Wednesday, April 19, 2017

Pengertian, Unsur-unsur, dan Fungsi Adminsitrasi

No comments :

Materi tentang pengertian, unsur-unsur, dan fungsi Administrasi merupakan materi dasar yang harus dikuasai oleh Sahabat Populer yang sedang sekolah atau kuliah di jurusan Administrasi Perkantoran materi. Materi ini adalah materi paling esensi yang wajib dikuasai sebelum melanjut pada materi yang lebih kompleks.

Baiklah Sahabat Populer, untuk tidak memperpanjang mukadimah langsung saja kita bahas satu-satu persatu tentang pengertian, unsur-unsur, dan fungsi administrasi ini secara detai berikut ini.

Pengertian Administrasi

Administrasi berasal dari kata bahasa latin, ad dan ministrare. Ad artinya intensif dan ministrare artinya melayani, membantu, atau memenuhi. Di dalam bahasa inggris kata ini disebut dengan “administration" yang kemudian di adaptasi ke dalam bahasa indonesia menjadi administrasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Adminsitrasi adalah usaha dan kegiatan meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi; usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan; kegiatan kantor dan tata usaha.


Dalam arti sempit, administrasu adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan tujuan menyediakan keterangan bagi pihak yang membutuhkan serta memudahkan memperoleh kembali informasi secara keseluruhan dalam hubungan satu sama lain, atau dengan kata lain disebut dengan istilah tata usaha.

Sedangkan dalam arti luas administrasi adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih berdasarkan pembagian kerja yang telah ditentukan dalam struktur organisasi dengan mendayagunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Unsur-Unsur Administrasi

Menurut The Liang Gie dalam buku “Adminitrasi Perkantoran Modern” administrasi terdiri dari delapan unsur:

1. Pengorganisasian
2. Manajemen
3. Tata hubungan
4. Kepegawaian


5. Keuangan
6. Perbekalan
7. Tata usaha
8. perwakilan

Fungsi Adminitrasi

Menurut Quible fungsi administrasi ada lima, yaitu:

1. Fungsi rutin
Fungsi rutin yakni fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan
2. Fungsi teknis
Fungsi teknis yakni fungsi administrasi yang membutuhkan pendapat, keputusan dan ketrampilan perkantoran yang memadai
3. Fungsi analisis
Fungsi analisis yakni fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil keputusan, seperti membuat keputusan pembelian

4. Fungsi interpersonal
Fungsi interpersonal yakni fungsi administrasi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta ketrampilan yang berhubungan dengan orang lain seperti mengoordinasikan tim
5. Fungsi manajerial
Fungsi manajerial yakni fungsi administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran dan pemotivasian

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test