Thursday, October 12, 2017

10 Tips Untuk Membantu Mahasiswa Tidur

No comments :

Tidur yang berkualitas bagi seorang mahasiswa adalah suatu hal yang sangat mewah, bahkan mungkin sesuatu yang sulit dijangkau. Belum lagi durasinya yang hampir tiap hari tak pernah cukup, ini adalah masalah yang lain lagi. Singkatnya, mahasiswa dan cukup tidur seperti dua sisi mata uang yang sangat susah untuk dipersatukan.

Pada saat tugas makalah menumpuk, siang tadi baru install game baru, atau baru melakukan PDKT dengan pasangan, atau stres karena baru putus, banyak pikiran, biasanya pada saat seperti ini waktu tidurlah yang sering menjadi target utama untuk dipangkas. Celakanya, ketika sampai waktunya harus tidur, apakah Anda yakin bisa langsung tertidur?

Tidur tak seperti makanan di rumah makan yang bisa dipesan lalu sekajap kemudian bisa langsung dinikmati. Beberapa orang bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di tempat tidur, berusaha untuk tidur, tapi ternyata hingga pagi mejelang dia sama sekali tak bisa menikmati semenitpun tidur yang diinginkannya.


Meskipun begitu, tidur bukanlah seperti harimau liar yang susah sekali untuk didekati. Dia persis seperti kucing yang Anda temukan di jalan, jika dipanggil dan dipancing dengan baik maka dia sendiri yang akan mendatangi Anda.

Beriktu ini kami uraikan tentang cara memancing tidur. Bagi mahasiswa dan pelajar SMA perhatikan baik-baik! Karena, Andalah orang yang paling banyak memangkas waktu tidur, lama kelamaan menjadi terbiasa, dan akhirnya menjadi susah untuk tidur (insomnia). Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman senasib seperjuangan.

10 Tips Membantu Mahasiswa Tidur

1. Gunakan penyumbat telinga

Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya. Harganya murah, mudah ditemukan di toko obat manapun. Benda ini bisa melindungi Anda dari kebisingan lingkungan tempat tinggal Anda, atau teman sekamar Anda yang tidur mendengkur.

2. Matikan Lampu

Teman sekamar Anda mungkin harus terjaga sepanjang malam untuk menyelesaikan makalah yang harus dikumpulkan besok pagi, jadi mintalah dia untuk menggunakan lampu meja,  bukannya lampu utama untuk ruangan itu. Atau, jika Anda mau tidur siang atau sore hari, tutup tirai untuk membantu menggelapkan ruangan.


3. Dengarkan Musik Santai

Putarlah musik santai untuk membantu Anda fokus pada menenangkan diri daripada segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda.

4. Sunyi Lebih Baik

Musik memang bisa membantu, tapi kesunyian jauh lebih baik. Matikan HP, TV, musik, atau DVD yang ingin Anda tonton saat sebelum tertidur.

5. Berolahraga

Sehat secara fisik dapat membantu Anda tidur lebih baik. Cobalah berolahraga di siang hari, tapi jangan terlalu dekat dengan waktu tidur. Jalan pagi yang Anda lakukan selama 30 menit waktu pergi ke kampus atau pindah antar ruangan kuliah akan membantu Anda tidur lebih cepat pada malam nanti.

6. Hindari Kafein di Siang hari

Secangkir kopi yang kamu minum pada jam 4 sore bisa membuat Anda terjaga hingga 8 jam kemudian. Cobalah ganti kopi dengan minum teh, jus, susu atau atau air putih saja yang bebas kafein dan jelas lebih sehat.


7. Hindari Minuman Energi

Tentu, Anda membutuhkan dorongan energi untuk menyelesaikan tugas. Tapi berolahraga secara teratur atau makan sepotong buah akan bekerja lebih baik daripada minuman energi, dan itu tidak membuat Anda terjaga sepanjang malam.

8. Makan yang sehat

Jika tubuh Anda meriang, pasti akan sulit tidur malam nanti. Ingatlah apa yang diajarkan orangtua kita bahwa lebih baik mengunsumsi buah, sayuran, air, dan biji-bijian daripada kopi, minuman energi, makanan gorengan, dan makan cepat saji.

9. Turunkan Stres

Memang, ini kelihatannya seperti Mission Impossible, tapi mengurangi stres jelas bisa membantu Anda tidur. Jika Anda tidak dapat menurunkan tingkat stres, cobalah menyelesaikan makalah atau tugas - seberapapun yang Anda bisa- sebelum Anda betulbetuk naik ke tempat tidur.


10. Tenang selama beberapa menit sebelum tidur

Browsing dengan smartphone, memeriksa email, mengirim dan membaca pesan, betul-betul bisa mengganggu saraf mata dan kemampuan otak untuk benar-benar bersantai dan terhanyut. Cobalah shalat malam, membaca majalah selama beberapa menit, atau hanya beristirahat dengan tenang tanpa peralatan elektronik, mungkin Anda akan terkejut dengan seberapa cepat Anda akhirnya bisa tertidur dengan pulas, zZzZZZzzz...

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test