Friday, August 11, 2017

11 Fakta Hebat Bulan Muharram

No comments :

Pertama-tama kami ingin mengucapkan assalamualaikum kepada Sahabat Populer yang bernama Muhar, Muhardi, Muharman, Muharni, Muharti, dan semua Sahabat yang lahir pada bulan Muharam. Kami doakan semoga selalu dilimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia yang berlimpah dari Allah SWT, amin.

Bagi umat muslim di seluruh dunia bulan Muharam adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun, karena tahun baru Islam dimulai dari bulan ini. Tahun baru, semangat, suasana baru, dan mudah-mudahan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sahabat, tahukah Anda ada begitu banyak peristiwa hebat yang terjadi pada tanggal 10 Muharam? Hari istimewa yang biasanya kita sebut dengan hari Asyura. Pada hari itu kita bahkan disunnatkan untuk berpuasa.


Selain itu ada juga hari-hari besar keagamaan yang terdapat pada bulan Muharam. Tentu saja hari keagamaan yang kami maksud adalah agama samawi, yakni Islam, Nasrani, dan Yahudi.

Baiklah Sahabat Populer, berikut ini kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 11 fakta hebat tentang bulan muharam yang kami petik dari berbagai sumber. Silakan dibaca sampai selesai. Jangan lupa di-share jika Anda suka.

1. Muharam adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Muharram berasal dari kata yang artinya diharamkan atau dipantang, yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Tanggal 1 Muharram adalah Tahun Baru agama Islam.

2. Bulan Muharram termasuk satu diantara 4 bulan yang dimuliakan Allah SWT selain bulan Rajab, Dzul-Qa’dah dan Dzul-Hijjah.

3. Nabi Musa AS dan bani Israel diselamatkan Allah dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 10 Muharram. Oleh karena itu, sebagian umat Yahudi melakukan puasa sebagai bentuk rasa syukur.

4. Tanggal 10 Muharram adalah hari besar bagi umat Islam. Biasanya disebut dengan hari Asyura. Pada hari itu umat muslim disunnatkan berpuasa dengan diawali puasa sehari sebelumnya, yakni pada tanggal 9 Muharam.


5. Nabi Ibrahim AS diselamatkan Allah dari api yang dikobarkan Raja Namrud pada tanggal 10 Muharam

6. Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara pada tanggal 10 Muharam. Nabi Yusuf dipenjarakan karena dituduh ingin berbuat mesum dengan Zulaikha, istri seorang penguasa pada saat itu.

7. Nabi Nuh AS diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama 6 bulan. Peristiwa ini juga terjadi pada tanggal 10 Muharam.

8. Nabi Yunus AS diselamatkan Allah keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 10 Muharam.

9. Nabi Ayub AS dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya pada tanggal 10 Muharam.

10. Allah menganugerahkan kerajaan yang teramat sangat besar kepada Nabi Sulaiman AS pada tanggal 10 Muharam. Kerajaan ini memiliki tentara dari 3 jenis makhluk; manusia, jin, dan hewan.

11. Beberapa peristiwa hebat lain yang terjadi pada tanggal 10 Muharam (Assyura) adalah sebagai berikut: (Dipetik dari berbagai sumber yang perlu dikaji kesahihannya)
- Penglihatan Nabi Yaakub AS yang kabur dipulihkkan Allah
-
Kesalahan Nabi Daud AS diampuni Allah
- Hari pertama Allah menciptakan alam


- Hari pertama Allah menurunkan hujan
- Allah menjadikan ‘Arasy
- Allah menjadikan Luh Mahfuz
- Allah menjadikan Malaikat Jibril
- Nabi Isa diangkat ke langit.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test