Breaking News
recent

Pengetian Kas Kecil atau Petty Cash

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kas kecil atau petty cash adalah sejumlah uang tunai yang disediakan untuk membayar pengeluaran yang kecil-kecil.

Menurut Para Pakar 

1. Kas kecil atau petty cash adalah sejumlah uang tunai dalam jumlah kecil yang digunakan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan.

2. Kas kecil atau petty cash adalah uang tunai yang di sediakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil karena tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.

3. Kas kecil atau petty cash adalah sejumlah uang yang dicadangkan oleh perusahaan untuk pembayaran pengeluaran-pengeluaran yang bersifat rutin namun jumlah nominalnya relatife kecil, serta tidak material.


Karakterisitik Kas Kecil:

1. Jumlah nominalnya dibatasi, tidak lebih ataupun tidak kurang dari jumlah nominal tertentu yang sudah ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Masing-masing perusahaan biasanya telah menetapkan jumlah nominal yang dialokasikan untuk kas kecil yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan perusahaan.

2. Digunakan untuk mendanai transaksi yang bernominal kecil yang rutin terjadi setiap hari.

Petty cash atau dana kas kecil ini berfungsi sebagai cadangan jika ada transaksi-transaksi dalam jumlah kecil yang tidak ekonomis jika pembayarannya menggunakan cek. Setiap perusahaan perlu menunjuk seorang staf yang bertanggung jawab mengatur dan mengelola kas kecil yang membiayai seluruh kebutuhan operasional perusahan yang jumlahnya relatif kecil.

Baca juga artikel terkait lain:

Pengertian Sarana dan Prasarana
Pengertian Arsip dan Kearsipan
Pengertian Dokumen dan Dokumentasi


Pengelolaan kas kecil diserahkan kepada pemegang kas kecil yang bertanggungjawab terhadap yang diambil dari dana kas kecil. Pengelola dana kas kecil tidak berhak menerima dana dari pihak luar, dana yang dikelola hanya yang di terima dari pemegang kas besar atau kas umum.
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.