucapkan assalamualaikum kepada semua Sahabat Populer, teristimewa yang bernama Maulida, Nur Maulid, Maulidina, Maulidyah, dan semua Sahabat yang lahir pada bulan Rabiul Awal. Kami doakan semoga selalu dilimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia yang berlimpah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, amin.

Bulan Rabiul Awal, atau banyak juga orang menyebutnya dengan sebutan bulan Maulid, adalah bulan yang sangat istimewa. Karena, tepat pada tanggal 12 Rabiul Awal pada tahun gajah, telah lahir seorang manusia mulia yang menjadi rahmat bagi semesta alam, Muhammad Rasulullah Salallahi alaihisalam. Di Indonesia tanggal kelahiran Beliau ditandai dengan tanggal merah, libur nasional, sebagai salah satu hari besar agama Islam.


Baiklah Sahabat Populer, berikut kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 12 fakta tentang bulan Rabiul Awal. Bulan yang berisi persitiwa-peristiwa besar di dalamnya. Silakan dibaca hingga selesai. Jangan lupa di-share jika Anda suka. 



1. Bulan Rabiul Awal adalah bulan ke-3 dalam kalender hijriah, jumlah hari di dalamnya ada 30 hari.

2. Rabi' artinya menetap, dan awal artinya pertama.

3. Hari Kelahiran Rasulullah Salallahi alaihisalam

Ada beberapa pendapat dan riwayat berkenaan tanggal kelahiran Nabi Muhammad Salallahi alaihisalam. Namun, seluruh ulama bersepakat bahawa Nabi Muhammad Salallahi alaihisalam dilahirkan pada bulan Rabiul Awal, dan yang paling masyhur ialah sumber-sumber yang mengatakan kelahiran Nabi SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah. Tanggal ini pula yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari kelahiran Rasulullah Salallahi alaihisalam, dan disebut dengan istilah maulud nabi.

4. 1 Rabiul Awal Rasulullah mulai melakukan hijrah, meninggalkan Mekkah, Perjalanan menuju ke Madinah al Munawarah. 


5. Rasulullah tiba di Quba pada hari Senin 8 Rabiul Awal.

Hal pertama yang Rasulullah SAW lakukan ialah membangun masjid bernama masjid Quba. Baginda Rasul kemudian meneruskan perjalanan sampai ke kota Yatsrib pada hari Jumat, 12 Rabiulawal.

6. Terjadinya berbagai peperangan

Peperangan yang terjadi pada bulan Rabiul Awal antara lain peperangan Bawath, peperangan Bani Nadhir, peperangan Dummatul Jandal, peperangan Ghatfan dan peperangan Bani Lahyan.

7. Wafatnya Nabi Muhammad Salallahi alaihisalam

Rasulullah wafat tepat pada hari lahirnya 12 Rabiulawal tahun 11 hijrah bertepatan 7 Juni 632M. Baginda wafat di rumah Aisyah RA di Madinah al Munawwarah. Beliau langsung dikebumikan dikamar beliau. Tempat makam beliau ini juga berikutnya bersebelahan dengan makam Sahabat beliau yang mulia, Abu Bakar As Siddiq RA dan Umar bin Khatab RA.

8. Sayyidina Abu Bakar Ash-shidiq RA dilantik menjadi pengganti Rasulullah 

Segera setelah Rasulullah wafat, sahabat Beliau dilantik menjadi kholifah penggantinya. Pelantikan tersebut dengan didukung oleh sahabat-sahabat Rasulullah SAW di Dewan Bani Saidah. Hal pertama yang dilakukan oleh Sayyidina Abu Bakar RA setelah perlantikan beliau ialah memerangi mereka yang murtad setelah Rasulullah meninggal.

9. Pembukaan Iraq oleh tentera Islam pimpinan Khalid Ibni Walid pada zaman pemerintahan Sayyidina Abu Bakar Ash-Shidiq RA.

10. Pembukaan Baitul Maqdis oleh Salahuddin al Ayyubi setelah tentera Islam menewaskan tentara salib pada 583H.

Jika Sahabat membaca beberapa sumber lain maka Sahabat akan menemukan perbedaan tanggal pada beberapa peristiwa yang kami sebutkan di atas. Memang, sangat sulit untuk memastikan kapan tepatnya sebuah peristiwa pada masa itu terjadi. Kebanyakan dari tanggal itu adalah pendapat dari orang-orang terdahulu. Masing-masing dari mereka pun ada yang berbeda pendapat. Sehingga, lain sumber lain pula tanggal kejadiannya. 

Baca juga artikel terkait lainnya: 

Sebagai penulis kami sangat menyarankan kepada para pembaca untuk menanyakan kepada ustadz-ustadz yang memiliki ilmu tentang bidang ini. Jika terdapat perbedaan dalam penetapan tanggal, maka kami sangat menghormati setiap perbedaan pendapat tersebut.

Wallahu a’lam bish-shawab.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test