Breaking News
recent

11 Fakta Menarik Tentang Bulan Juli


Pertama-tama kami ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sahabat Populer yang bernama Juli, July, Julia, Julio, Juluis, dan semua Sahabat yang lahir pada bulan Juli. Kami doakan semoga selalu dilimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia yang berlimpah dari Allah SWT, amin.

Pada minggu pertama dan kedua bulan Juli, biasanya merupakan libur panjang akhir tahun pelajaran bagi siswa-siswa di seluruh Indonesia. Untuk kemudian berisap-siap memasuki tahun pelajaran baru yang biasanya dimulia pada pertangahan Juli. Kelas baru, seragam baru, buku baru, dan semangat belajar baru. Bagi siswa baru siap-siap menerima hukuman dari senior pada kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Bagi sebagian orang bulan Juli adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun karena ada peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Entah itu hari kelahiran, hari pernikahan, moment jadian dengan si doi, wisuda, atau moment diangkat jadi kepala bagian. Oleh karena alasan itulah, mereka menganggap bulan Juni bulan yang sangat sakral. Sehingga berbagai persiapan disiapkan untuk menyambut bulan ke tujuh dalam urutan kalender Gregorian ini.


Sahabat, tahukah Anda bahwa sejak tahun 2007 setiap tanggal 1 Juli akan diperingati sebagai Hari Buah Sedunia? Peringatan itu dimaksudkan untuk berbagi makanan kepada orang-orang yang membutuhkan makanan yang ada di sekeliling kita.

Bukankah seharusnya kita tahu tentang fakta tersebut? Sayangnya banyak diantara kita yang masih belum tahu. Bahkan, lebih jelek lagi, banyak yang cuek saja, meskipun mengetahuinya.

Baiklah Sahabat, berikut ini kami telah membuat sebuah daftar yang berisi 11 fakta menarik tentang bulan Juli yang kami petik dari berbagai sumber. Silakan dibaca sampai selesai.

1. Juli berasal dari nama Kaisar Romawi, Julius Caesar, yang lahir pada bulan ini. Sebelumnya, bulan ini disebut Quintilis yang berarti kelima dalam bahasa Latin karena pada mulanya, Kalender Romawi diawali pada bulan Maret. Bulan ini memiliki 31 hari.

2. Bulan Juli adalah musim libur panjang akhir tahun pelajaran bagi siswa-siswa di seluruh Indonesia. Pada bulan ini kesempatan bagi mereka untuk melakukan perjalan wisata bersama keluarga. Namun, biasanya lebih sering dihabiskan untuk berkumpul bersama kakek dan nenek di kampung.

3. Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak. Sayang belum banyak masyarakat yang tahu tentang hari penting ini. Mungkin karena kurang dikampanyekan.

4. Tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah Internasional. Peringatan ini memiliki muatan sosial yakni berbagi makanan. Setiap tahun biasanya ada satu buah yang dipilih untuk dijadikan fruit of the year.

5. Crop circle pertama muncul pada tahun 1970 terjadi pada bulan Juli. Crop circle adalah tanda yang muncul diladang pertanian dan dianggap sebagai jejak UFO atau pesawat luar angkasa.

6. Bulan Juli adalah bulan terpanas dalam setahun untuk masyarakat yang tinggal di bumi bagian utara. Namun sebaliknya, dibagian bumi selatan, masyarakatnya tengah bergelut dengan musim dingin.


7. Bom atom pertama diluncurkan oleh para ilmuwan di Alamogordo, New Mexico pada tanggal 16 Juli 1945.

8. Satelit Palapa pertama diluncurkan pada tanggal 8 Juli 1976 dengan menggunakan roket Amerika Serikat dan dilepas di atas Samudera Hindia pada 83° BT.  Satelit tersebut bertipe HS-333  dengan berat 574 kg.

9. Negara-negara yang merdeka pada bulan Juli adalah
Juli 1 — Burundi
Juli 1 — Canada
Juli 1 — Ghana
Juli 1 — Rwanda
Juli 1 — Somalia
Juli 4 — America
Juli 5 — Venezuela
Juli 6 — Malawi
Juli 9 — Argentina
Juli 10 — Bahamas
Juli 11 — Mongolia
Juli 12 — Sao Tome and Principe
Juli 14 — Prancis
Juli 14 — Irak
Juli 17 — Korea Selatan
Juli 20 — Kolombia
Juli 21 — Belgia
Juli 22 — Polandia
Juli 23 — Mesir
Juli 23 — Ethiopia
Juli 26 — Liberia
Juli 26 — Maldive Islands
Juli 28 — Peru

10. Tujuh orang presiden Amerika meninggal pada bulan Juli. Itu artinya lebih banyak daripada bulan-bulan yang lain. 

Baca juga artikel terkait lainnya:


11. Kota di Indonesia yang merayakan ulang tahun pada bulan Juli
1 Juli — Kota Manado
1 Juli — Kota Medan
4 Juli — Kota Gorontalo
24 Juli — Kota Salatiga
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.