Breaking News
recent

Pengertian dan Prinsip-Prinsip Organisasi Kantor


Salah satu hal yang wajib dikaji dalam ilmu manajemen dan administrasi adalah tentang organisasi. Karena, organisasi merupakan wadah atau tempat terlaksananya manajemen dan adminsitrasi. Oleh karena itulah organisasi tidak bisa lepas dari kajian ilmu manajemen dan adminsitrasi.

Hal yang paling dasar dalam kajian tersebut paling tidak menyangkut pengertian dan prinsip-prinsip organisasi.

Ada banyak sekali jenis organisasi yang ada di dunia, namun pada artikel kali ini kami hanya fokus membahas tentang orgnasisasi kantor.

Baiklah Sahabat Populer, langsung saja kita bahas secara detail tentang pengertian dan prinsip-prinsip organisasi kantor berikut ini.

Pengertian Organisasi Kantor


Istilah organisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “organon” atau dalam bahasa Latin “organium” yang berarti alat, bagian, anggota badan. Sementara beberapa ahli mengemukakan pengertian organisasi sebagai berikut:

The Liang Gie mengemukakan bahwa organisasi sebagai suatu sistem usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

Sondang P. Siagian mengemukakan bahwa organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hierarki yang selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan rangka dasar tempat sekelompok orang bekerjasama atau melangsungkan tindakannya. Organisasi juga mencakup penyusunan staf dan alokasi tugas-tugas serta tanggungjawabnya.

Prinsip-prinsip Organisasi Kantor


J. J. W. Neuner dan L.B. Keeling dalam bukunya Modern Office Management menyatakan ada 8 prinsip organisasi perkantoran yang esensial meliputi:

1. Prinsip tujuan
Tujuan organisasi perkantoran atau kelompok fungsi dalam organisasi perkantoran harus dirumuskan dan dimengerti oleh setiap anggota organisasi. Tujuan yang dimengerti akan berubah menjadi motivasi untuk mencapainya.

2. Prinsip kesatuan fungsi
Setiap organisasi perkantoran terdiri atas sejumlah fungsi yang harus bekerjasama untuk mencapai tujuan utama organisasi perkantoran itu.

3. Prinsip hubungan individual
Organisasi perkantoran yang efektif terbentuk oleh pribadi-pribadi yang mesti melaksanakan pekerjaan.

4. Prinsip kesederhanaan
Organisasi perkantoran yang efektif bekerja berdasarkan atas kesederhanaan dan interelasi yang jelas.

5. Prinsip wewenang sepadan dengan tanggung jawab
Setiap orang dalam organisasi perkantoran mesti diberi wewenang yang sesuai dengan tugas tanggung jawabnya sehingga ia dapat bertanggung jawab atas pelaksanaan tugasnya tersebut.

6. Prinsip laporan kepada atasan tunggal

Tiap personal di kantor seharusnya mengetahui dengan jelas kepada siapa dia harus melapor, maka tiap petugas dalam organisasi harus menerima perintah dari/dan bertanggung jawab hanya dari/kepada satu orang atasan. 

Baca juga artikel terkait lainnya:


7. Prinsip kepengawasan dan kepemimpinan
Kepemimpinan dan pengawasan yang efektif mesti ditegakan sehingga tujuan organisasi perkantoran itu dapat tercapai. Pengawasan yang efektif akan mencegah perubahan arah dalam mencapai tujuan.

8. Prinsip jangkauan pengawasan
Agar pengawasan dan kepemimpinan dalam organisasi perkantoran efektif, jangkauan pengawasan di bawah pengawasan langsung dari seorang menejer kantor atau seorang pengawas seyogyanya dibatasi, semakin jauh pengawasan manajer kantor semakin besar kemungkinan menurunnya pertambahan kemampuan pengawasan.
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.