Sunday, March 19, 2017

Penelitian: Tidak Hanya Mengganggu, Mendengkur Juga Berisiko Membunuh

No comments :
Jika Mendengkur Disebabkan oleh Sleep Apnea, Kesehatan Anda Berada Dalam Masalah Serius.

Bagi sebagian orang, mendengkur merupakan sesuatu yang normal pada saat tidur. Tidak diperlukan adanya perhatian khusus atau pengobatan serius. Beberapa diantara mereka, dan pasangan, malah dengan senang hati menerima keadaan gangguan tidur tersebut. Akhirnya, tanpa kesepakatan yang resmi antara keduanya mereka membiarkan dengkuran itu tanpa ada tindakan refresif untuk mengobatinya.  


Kenyataannya, meskipun tidak berbahaya (namun berisik) mendengkur dapat meningkatkan risiko untuk beberapa kondisi yang mengancam jiwa.

Mendengkur biasanya disebabkan oleh alergi, obesitas, genetika, dan pengaruh obat-obatan. Biasanya, mendengkur merupakan gejala dari gangguan tidur serius yang terjadi ketika pernapasan seseorang terganggu saat tidur (sleep apnea). Asosiasi Jantung Amerika memperingatkan bahwa sleep apnea berhubungan dengan hipertensi, stroke, dan gagal jantung. Seluruh peneliti sudah sepakat tentang hal ini.


Para peneliti dari University of Wisconsin-Madison telah melakukan sebuah penelitian selama 18 tahun dan menemukan bahwa orang-orang dengan sleep apnea parah, jika tidak diobati, memiliki risiko kematian tiga kali lipat dibanding dengan mereka yang tidak mengalami sleep apnea.

Bagi partisipan yang memiliki 30 atau lebih jeda napas per jam tidur, risiko kematian kardiovaskular lima kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki jeda kurang dari lima kali.

Dalam sebuah penelitian yang berbeda dari American Academy of Sleep Medicine, orang-orang yang menderita sleep apnea menengah (bentuk paling umum yang diderita oleh orang-orang yang tidur mendengkur) empat kali lebih berisiko meninggal, dan tiga kali lipat lebih berisiko meninggal akibat kanker. Mereka juga dua kali lipat lebih berisiko terkena kanker dan hampir empat kali lipat lebih berisiko mengalami stroke.

Gejala lain dari sleep apnea diantaranya adalah kelelahan di siang hari, terengah-engah atau tersedak saat Anda tidur, sakit kepala saat bangun pagi, dan sering buang air kecil di malam hari. 


Bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki salah satu dari gejala tersebut, atau hanya ingin mengevaluasi lebih lanjut tentang penyebab Anda mendengkur. Dengan begitu Anda bisa tidur malam tanpa mengganggu tidur orang lain dengan dengkuran Anda. Sayangi keluarga Anda dengan mengobati gangguan tidur Anda agar Anda sekelurga memiliki malam-malam bebas dengkur.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test