Sunday, June 4, 2017

9 Peta Kreatif yang Memuat Infomasi Lebih dari Sekedar Tempat dan Jarak

No comments :

Biasanya kita membutuhkan peta apabila ingin mengetahui lokasi suatu tempat. Kadang-kadang juga kita ingin mengukur jarak antara suatu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan skala yang ada pada peta. Jarang sekali kita membutuhkan peta untuk alasan yang lain. Karena memang untuk itulah peta diciptakan, untuk penunjuk lokasi dan jarak ke suatu lokasi.

Namun ternyata saat ini fungsi peta sudah berkembang sangat jauh. Anda bahkan bisa mendapatkan berbagai informasi yang sangat beragam dari berbagai peta yang ada saat ini. Misalnya, Anda bisa mengetahui tingkat rata-rata IQ penduduk suatu negara dengan melihat Peta IQ Skor Nasional. Anda juga bisa mengetahui seberapa banyak rata-rata penduduk suatu negara meminum kopi dalam satu tahun dengan hanya melihat peta. Dan, kedua hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan tempat dan jarak.

Sahabat, Apakah selama ini Anda beranggapan bahwa kita, orang-orang indonesia, adalah orang-orang yang paling ramah di dunia? Ternyata menurut peta The Washington Post Indonesia adalah sebuah negara dengan tingkat keramahan penduduk yang masih rendah, seperti acuh tak acuh terhadap para pengunjung yang datang dari luar negari. Itulah informasi yang ada dalam peta yang mereka buat tentang keramahan penduduk suatu negara terhadap pengunjung yang berasal dari negara lain.


Baiklah Sahabat Populer, berikut ini kami akan menampilkan 10 macam peta yang menyampaikan 10 macam informasi yang tidak ada hubungannya dengan tempat dan jarak. Tentu saja ini merupakan informasi yang sangat menarik yang harus Anda baca sampai selesai. Silahkan di-share jika Anda suka.

1. Peta IQ Skor Nasional


Peta pertama ini menunjukkan nilai IQ nasional rata-rata - skor yang diperoleh dari tes standar untuk menilai kecerdasan. Juri masih belum mengetahui mengapa nilai IQ bervariasi di seluruh dunia, dengan teori dugaan disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari faktor lingkungan hingga pengaruh genetik.

Tahukah Anda? Singapura memiliki nilai IQ nasional tertinggi, dengan rata-rata 108.

Sedih, Indonesia lebih hijau daripada Malaysia dan Austaralia. Masih berkisar diangka 91-99. Padahal jiran tetangga terdekat Indonesia, Singapura, dinobatkan sebagai negara dengan IQ nasional rata-rata tertinggi di dunia

2. Peta Bendera Negara Dunia


Peta kreatif ini akan mengajak Anda untuk mengenali bendera negara-negara diseluruh dunia - Berapa benderakah yang Anda kenali?

Tahukah Anda? Hanya dua negara di dunia, Swiss dan Vatikan, yang benderanya berbentuk segi empat. 

Indonesia, merah-putih, selalu dihati!

3. Peta Cuti Melahirkan yang Dibayar


Cuti melahirkan yang dibayar adalah topik yang hangat akhir-akhir ini. Baik dari segi durasinya maupun cuti yang bergantian antara ayah dan ibu. Peta ini menunjukkan kepada Anda tentang cuti melahirkan yang dibayar, secara global.

Tahukah Anda? Ternyata Amerika adalah satu dari delapan negara yang tidak membayar gaji pegawai/karyawan yang cuti melahirkan.

Syukurlah Indonesia dicat warna pucat. Paling tidak adan 14 minggu cuti melahirkan yang dibayar di Indonesia.

4. Peta Kepadatan Penduduk 


Text: "Lebih banyak manusia yang tinggal di dalam lingkaran ini dibanding yang di luar".

Semua orang tahu bahwa Asia adalah benua yang berpenduduk sangat padat, peta sederhana ini memperlihatkan kepada Anda seberapa padat penduduk Asia dibanding dari tempat-tempat lain di dunia.

Tahukah Anda? Macau adalah negara berpenduduk paling padat di dunia, diikuti oleh Monaco.

Waduh!! Hampir 90% wilayah Indonesia masuk dalam lingkaran. Yuk Program KB (Kacau Balau).

5. Peta Sikap dan Keramahan Negara Tehadap Pengunjung


Peta yang mengejutkan dan menarik ini menggunakan data dari World Economic Forum, untuk menilai bagaimana negara-negara yang ramah dikunjungi oleh pengunjung asing. Informasi dikumpulkan dengan menggunakan survei di mana orang-orang ditanyai, "Seberapa ramah Anda akan bersikap tehadap pengunjung asing yang datang ke negara Anda?"

Tahukah Anda? Menurut data, tiga negara yang paling ramah menyambut pengunjung asing adalah Islandia, Selandia Baru, dan Maroko.

Wew, ternyata Indonesia cuma warna pink. Katanya masyarakat Indonesia paling ramah di dunia. Buktinya ini, pink. 



Negara-negara Skandinavia dan Eropa Utara merupakan negara-negara menonjol sebagai pelopor dalam peta 2013 ini, yang menunjukkan rasa hormat terhadap kebebasan media. Tentu saja kita ingin melihat wana putih lebih banyak dari yang ini di tahun-tahun mendatang!

Tahukah Anda? Finlandia adalah negara yang dinobatkan sebagai negara yang sangat menghormati kebebesan pers selama tiga tahun beturut-turut hingga sekarang. 

Kelihatannya Indonesia masih dicat dengan warna merah pekat. Kapan putih?

7. Peta Hijau


Warna hijau gelap pada peta ini menunjukkan daerah yang paling subur dibumi, sedangkan warna pucat menunjuk ke daerah yang kurang ditumbuhi tumbuhan - bisa jadi dikarenakan salju, kekeringan, bebatuan, atau kepadatan penduduk.

Tahukah Anda? Peta luar biasa ini dibuat dengan menggunakan data dari alat Visible-Infrared Imager/Radiometer Suite pada satelit NASA/NOAA Suomi NPP.

Syukur Alhamdulillah, Indonesia hijau banget.

8. Peta Konsumsi Kopi Per Tahun


Peta berkafein tinggi ini menunjukkan jumlah kopi yang dikonsumsi setiap tahun (dalam kilogram) oleh setiap orang di suatu negara atau wilayah tertentu. Tren global telah meningkat ke sejak kemerosotan ekonomi tahun 2007.

Tahukah Anda? Konsumsi kopi dunia saat ini mencapai 1.3 kg per orang per tahun. 

Indonesia masih berwana pucat. Tapi, dimana-mana di Indonesia kedai kopi selalu ramai kayaknya. Kecuali siang hari di bulan puasa. 


9. Peta Teks Tipografi


Terakhir, dan pasti sangat menarik, sebuah peta artistik yang menggambarkan masing-masing negara di dunia yang digambarkan dengan menggunakan nama negaranya, dibentuk secara geografis. Pintar dan sangat menarik!

Ind One Sia

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test