Breaking News
recent

Top 10 Negara Muslim Terkaya Di Dunia


Sebagian besar negara-negara di dunia ini adalah negara kristen. Karena lebih dari 80 persen penduduk di negara tersebut adalah umat kristiani. Sedangkan sebagian negara yang lain disebut negara islam karena mayoritas penduduknya adalah muslim.

Ada banyak sekali negara Islam yang masuk ke dalam daftar 30 negara terkaya di dunia berdasarkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Bahkan negara terkaya di dunia adalah negara muslim, yakni Qatar, dengan PDB sebesar $ 93.714  (Rp 1.246.396.200).

Pendapatan Domestik Bruto (PDB) adalah nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional.


Pemerintah negara-negara terkaya ini membuat undang-undang dan peraturan tentang ekonomi yang lebih baik. Rata-rata perekonomian negara terkaya ini bergantung pada industri minyak bumi, gas alam, pelumas, pertanian, perbankan, dan infrastruktur.

Baiklah Sahabat Populer, berikut ini adalah daftar 10 negara muslim terkaya di dunia. Alhamdulillah, paling tidak 2 dari 10 negara ini adalah tetangga kita, negara Melayu. Silakan di baca hingga selesai. Jangan lupa di-share jika Anda suka.

10. Malaysia - PDB $ 15.589

Malaysia adalah negara Muslim terkaya ke-10 di dunia yang memiliki PDB per kapita $ 15.589. Malaysia adalah pasar ekonomi industri yang baru. Moto Malaysia adalah "Bersatu teguh". Populasi negara ini adalah 28.334.135 jiwa dan nama mata uangnya Ringgit.

Malaysia adalah pengekspor sumber daya pertanian, dan minyak bumi. Dua bidang ini adalah pendapatan utama negara ini, dan pariwisata merupakan sumber pendapatan terbesar ketiga. Malaysia dianggap sebagai salah satu negara yang paling berkembang di Asia karena infrastrukturnya.

9. Libya - PDB $ 16.855

Negara Muslim Terkaya Kesembilan adalah Libya. Negara ini menyimpan sejumlah besar cadangan minyak dan penghasil produksi minyak bumi terbesar di dunia. Perekonomian Libya bergantung pada sektor minyak. Penduduk Libya berjumlah 5.670.688 jiwa dan mata uangnya Dinar. Libya adalah negara dengan PDB per kapita tertinggi ke-4 di Afrika setelah Seychelles, Equatorial, Guinea, dan Gabon.

8. Turki - PDB $ 16.885

Turki merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Berpenduduk 74.724.269 jiwa. Nama mata uangnya Lira Turki (TRY). Pariwisata di Turki juga tumbuh paling cepat. Beberapa sektor ekonomi lainnya adalah perbankan, konstruksi, petrokimia, penyulingan minyak, dan otomotif. Industri galangan kapal Turki berada di peringkat ke-4 di dunia setelah China, Jepang, dan Korea Selatan.


7. Bahrain - PDB $ 23.690

Bahrain adalah negara Muslim berpenduduk sekitar 1.234.571 jiwa. Mata uangnya Dinar Bahrain, dan nilainya sangat tinggi. Di dunia Arab, negara ini juga merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dan namanya masuk pada City of London Global Financial Centers Index. Pendapatan negara ini maju dengan pesat karena cadangan minyak dan produksi minyak buminya dalam jumlah yang sangat besar.

6. Arab Saudi - PDB $ 24.434

Arab Saudi adalah tempat paling damai di seluruh dunia di mana setiap tahun jutaan umat Islam berkunjung menunanikan haji. Negara ini kaya dengan sumur minyak. Sebesar 95% produksi minyaknya diekspor ke luar negeri dan itu merupakan 70% dari pendapatan negara.


5. Oman - PDB $ 21.929

Populasi Oman adalah sebesar 2.773.479 jiwa, dan nama mata uang resminya adalah Rial. Gas Alam merupakan sumber pendapatan Oman. Menurut survei 2010, perkiraan produksi minyaknya adalah 816.000 barel per hari. Pemerintah memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat, sehingga mereka menikmati standar hidup yang baik.

4. Uni Emirat Arab - PDB $ 43.048

Uni Emirat Arab adalah salah satu negara yang indah dan terkaya di dunia. Abu Dhabi adalah ibu kota UEA. Setiap tahun jutaan orang mengunjungi tempat yang indah ini sehingga pariwisata juga menjadi sumber pendapatan. Populasinya sebesar 54.739.999 jiwa. Sumber pendapatan utamanya adalah gas alam, minyak, ikan kering, dan kurma.

3. Brunei - PDB $ 50.506

Motto terkenal negara Brunei adalah "Selalu melayani dengan bimbingan Tuhan". Bandar Seri Begawan adalah ibu kotanya. Brunei sangat kaya karena ladang minyak dan gas bumi yang luas. Jumlah penduduknya hanya 415.817 jiwa. Negara Muslim terkaya ketiga ini sangat intens di bidang keuangan, dan ini jugalah yang menjadi salah satu sebab ekonominya tumbuh menjadi sangat kaya.

2. Kuwait - PDB $ 54.197

Kuwait adalah negara Muslim terkaya kedua di dunia. Sumber pendapatan utama Kuwait adalah cadangan minyak, dan ekonominya tumbuh dari hari ke hari karena bidang ini. Di industri lain, pengiriman, konstruksi, dan jasa keuangan juga berkembang dengan pesat. Bank Nasional Kuwait adalah terbesar di Arab dan salah satu bank terbesar di dunia.

1. Qatar - PDB $ 93.714

Qatar adalah negara Muslim terkaya di dunia yang berpenduduk sekitar 1.7 juta jiwa. Di sebelah selatan berbatasan dengan Arab Saudi dan berada di Asia Barat. Qatar adalah negara dengan pertumbuhan tercepat yang merupakan hasil produksi dan ekspor gas alam, minyak, dan petrokimia.


Alasan lain di balik perkembangan ekonominya menjadi yang terkuat adalah sistem pendidikannya yang sangat bagus dan tingkat literasi yang tinggi. Qatar akan menjadi tuan rumah untuk perhelatan akbar Football World Cup 2022, juga Olimpiade 2020.
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.