Monday, October 9, 2017

Prinsip Prinsip Organisasi

No comments :

Organisasi yang baik pasti diawali dengan prinsip-prinsip organisasi yang baik, pasti, dan jelas. Begitu juga sebaliknya, organisasi yang buruk pasti juga diawali dengan prinsip-prinsip yang buruk dan tak jelas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata prinsip adalah; asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya); dasar;

Bertolak dari pengertian itu dapatlah diartikan bahwa prinsip itu adalah pondasi. Tentu saja bagian ini harus kuat dan mutlak, tak bisa ditawar-tawar. Putih atau Hitam, tak pernah abu-abu. Keras memang, tapi apalah arti pendirian jika tidak keras. (dipetik dari puisi Ariel tentang Abu Bakar Ba'asyir. Untuk membaca lebih lengkap silakan klik tulisan Di sini)



Begitu juga dalam sebuah organisasi; setidaknya ada 7 prinsip yang berlaku secara umum. Prinsip-prinsip itu akan kami paparkan di bawah lengkap dengan penjelasannya. Silakan dibaca sampai selesai. Jangan lupa share jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat.

Baca juga artikel terkait lain:



1. Perumusan Tujuan

Sebelum membuat suatu organisasi/badan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan dari dibentuknya organisasi/badan tersebut. Tujuan ini harus jelas karena akan menentukan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh organisasi tersebut.

2. Pembagian Kerja

Dalam pelaksanaan kegiatan, organisasi harus melakukan pembagian tugas/kerja untuk menghindari kemungkinan terjadinya tumpang tindih pekerjaan dan penumpukan pekerjaan pada suatu unit kerja.

3. Pendelegasian Kekuasaan/Wewenang

Dalam menjalankan kegiatan, suatu unit harus diberi kekuasaan/wewenang untuk melaksanakan tugas-tugasnya agar dapat dimintai pertanggungjawabannya.

4. Tingkat Pengawasan

Berjalannya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, harus dipastikan dengan selalu menjalankan sistem pengawasan, karena tanpa adanya pengawasan tidak mungkin suatu organisasi dapat mencapai tujuannya. Oleh karena itu, penyusunan organisasi harus memperhatikan kemudahan sistem pengawasan.

5. Rentang Manajemen

Dalam sebuah organisasi perlu diperhatikan efektivitas dan efisiensi seorang pemimpin dapat membawahi berapa jumlah orang yang dipimpinnya sehingga pemimpin dapat melakukan kepemimpinannya secara efektif dan efisien serta dapat melakukan pengawasan secara optimal.

6. Kesatuan Perintah

Dalam sebuah organisasi, seorang bawahan biasanya mempunyai seorang atasan. Dari atasan tersebutlah ia menerima perintah dan kepada atasan tersebut pula memberikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya.


7. Koordinasi

Prinsip koordinasi adalah usaha mengarahkan kegiatan seluruh unit-unit organisasi agar tertuju pada pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Adanya pembagian tugas kepada unit-unit kerja terkadang tanpa disadari timbul kecenderungan untuk memisahkan diri dari tujuan organisasi secara keseluruhan. Untuk itu, koordinasi diperlukan agar terhindar dari konflik, dengan mengurangi duplikasi tugas, mengurangi pengangguran, dan memperkuat kerja sama.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test