Breaking News
recent

10 Negara Penganut Agama Kristen Terbesar di Dunia


Hampir sepertiga penduduk bumi ini adalah penganut agama kristen, baik Katolik maupun Protestan. Lebih tepatnya angka itu adalah sekitar 31.50 persen dari populasi dunia. Jumlah ini menjadikan Kristen sebagai agama dengan penganut terbesar di dunia. Diikuti dengan agama Islam dengan jumlah penganut 23.4 persen. 

Kristen merupakan agama dominan di Eropa, Rusia, Amerika, Filipina, Afrika Selatan, Afrika Tengah, Afrika Timur dan Oceania. Ada juga komunitas Kristen yang besar di bagian lain dunia, seperti Asia Tengah.


Jika para penganut agama kristen bersatu di bawah komando pemuka agama yang baik maka bisa dibayangkan apa yang bisa mereka lakukan dengan jumlah penganut sebanyak itu. Mereka bisa dengan mudah menggerakkan dunia dan menyebarkan kebaikan. Baik diantara sesama penganut agama kristen maupun kepada penganut agama lain.

Sahabat Populer, berikut ini kami telah membuat daftar tentang 10 negara penganut agama Kristen terbesar di dunia. Silakan dibaca sampai selesai.

10. Kongo


Tahukah Anda bahwa hampir semua penduduk Kongo beragama Kristen? Namun karena penduduknya tak terlalu banyak maka Kongo hanya menempati posisi nomor 10 dalam daftar ini. Kongo merupakan kampung halaman bagi sekitar 4.7 juta pemeluk agama Kristen.

9. Ethiopia

Ethiopia hanyalah sebuah negara yang sangat kecil dengan penduduk yang tidak terlalu banyak. Penduduk Ethiopia telah turun temurun memeluk agama Kristen sejak ribuan tahun yang lalu. Mereka dianggap sebagai salah satu negara pertama yang memeluk agama Kristen. Sedangkan saat, ini lebih dari setengah penduduk Ethiopia yang berjumlah 102,4 juta jiwa adalah pemeluk agama Kristen.

8. Jerman

Lebih dari 50 juta orang Jerman adalah pemeluk agama Kristen, dan mereka ini dianggap sebagai salah satu pendukung terpenting gereja. Namun, ada yang lebih penting daripada jumlah angka yang besar itu, Jerman saat ini dikenal sebagai pendukung terbesar Gereja Katolik, hal inilah yang menyebabkan lebih dari setengah penduduknya tertarik masuk ke agama Kristen.


7. Cina

Sebagai negara dengan penduduk terpadat di planet bumi, Cina adalah negeri dengan berbagai agama. Sekarang jika dibandingkan dengan Ethiopia, Anda akan melihat bahwa meski tidak sampai setengah dari jumlah penduduk Cina adalah orang Kristen, Tapi jumlah tersebut mampu mencapai angka 68 juta orang Kristen yang tinggal di sana.

6. Nigeria


Nigeria adalah negara di benua Afrika dengan jumlah penduduk terbesar. Hampir setengah dari penduduk Nigeria adalah Kristen, jumlahnya mencapai 78 juta orang. Selebihnya memeluk agama Islam dan agama lain. Jumlah 78 juta orang itu menjadikan Nigeria menempati nomor 6 dalam daftar ini.

5. Filipina

Filipina adalah negara nomor satu di Asia dengan jumlah total pemeluk agama Kristen. Sebenarnya Filipina bukanlah penganut agama Kristen sejak dahulu, nenek moyang mereka tidak beragama Kristen. Mereka mulai memeluk agama Kristen pada abad ke-15, dan saat ini, 101 juta orang penduduk Filipina secara resmi memeluk agama Kristen.

4. Rusia

Sebagai negara lintas benua dengan penduduk yang berjumlah 144 juta orang, Setidak sekitar sekitar 104 juta orang penduduk Rusia adalah Kristen. Dengan demikian Rusia menjadi negara terbesar di seluruh Eropa dengan jumlah umat Kristen yang tinggal di negerinya. Sangat mencengangkan karena semua pemeluk Kristen di Rusia adalah Katolik, tidak ada yang protestan atau yang lainnya.

3. Meksiko

Meksiko sama kasusnya dengan Filipina; mereka adalah pendatang baru sebagai pemeluk agama Kristen, ketika dahulu penduduknya berbondong-bondong pindah ke agama ini. Jumlah orang Kristen Meksiko akhir-akhir ini meningkat menjadi 107 juta orang dan kebanyakan dari mereka adalah orang Katolik seperti orang Rusia.


2. Brasil

Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan dan Amerika Latin. Lebih dari 173 juta orang penduduknya menganut agama Kristen. Hal ini otomatis menjadikan Brasil sebagai negara kedua dalam daftar ini.

1. Amerika Serikat



Dengan jumlah penduduk lebih dari 321 juta orang, A.S. adalah rumah bagi sekitar 254 juta orang Kristen yang bervariasi antara penganut Katolik dan Protestan. Dengan jumlah pemeluk sebesar itu, Amerika otomatis menjadi negara nomor satu di dunia dalam hal jumlah pemeluk agama Kristen.
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.