Tuesday, June 13, 2017

10 Burung Bermahkota Terindah di Dunia

No comments :

Biasanya mahkota selalu kita identikan dengan aksesoris kerajaan yang mewah dan megah, yang dipakai oleh permaisuri atau tuan putri. Namun, ternyata tidak hanya manusia yang memakai mahkota. Paling tidak, ada 10 jenis burung yang juga menggunakan mahkota di atas kepalanya. Meskipun mahkota ini tidak terbuat dari emas dan berlian. Tapi, karena keberadaan mahkota inilah burung-burung tersebut menjadi makhluk yang disebut sebagai titisan makhluk surga.

Beberapa dari burung di bawah ini telah dijadikan burung nasional di negara tempat dia berada. Hal ini tentu saja dikarenakan keelokan dan keanggunannya. yang memukau. Namun, sangat disayangkan bahwa ternyata salah satu dari burung cantik di bawah ini, yakni kakaktua bermahkota kuning, dianggap sebagai hama oleh penduduk Australia, sehingga burung ini perlu diburu dan dibunuh.


Baiklah sahabat berikut ini kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 10 burung bermahkota terindah di dunia. Jika anda kurang puas dengan gambar yang kami tampilkan Anda bisa melihat gambarnya lebih banyak di Google dengan mengetik nama burung yang dimaksud.

10 jenis burung bermahkota terindah di dunia.

1. Great Blue Turaco


The Great Blue Turaco adalah burung penuh warna yang bisa ditemukan di daerah khatulistiwa Afrika Barat. Burung ini adalah jenis terbesar dari semua Turacos; bisa tumbuh hingga 76 cm. Burung ini secara aktif diburu untuk diambil daging dan bulunya.

Bulu ekornya yang berwarna biru dan kuning sangat berharga untuk dijadikan jimat keberuntungan. Sering juga disebut dengan Kolonvo.

2. Sulfur Crested Cockatoo (Kakatua mahkota kuning)


Burung cantik berkulit putih indah dihiasi dengan puncak kuning. Sulfur Crested Cockatoo biasanya kita lihat sebagai hewan peliharaan. Namun, di beberapa wilayah di Australia burung ini dianggap sebagai hama dan perlu dibunuh. Burung ini sangat cerdas dan serba ingin tahu. Seekor kakatua yang bernama Snowball pernah tercatat sebagai makhluk yang bukan manusia pertama yang mampu menyinkronkan gerakan dengan iringan musik.


3. Crested Partridge (Ayam hutan bermahkota)


Crested Partridge adalah burung tropis yang ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Burung bulat dan ekor pendek yang menampilkan dimorfisma seksual. Pejantan memiliki bulu berwarna hijau metalik gelap dan pial yang berwarna merah lembut yang tinggi, sedangkan betina memiliki tubuh hijau tanpa pial. Burung ini tidak bisa terbang jauh. Ia terbang hanya jika diperlukan.

4. Kagu


Kagu adalah burung luar biasa yang tinggal di hutan lebat pegunungan New Caledonia. Penampilan uniknya membuat burung ini terkenal dengan sebutan "hantu hutan" di kalangan penduduk setempat. Burung ini berbulu abu-abu kebiruan dan memiliki mahkota yang panjang. Burung ini menjadi model Kagus sebelum 1977, ketika dilakukan kampanye terhadap praktek konservasi mereka. Sejarah evolusi burung ini masih merupakan misteri.

5. Crane Afrika



Spesies burung yang terancam punah ini paling banyak ditemukan di Uganda, Kenya dan Afrika Selatan. Burung ini memiliki bulu tubuh abu-abu dan bulu mahkota berwarna emas yang kaku. Burung ini dan spesies terdekatnya, the Black Crowned Crane, adalah satu-satunya crane yang hidup di pepohonan. Ini adalah burung nasional Uganda.



Hoopoe adalah burung eksotis yang tersebar di seluruh Afrika, Eropa dan Asia. Burung ini memiliki tubuh coklat kemerahan dengan garis hitam dan putih tebal. Mahkotanya adalah bulu-bulu tinggi dengan tip hitam. Paruhnya yang panjang dan sedikit bengkok merupakan alat penting yang membantu menggali tanah untuk menemukan serangga. Ini adalah burung nasional Israel.

7. Royal Flycatcher


Hal yang paling menonjol dari Royal Flycatcher adalah mahkotanyanya yang panjang berukir, berwarna merah atau oranye, bebercak hitam dan biru. Mahkota ini jarang terlihat, kecuali setelah kawin. Burung itu memiliki ekor panjang dengan warna bulu yang sebagian besar berwarna coklat. Burung ini tinggal di dataran rendah dari hutan hijau  atau hutan gugur di seluruh dunia.

8. Ayam Polandia


Ayam Polandia adalah jenis ayam Eropa. Ada varietas berjanggut dan tidak berjanggut. Ayam ini memiliki bulu yang sangat tebal yang membatasi penglihatannya dan juga menyembunyikan kuping dan wajahnya. Burung ini biasanya dipelihara sebagai ayam pertunjukan. Asal mula jenis ayam ini masih menjadi topik yang kontroversial.

9. Victoria Crowned Pigeon 



Victoria Crowned Pigeon adalah burung asli dari New Guinea. Namanya mengingatkan kita pada ratu Inggris, Ratu Victoria. Bulunya berwarna abu-abu dan biru tua, dada merah marun, dan mata yang merah memyala memberikan tampilan yang eksotis. Namun, yang paling layak untuk dibanggakan adalah mahkota renda biru elegannya yang khas dengan tip putih. Burung ini adalah spesies merpati terbesar yang masih ada di bumi, panjangnya hingga 75 cm.

10. Kakatua Major Mitchell 


Kakatua Major Mitchell sering dikatakan sebagai kakatua yang paling indah dari semua kakaktua, karena mahkotanya yang unik berwarna merah dan kuning yang sangat kontras dengan bulunya yang berwarna pink salmon dan lembut.

Nama burung ini dimaksudnkan untuk menghormati Letnan Kolonel Sir Thomas Livingstone Mitchell, surveyor dan penjelajah Australia Tenggara, yang dengan penuh pujian menulis tentang keindahannya. Juga disebut sebagai Kakatua Leadbeater atau Cockatoo Pink. Burung ini tinggal di Australia. 


Burung kakatua tertua yang pernah tercatat dalam sejarah adalah Cookie, kakatua Mayor Mitchell yang berusia 82 tahun 89 hari, mati pada tanggal 27 Agustus 2016.

Nah, Sahabat Populer, itulah daftar 10 burung bermahkota tercantik di dunia. Jangan lupa di-share jika Anda suka.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test