Saturday, October 14, 2017

Jenis-Jenis Mesin Pengganda Dokumen

No comments :
Ilustrasi seorang karyawan sedang memfotocopy

Pengertian Mesin Pengganda

Mesin pengganda dokumen merupakan mesin yang digunakan untuk membuat, memperbanyak atau menggandakan suatu dokumen sesuai dengan jumlah kebutuhan.

Adapun dokumen yang diperbanyak tersebuat ialah dokumen-dokumen yang berupa naskah, tulisan, surat undangan, gambar, foto dan dokumen dokumen lainnya.

Jenis-Jenis Mesin Pengganda

A. Mesin Fotocopy
Fotocopy merupakan mesin pengganda yang paling banyak digunakan saat ini. Mesin ini berfungsi untuk menyalin kembali suatu dokumen asli yang akan diperbanyak dengan bantuan cahaya, panas, bahan kimia (tinta), dan muatan listrik statis yang menghasilkan salinan baru.

Mesin fotocopy mampu menyalin hingga 25 lembar permenit, tergantung tipe.

B. Mesin Stensil/Duplikator

Mesin stensil merupakan mesin pengganda yang umum digunakan di kantor-kantor karena biaya operasionalnya murah. Mesin stensil merupakan mesin penghasil dokumen berbentuk lembaran-lembaran dalam jumlah banyak. Pengoperasiannya menggunakan kertas kertas master yg disebut stensil sheet.


1. Mesin Stensil Manual  
Mesin stensil manual merupakan mesin yang terdiri dari komponen-komponen yang bersifat mekanis, dan dioperasikan dengan tenaga manusia.
2. Mesin Stensil Listrik
Mesin stensil listrik merupakan mesin yang terdiri dari komponen/mesin yang bersifat statis namun dioperasikan dengan listrik. Mesin ini mampu menghasilkan salinan yang lebih baik daripada mesin setnsil manual.
3. Mesin Stensil Elektronik
Mesin stensil elektronik merupakan mesin yang terdiri dari komponen mekanis dan digerakkan oleh listrik serta dilengkapi panel board otomatis sehingga penggunaanya jauh lebih mudah dengan hasil yang lebih halus.

C. Scanner
Scanner merupakan mesin pengganda dokumen, gambar, dan foto. Mesin ini mampu menghasilkan salinan hampir sama seperti aslinya. Penggunaan scanner biasanya didukung dengan penggunaan komputer.

D. Printer
Printer merupakan mesin pengganda dokumen, gambar dan foto yang banyak digunakan saat ini karena hasilnya yang baik dan penggunaanya yang mudah.
Printer umunya saat ini digunakan bersamaan dengan komputer/laptop sebagai pemberi perintah dan sumber file/dokumen yang akan dihasilkan.

E. Mesin Risograph
 
Mesin risograph atau yang dikenal dengan nama mesin Riso, merupakan mesin untuk mencetak dan menyalin dokumen dengan kecepatan tinggi, karena mesin ini dapat mencetak/menyalin hingga 120 lembar permenit, jauh lebih cepat daripada mesin fotocopy dan scanner.

Mesin Riso pada umumnya terdapat pada bisnis percetakan karena biayanya jauh lebih murah dibanding mesin cetak/pengganda lainnya.
Mesin ini bekerja dengan menyalin dokumen asli yang kemudian di-scan. Selanjutnya mesin Riso akan menghasilkan salinan baru.

F. Mesin Offset
 
Mesin offset merupakan mesin cetak yang umunya digunakan pada industri percetakan dan penerbitan, seperti koran, buku, majalah, dan lain-lain.

Mesin ini memilki bobot yang berat serta ukurannya cukup besar, karena memang digunakan untuk memproduksi cetakan dalam jumlah banyak. Namun ada juga yang berukuran relatif kecil. Umumnya mesin offset terdiri dari 3 jenis yaitu: mesin offset digital, mesin offset printing, mesin offset ukuran mini.

G. Komputer/Laptop
Penggunaan komputer sebagai mesin pengganda biasanya dilengkapi dengan printer dan scanner untuk menghasilkan dokumen dalam bentuk naskah hardcopy.

H. Faximile/Fax
 
Faximile biasanya digunakan sebagai alat komunikasi, tapi juga dapat digunakan untuk meng-copy dan menggandakan dokumen.


Berkirim dokumen dan menerima dokumen dengan fax juga dapat dikategorikan dalam kegiatan penggandaan dokumen.

Mesin fax pada umumnya menggunakan jaringan telepon. Cara menggunakannya ialah dengan memasukkan terlebih dahulu dokumen yang akan dikirim ke dalam mesin fax, kemudian menekan nomor telepon tujuan. Dan beberapa saat kemudian dokumen akan disalin pada mesin fax sipenerima si penerima.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test