Breaking News
recent

8 Cara Mudah Atasi Insomnia Parah

Insomnia
Pada awalnya. kitalah yang membuat kebiasaan menunda waktu tidur pada malam hari, dengan alasan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, lebih banyak film seru yang diputar tengah malam, atau lebih asik bermain game online karena jaringan internet lebih lancar pada saat tengah malam. Pada saat itu, kita senang, karena semakin banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk berkegiatan dan semakin sedikit waktu yang terbuang karena tidur.

Namun, setelah beberapa lama kebiasaan tersebut berlangsung –biasanya tidak terlalu lama–, tubuh kita menjadi lebih cepat letih, lebih gampang sakit, daya tangkap otak menjadi sangat lambat, otak jadi sangat cepat lupa, dan hampir setiap saat mengalami gangguan pencernaan.

Setelah keadaan demikian baru kita sadar bahwa kita sudah terkena dampak insomnia, dan ingin segera mengubah kebiasaan yang sudah agak sulit untuk diubah. Kita ingin memiliki waktu tidur yang cukup, tujuh hingga delapan jam setiap hari. Tapi, tubuh kita sudah punya jam biologis sendiri. 


Insomnia kelihatannya sangat memperburuk kualitas hidup. Tapi bukan berarti insomnia tidak dapat diatasi. Berikut ini adalah delapan cara mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja untuk mengatasi insomnia parah, seperti yang dilansir oleh meetdoctor.com. Silakan dibaca sampai selesai.

1. Pastikan kamar Anda gelap, dan tenang guna mempermudah Anda terlelap. Keadaan gelap mampu mempercepat keluarnya hormon penenang (melatonin) dari otak sehingga membuat tidur lebih lelap.

2. Hindari makan malam dan minum terlalu banyak. Makanlah paling tidak dua jam sebelum Anda terlelap di malam hari.
    
3. Jangan paksa diri Anda untuk tidur. Biarkan diri Anda terlelap dengan sendirinya. Membaca buku atau mengkonsumsi susu hangat 30 menit sebelum tidur dapat membantu Anda lebih cepat mengantuk.

4. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Hindari tidur siang karena dapat mempersulit Anda tidur di malam hari.

    
5. Letakkan bantal pada lutut, dan tidurlah menyamping. Posisi seperti ini dapat mengurangi pegal pada bagian punggung serta menegakkan posisi punggung, sehingga Anda akan tidur lebih lelap.

6. Hentikan mengkonsumsi kafein, minuman beralkohol dan rokok terutama pada sore dan malam hari.
    
7. Jangan biarkan binatang peliharaan Anda tidur di kamar Anda. Jadikan kamar Anda tempat untuk tidur, bukan membaca, menonton atau bermain bersama binatang kesayangan.
    
8. Berolahragalah secara teratur. Olahraga yang baik dapat dimulai pada pukul enam pagi hari sebelum beraktifitas. Hindari berolahraga 3-4 jam sebelum tidur karena dapat menstimuli tubuh untuk tetap aktif

Baca juga artikel menarik lainnya:

    
Jika insomnia masih berlanjut lebih dari satu bulan, tentu saja Anda harus segera memeriksa diri ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih instensif. Karena insomnia bisa juga mengindikasikan seseorang pada gangguan kesehatan seperti alergi, depresi, asma, dan lain-lain.
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.