Thursday, August 10, 2017

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Karya Sastra

No comments :
Ilustrasi sebuah kisah persahabatan sejak kecil
Jika Anda membaca sebuah karya sastra maka pada saat itu Anda sedang menikmati unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang disajikan oleh si penulis. Kedua unsur inilah yang mewarnai keseluruhan kalimat, pragaraf, dan tulisan yang Anda baca tersebut. Baik secara tersurat maupun tersirat.

Unsur-unsur intrinsik lebih mudah ditemukan karena tersurat dengan jelas di dalam tulisan. Seperti nama-nama tokoh, setting, dan sudut pandang. Hal ini bahkan bisa Anda ketahui sejak halaman pertama dari prosa yang Anda baca.


Namun, unsur-unsur ekstrinsik sedikit lebih menantang untuk ditemukan. Karena tidak tertulis dengan jelas pada kalimat-kalimat yang Anda baca. Kerap kali Anda baru menemukannya setelah membaca puluhan lembar. Karena unsur-unsur ekstrinsik adalah nilai-nilai moral, gaya bahasa, adat, etika, dan budaya yang disajikan penulis dalam karyanya tersebut.

Baiklah Sahabat Populer, untuk mengetahui dengan lebih jelas tentang unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah karya sastra berikut ini kami telah membuat uraian singkat yang mudah Anda pahami. Silakan dibaca sampai selesai.

1. Unsur intrinsik

Unsur intrinsik yaitu unsur pembangun cerita yang berasal dari dalam cerita itu sendiri. Unsur ini meliputi sebagai berikut.

- Tema, yaitu gagasan pokok yang diangkat dalam cerita.

- Penokohan, yaitu tokoh dan karakter tokoh-tokoh cerita.

- Amanat, yaitu pesan yang disampaikan pengarang kepada pendengar lewat cerita.

- Setting, yaitu tempat, suasana, dan waktu terjadinya cerita.

- Alur, yaitu rangkaian peristiwa yang membentuk cerita. Dari bagian awal, inti cerita, dan akhir cerita.

- Sudut pandang (point of view), yaitu cara pandang pengarang dalam menempatkan dirinya saat bercerita.

Baca juga artikel terkait lain:

2. Unsur ekstrinsik

Unsur ekstrinsik yaitu unsur pembangun cerita yang berasal dari luar. Unsur ini meliputi nilai atau ajaran moral, gaya bahasa, adat, etika, dan budaya.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test