Wednesday, June 7, 2017

12 Fakta Menarik Tentang Bulan November

No comments :

Pertama-tama kami ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sahabat Populer yang bernama Novi, Nopi, Nopri, Nova, Nopen, dan semua Sahabat yang lahir pada bulan November. Kami doakan semoga selalu dilimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia yang berlimpah dari Allah SWT, amin.

Bagi sebagian orang bulan November adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun, karena ada peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Entah itu hari kelahiran, hari pernikahan, moment jadian dengan si doi, wisuda, atau moment diangkat jadi kepala bagian. Oleh karena alasan itu, bulan November menjadi bulan yang sakral bagi mereka. Sehingga berbagai persiapan disiapkan untuk menyambut bulan kesebelas dalam kalender masehi ini.

Sahabat, tahukah Anda bahwa John F. Kennedy terbunuh pada bulan November? Juga, ternyata ada banyak sekali negara di dunia yang merayakan hari kemerdekaannya pada bulan November? Selain itu, setidaknya ada 15 hari istimewa yang diperingati oleh bangsa Indonesia pada bulan November.


Itu merupakan sedikit fakta istimewa tentang bulan November. Masih banyak fakta lain yang seharusnya kita tahu tentang bulan yang juga dikenal sebagai Bulan Pahlawan Ini.

Baiklah Sahabat Populer, berikut ini kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 12 fakta menarik tentang bulan November yang kami petik dari berbagai sumber. Silakan dibaca sampai selesai. Jangan lupa di-share jika Anda suka.


Fakta 1
November berasal dari bahasa Latin; novem, yang berarti "sembilan". Karena dahulu kala awal tahun dihitung mulai dari bulan Maret.  Namun saat ini November adalah bulan kesebelas dalam Kalender masehi (Gregorian). Bulan ini memiliki 30 hari.

Fakta 2
Berdasarkan EYD yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengejaan yang benar adalah "November", bukan "Nopember".

Fakta 3
Di Indonesia paling tidak ada 15 hari istimewa yang dirayakan pada bulan November. Yakni:
- 1 November: Hari Inovasi Indonesia
- 5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
- 10 November: Hari Pahlawan
- 10 November: Hari Ganefo
- 11 November: Hari Bangunan Indonesia
- 12 November: Hari Ayah Nasional
- 12 November: Hari Kesehatan Nasional
- 14 November: Hari Brigade Mobil (BRIMOB)
- 14 November: Hari Diabetes internasional


- 20 November: Hari Anak-anak Sedunia
- 21 November: Hari Pohon
- 22 November: Hari Perhubungan Darat
- 25 November: Hari Guru
- 28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia
- 29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

Fakta 4
Penetapan Rupiah Sebagai Mata Uang Resmi Indonesia
Pada tanggal 2 November 1949, akhir Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag menghasilkan keputusan dan penetapan Rupiah sebagai mata uang resmi Republik Indonesia yang digunakan untuk kegiatan ekonomi dan transaksi dalam negeri.

Fakta 5
John F. Kennedy terbunuh pada 22 November 1963
Mark Twain, penulis Amerika, lahir 30 November 1835
Presiden Inggris Sir Winston Churchill, lahir 30 November 1874.

Fakta 6
Berikut ini Daftar List Negara Merdeka / Bebas Pada Bulan November
- Dominika, 3 November 1978
- Kamboja, 9 November 1953
- Lebanon, 22 November 1943
- Mauritania, 28 November 1960
- Maroko, 18 November 1956
- Panama, 28 November 1821
- Polandia, 11 November 1918
- Rhodesia, 11 November 1965
- Suriname, 25 November 1975
- Yaman, 30 November 1967
- Albania, 28 November 1912
- Barbados,30 November 1966
- Angola, 11 November 1975
- Antigua And Barbuda, 1 November 1981
- Latvia,18 November 1918


Fakta 7
Terusan Suez dibuka, 17 November 1869. Amerika Serikat dan Panama menandatangani perjanjian yang menyediakan Terusan Panama pada tanggal 18 November 1903.

Fakta 8
Pada tanggal 18 November 1963, Bell Telephone Company memperkenalkan ponsel push button kepada publik.

Fakta 9
Hari Vegan Internasional
Bulan November dibuka oleh Hari Vegan Internasional pada tanggal 1 November. Tanggal ini adalah tanggal berdirinya International Vegan Society pada tahun 1944. Vegan sendiri adalah paham untuk tidak memakan atau menggunakan produk olahan hewan dalam bentuk apapun dengan alasan kesehatan, moral, dan juga kelestarian lingkungan.

Fakta 10
Berdirinya Kerajaan Majapahit
Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yaitu tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 saka yang bertepatan dengan tanggal 10 November 1293. Ia dinobatkan dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana.

Fakta 11
November sering dianggap sebagai bulan penuh kesengsaraan. Di Finlandia, bulan November disebut "marraskuu" atau "bulan kematian". Sementara di Inggris, bulan November disebut "Blotmonath" yang dalam bahasa Inggris kuno berarti "bulan pengorbanan". Di Belanda, bulan November disebut "Slachtmaand" yang berarti "bulan pembantaian". Di Amerika sendiri tersebar mitos bahwa kebanyakan pembunuh lahir di bulan November. Selain itu, banyak lagu yang diciptakan dengan tema bulan November selalu berkesan gloomy, contohnya lagu "November Rain" dari Guns n' Roses yang bernuansa begitu dark dalam menceritakan hubungan asmara yang telah retak. Di Indonesia sendiri, Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal kejam lahir pada tanggal 7 November 1914.


Fakta 12
Paling tidak ada 3 perayaan global yang dirayakan pada tanggal 19 November
- Hari Pria Internasional
- Hari Wirausaha Wanita
- Hari Toilet Dunia

Itulah 12 fakta menarik tentang bulan November. Jangan lupa di-share jika Anda suka.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test