Thursday, August 10, 2017

Arti Kata Ambigu dan Contohnya

No comments :
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ambigu bermakna lebih dari satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dan sebagainya); bermakna ganda; taksa.

Ambiguitas
1. Sifat atau hal yang bermakna dua; kemungkinan yang mempunyai dua pengertian;
2. Ketidaktentuan; ke-tidakjelasan;
3. Kemungkinan adanya makna atau penafsiran yang lebih dari satu atas suatu karya sastra;
4. Kemungkinan adanya makna lebih dari satu dalam sebuah kata, gabungan kata, atau kalimat; ketaksaan.

Contoh Kata Ambigu

1. Pak Junaidi datang memberi tahu.
Apakah tahu yang dimaksudkan tahu makanan atau  informasi?

2. Kucing makan tikus mati di dapur.
Apakah yang mati itu kucing atau tikus?

3. Sepeda dari Pak lurah yang hebat itu sudah kami cat.
Apakah yang hebat itu sepeda atau pak lurah?

Makna kata ambigu seperti pada contoh di atas tidaklah terlalu sulit untuk dipahami. Karena kita bisa melihat konteks kalimat atau situasi pada saat kata itu diucapkan. Tapi, ada yang lebih sulit dipahami daripada kata ambigu, yakni kalimat ambigu. Karena lebih kompleks.

Contohnya, "Jalan di Singapura lebih tertib daripada Jakarta."

Secara tekstual kalimat di atas maknanya adalah bahwa keadaan jalan di Singapura lebih tertib daripada keadaan kota Jakarta secara keseluruhan. Tetapi, apakah memang itu yang ingin disampaikan oleh si pembicara? Kalau memang itu yang dimaksud sipembicara maka kalimat di atas benar secara tekstual.

Tapi, tentu saja kita tidak bisa menerima makna kalimat itu secara pragmatis. Karena ada beberapa tempat di Jakarta yang jauh lebih tertib daripada jalan di Singapura. Misalnya, keadaan di istana presiden RI yang terletak di Jakarta. Pasti jauh lebih tertib daripada jalan di Singapura.


Makna lain dari kalimat di atas adalah jalan di Singapura lebih tertib daripada jalan di Jakarta. Kalau memang seperti ini makna yang ingin disampaikan oleh si pembicara maka kita bisa menerimanya. Tapi kalimat di atas adalah kalimat salah ucap. Karena tidak menyebutkan kata jalan sebelum kata Jakarta.

Berhati-hatilah mengucapkan kalimat yang ingin disampaikan. Jangan sampai menggunakan kalimat ambigu. Karena, hal ini bisa saja akan memberikan dampak tidak seperti yang kita harapkan.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test