Sunday, August 6, 2017

Tugas-tugas Humas/Public Relation

No comments :

Menurut Cutlip et al (2006:39), ada sepuluh kategori pekerjaan pokok humas/public relation, yakni sebagai berikut:

1. Menulis dan mengedit
Menyusun rilis berita dalam bentuk cetak atau siaran, cerita feature, newsletter, korespondensi, pesan website dan pesan media online lain, laporan tahunan dan shareholder, pidato, brosur, film, script slide show, artikel publikasi perdagangan, iklan institusional, dan lain-lain.

2. Berhubungan dengan media dan penempatan media
Mengontak media koran, majalah, suplemen mingguan, penulis freelance, merespon permintaan informasi oleh media, memverifikasi berita dan membuka akses ke sumber otoritas.

3. Melakukan riset
Mengumpulkan informasi tentang opini publik, trend, isu yang sedang muncul,iklim politik dan peraturan perundangan, liputan media, opini kelompok kepentingan dan pandangan-pandangan lain berkaitan dengan stakeholder, mencari database di internet, jasa online, dan data pemerintah elektronik, mendesain riset program, melakukan survei dan menyewa perusahaan riset.


4. Manajemen dan administrasi
Pemrograman dan perencanaan dengan bekerja sama dengan manajer lain; menentukan kebutuhan dan prioritas, mendefinisikan publik, setting dan tujuan, dan mengembangkan strategi dan taktik, menata personel, anggaran, dan jadwal program.

5. Konseling
Memberi saran kepada manajemen dalam masalah sosial, politik, dan peraturan; berkonsultasi dengan tim manajemen mengenai cara menghindari atau merespons krisis; bekerja bersama pembuat keputusan kunci untuk menyusun strategi mengelola atau merespons isu-isu yang sensitif dan kritis.

6. Mengelola acara khusus (special event)
Mengatur dan mengelola konferensi pers, perlombaan-perlombaan, open house, pemotongan pita dan grand opening, perayaan ulang tahun, acara pengumpulan dana, mengunjungi tokoh terkemuka, mengadakan kontes, program penghargaan dan kegiatan khusus lain.


7. Berpidato
Tampil di depan kelompok, melatih orang untuk memberikan kata sambutan dan mengelola biro juru bicara untuk menjelaskan platform organisasi di depan audien penting.

8. Produksi
Membuat saluran komunkasi dengan menggunakan keahlian dan pengetahuan multi media, termasuk seni, tipografi, fotografi, tata letak, perekaman audio, video, dan editing; menyiapkan presentasi audio visual.

9. Training
Mempersiapkan eksekutif dan juru bicara lain untuk menghadapai media dan tampil di hadapan publik. Memberi petunjuk kepada orang lain di dalam organisasi untuk meningkatkan keahlian menulis dan berkomunikasi. Membantu memperkenalkan perubahan dalam kultus, kebijakan, struktur, dan proses organisasi.


10. Kontak
Sebagai penghubung (liaison) dengan media, komunitas, dan kelompok internal dan eksternal lainnya. Sebagai mediator antara organisasi dan stakeholder penting dengan mendengarkan pandangan, menegosiasikan, mengelola konflik, dan menjalin kesepakatan. Sebagai tuan rumah dengan melakukan pertemuan dan jamuan untuk tamu dan pengunjung.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test