Saturday, June 3, 2017

Penyebab Konflik di Kantor dan Solusi Pemecahannya

No comments :

Kadang-kadang konflik antar sesama rekan di kantor tidak bisa terelakkkan. Karena masing-masing personal memiliki pandangan, tujuan, dan kepentingan yang berbeda, dan tak jarang saling bertentangan. Masing-masing individu harus berhati-hati dengan sumber penyebab konflik ini. Perhatikan, waspadai, mawas diri, dan pecahkan bersama.

Konflik tidak harus ditakuti apalagi dihindari. Karena seringkali sikap itu akan membuat pekerjaan kita menjadi tertunda penyelesaiannya. Lama-kelamaan hal ini akan mengakibatkan penurunan produktivitas dan menjadi penghalang peningkatan karir.

Konflik adalah bagian dari pekerjaan kantor. Tak ada kantor yang betul-betul bebas konflik. Lagipula, tidak semua dampak yang ditimbulkan oleh sebuah kanflik itu buruk, banyak juga diantaranya yang menguntungkan. Karena, konflik biasanya akan membuat masing-masing individu terpacu untuk saling berlomba menjadi lebih baik.


Jika dengan adanya konflik akan membuat kita selalu berkompetisi secara sehat, maka pertahankanlah. Namun, jika itu membawa dampak yang buruk, apalagi sampai pada titik saling ingin menjatuhkan, maka selesaikanlah secepatnya.

Berikut ini kami telah membuat dua buah yang berisi faktor-faktor penyebab timbulnya konflik di kantor dan solusi menyelesaikannya.

Faktor-faktor penyebab timbulnya konflik di kantor

1. Tidak adanya kata sepakat antara masing-masing individu atau bagian yang ada di kantor dalam mencapai tujuan.

2. Adanya perbedaan yang mencolok dalam memenuhi kebutuhan dan mencapai sasaran yang diinginkan.

3. Persaingan yang ketat untuk mendapaptkan sumber daya yang terbatas.

4. Mulai terdengar sindiran, kata-kata sarkasme, keluhan, dan ucapan-ucapan yang ketus.


5. Pimpinan yang bersikap tidak adil dan tidak tegas. 

6. Tidak memliki kepedulian terhadap kepentingan organisasi. Bahkan lebih mementingkan urusan pribadi.

7. Konflik akhirnya pecah ketika salah satu pihak menyerang pihak lain secara terbuka.

8. Emosi yang tak terkendali dari masing individu atau bagian.

Solusi Menyelesaikan Konflik di Kantor

1. Bersikap netral
Menurut robin, cara yang tepat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi konflik adalah dengan bersikap netral terhadap orang-orang yang berpotensi menjadi sumber konflik. Jika kita tidak bisa menghindari interaksi dengan orang-orang tersebut maka abaikan saja kebiasaan-kebiasaan buruk mereka yang menyebalkan.


2. Jaga sikap kita
Dr. Brickman dan Dr. Rick Kirscher dalam bukunya "Dealing with People You Can't Change" menyarankan kepada kita untuk selalu mengendalikan reaksi kita pada saat menghadapi orang-orang yang akan memperburuk suasana. Kita mungkin tidak bisa mengubah orang-orang seperti ini, tapi kita bisa meredam munculnya pengaruh negatif orang tersebut terhadap diri kita sendiri. Jika mereka berbuat ulah, kita tidak perlu merasa terusik.

3. Membaurlah (blending)
Cara lain yang disarankan oleh Dr. Brickman dan Dr. Rick Kirscher adalah membaur (blending), yaitu cara untuk mengurangi perbedaan yang ada dan mencari persamaan.

4. Hindari sumber konflik
Daniel Robin menulis dalam sebuah artikel "Strategies for Handling Difficult Workplace behaviors" mengatakan bahwa sebetulnya kita dapat melakukan pekerjaan tanpa harus berinteraksi langsung dengan orang-orang yang jadi penyebab timbulnya konflik.


5. Memahami (understanding)
Jika kita tahu alasan orang tersebut dalam bersikap dan bertindak maka dengan sendirinya kita juga pasti akan memahaminya. Dengan memahami alasan ini kita mungkin dapat mencari cara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test