Breaking News
recent

Nama-Nama Hari dan Bulan dalam Kalender Hijriyah (Islami)

 

Hampir semua negara di dunia saat ini menggunakan sistem penanggalan dan kalender Gregorian yang berasal dari Yunani. Namun, banyak juga negara yang tidak menggunakannya. Misalnya negara-negara Arab di Timur Tengah dan Korea utara. Negara Arab rata-rata menggunakan kalender Islam (Hijriyah), sedangkan Korut menggunakan kalender Republik Korea, yang mulai dihitung sejak hari kelahiran pendiri pemimpin Korea Utara, Kim Il Sung.

Di Indonesia, kita megenal paling tidak ada 3 kalender yang cukup populer, meskipun kalender utama yang kita pakai adalah kalender Gregorian, namun, banyak juga orang-orang tua kita yag lebih paham dengan sistem penanggalan Islam (Hijriyah) dan sistem penanggalan kalender Jawa.

Secara nasionalis kita memang harus mengikuti kalender Greogrian, tapi sebagai umat muslim kita wajib tahu sistem penanggalan Hijriyah. Sebab, Semua hari-hari besar umat muslim didasarkan pada hitungan kalender Hijriyah, bukan Gregorian. 


Mirisnya, banyak diantara kita yang muslim ini bahkan tidak tahu urutan nama-nama hari dan bulan dalam kalender Hijriyah. Terutama mereka yang tak pernah sekolah di sekolah Islami. Tentu saja ini sangat menyedihkan. Anda boleh sekolah dimana saja jika itu membuat Anda lebih pintar, tapi kerjakan tugas Anda sebagai umat muslim. Setidaknya, yang paling mudah, Anda harus tahu nama-nama hari dan bulan dalam kalender hijriyah. Jangan sampai Anda lupa puasa Sa'ban dan hari-hari tasyrik. Sebab itu tidak ada di dalam kalender Gregorian.

Baiklah Sahabat Populer, agar kita tidak lupa nama-nama hari dan bulan dalam kalender Hijriyah, berikut ini kami tuliskan kembali untuk Anda. Silakan dihafal semuanya ya! Mudah-mudahan Islampun sayang sama kita, amin.

Nama-nama hari dalam kalender Islam (Hijriyah)

1. Al-Ahad (Minggu)
2. Al-Itsnayn (Senin)
3. Ats-Tsalaatsa' (Selasa)
4. Al-Arbaa-a/Ar-Raabi' (Rabu)
5. Al-Khamsah (Kamis)
6. Al-Jumu'ah (Jumat)
7. As-Sabt (Sabtu)


Anda lihat, ternyata semua nama hari di Indonesia diambil dari bahasa Arab lho, kecuali hari Minggu, yang diambil dari bahasa Portugis "Domingo" yang dalam bahasa Latin berarti "Hari Tuhan Kita".
Nah Lho.. Mau Ahad atau Minggu?

Nama-nama bulan dalam kalender Islam (Hijriyah)

1. Muharram (30 hari)   
2. Safar (29 hari)   
3. Rabiul awal (30 hari)
4. Rabiul akhir (29 hari)
5. Jumadil awal (30 hari)
6. Jumadil akhir (29 hari)
7. Rajab  (30 hari)
8. Sya'ban (29 hari)
9. Ramadhan (30 hari)
10. Syawal (29 hari)
11. Dzulkaidah (30 hari)
12. Dzulhijjah (29/30 hari)
Jumlah hari dalam setahun = 354/355 hari

Jika Dzulhijjah berjumlah 30 hari, berarti itu adalah tahun kabisat dalam kalender Hijriyah. Hal ini sama dengan kalender Gregorian, tahun kabisat terjadi 4 tahun sekali, apabila Ferbuari terdapat 29 hari. 

Baca juga artikel terkait lainnya:


Jika Anda melihat bahwa kadang-kadang bulan Ramadhan ada yang 29 hari (seperti tahun 2017 ini), sebenarnya itu hanyalah masalah Hisab dan Rukyat saja. Pada dasarnya, Ramadhan itu 30 hari.

Ingat ya, saat ini dalam kalender Hijriyah adalah tahun 1438 Hijriyah. Jangan sampai lupa lho!
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.