Breaking News
recent

10 Negara dengan Tingkat Literasi Tertinggi di Dunia


Pada saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mencanangkan program literasi di semua tingkatan pendidikan di Indonesia. Program ini merupakan kebutuhan mendesak yang harus terlaksana secepatnya oleh semua tenaga pendidik dan juga peserta didik.

Realita yang ada saat ini memang sungguh sangat menyedihkan. Siswa tidak mau lagi membaca buku, meskipun itu dipaksa oleh guru, tetap saja mereka mencari alasan untuk tidak membaca. Mereka lebih suka mengganti tugas membaca buku dengan tugas lain.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, "95% masyarakat Indonesia yang sudah tidak sekolah lagi tidak pernah membaca buku lagi". Ini memang sebuah kenyataan pahit, tapi begitulah adanya.

Sementara itu, di negara lain, mereka telah lama menjalankan program literasi dan gemar membaca buku. Bahkan di Finlandia orangtua akan memilihkan buku untuk dijadikan hadiah bagi bayi mereka yang baru saja lahir.


Baiklah Sahabat Popular, berikut ini kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 10 negara dengan tingkat literasi tertinggi di dunia. Silakan dibaca sampai selesai. Jangan lupa di-share jika Anda suka.

Pada bagian akhir tulisan ini, kami juga membuat daftar singkat yang berisi ranking literasi beberapa negara Asean. Silakan lihat Indonesia nomor berapa.

1. Rusia 

Rusia menjadi negara dengan tingkat literasi tertinggi dengan hampir 53% penduduknya memiliki pendidikan tinggi. Diperkirakan bahwa 95% orang dewasa di Rusia memiliki pendidikan menengah yang lebih tinggi dari negara-negara lain di dunia. Negara tersebut menghabiskan dana sekitar 4,9% dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk pendidikan.

2. Kanada 


Negara ini mengeluarkan dana untuk pendidikan sekitar 6,6% dari PDB, Kanada memiliki proporsi pendidikan, karir, dan keterampilan tertinggi. Negara ini memiliki tingkat literasi tinggi, hampir 51.3% penduduknya adalah lulusan pendidikan tinggi.


Meskipun negara ini menghabiskan hanya sebagian kecil dari PDB untuk pendidikan, hanya sekitar 5% saja, namun hasilnya Jepang memiliki 46% penduduknya lulusan pendidikan tinggi.

4. Israel

Israel menghabiskan sekitar 7,5% dari PDB untuk pendidikan dan menghasilkan tingkat literasi sebesar 46%. Di Israel, pria dalam kelompok usia 18-21 tahun dan wanita 18-20 tahun diharuskan bergabung dengan militer.

5. Amerika Serikat


Dengan tingkat melek huruf 43%, Amerika Serikat berada di posisi kelima dalam daftar ini. Biaya pendidikan di negara ini sekitar 7% dari PDB, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 1,4% untuk tahun 2000-2011.

6. Korea Selatan 


Korea Selatan memiliki tingkat melek huruf sebesar 40% dengan pengeluaran pendidikan sebesar 8% dari PDB.

7. Selandia Baru

Diperkirakan lebih dari 15% populasi orang dewasa di Selandia Baru menerima pendidikan perguruan tinggi. Negara kecil ini menghabiskan 7% dari PDB untuk pendidikan dan memiliki tingkat melek huruf sebesar 39%.


40% penduduk di Inggris memiliki pendidikan tinggi, yang sebagian besar didanai oleh sumber-sumber swasta. Negara ini menghabiskan 7% dari PDB untuk pendidikan.

9. Finlandia


Sistem pendidikan di negeri ini dikatakan sangat efektif seperti yang diukur dari kinerja siswa sekolah menengah. Finlandia menghabiskan sekitar 7% dari PDB untuk pendidikan. Sebanyak 39% dari populasi Finlandia memiliki pendidikan tinggi.

10. Australia


Negara ini selalu menjadi hotspot bagi siswa internasional dan jumlahnya hampir mencapai 25% dari keseluruhan populasi Australia. Sebesar 38% penduduknya memiliki pendidikan tinggi. Australia menghabiskan sekitar 6% dari jumlah PDB untuk pendidikan. 


Peringkat Literasi Negara Asean

36. Singapura
53. Malaysia
59. Thailand
60. Indonesia
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.