Thursday, March 16, 2017

11 Fakta Menarik Tentang Bulan Maret

No comments :

Bulan Maret adalah bulan yang sangat istimewa, setidaknya pada masa kejayaan Romawi. Karena, pada masa itu tahun baru diperingati setiap tanggal 1 Maret. Artinya, Maret adalah bulan pertama dalam Kalender Romawi. Akan tetapi, sejak tahun 45 SM, Julius Caesar menambahkan bulan Januari dan Februari di depannya.

Dari dua belas bulan yang ada dalam setahun bulan Maret termasuk bulan panjang, karena terdiri dari 31 hari. Sama dengan 6 bulan panjang lainnya.

Ada banyak sekali peristiwa besar yang terjadi pada bulan Maret; nasional maupun internasional. Seperti serangan umum 1 Maret di Yogyakarta (1/3), Hari Perempuan Internasional (8/3), Supersemar (11/3), Hari air sedunia (22/3), dan peringatan Bandung Lautan Api (24/3). Dan, ratusan peristiwa bersejarah lain yang tak bisa kami tulis di sini.

Sahabat, tahukah Anda bahwa penemu telepon, Alexander Graham Bell, melakukan panggilan pertamanya pada tanggal 10 Maret 1876? Itu adalah salah satu fakta yang tak banyak orang tahu. Masih banyak fakta menarik lain tentang bulan Maret yang harus Anda ketahui. 


Berikut ini Bacaan Populer telah membuat sebuah daftar yang berisi 11 fakta menarik tentang bulan Maret, yang tentu saja istimewa dan berbeda daripada bulan-bulan lain. Silakan di baca sampai selesai. 


1. Menara Eiffel secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 13 Maret 1889, dan menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 41 tahun sebelum dikalahkan oleh Chrysler Building.

2. Julius Caesar dibunuh di ruang Senat di Roma pada tanggal 15 Maret 44 SM. Pembunuhan itu dipimpin oleh Marcus Junius Brutus.

3. Alexander Graham Bell (penemu telepon) melakukan panggilan telepon pertama pada tanggal 10 Maret 1876. Dia menelepon asistennya dan berkata "Mr. Watson, kesinilah. Aku ingin bertemu."

4. Orang-orang terkenal yang lahir di bulan Maret antara lain Albert Einstein, Vincent Van Gogh, Daniel Craig, Justin Bieber, dan Bruce Willis.

5. Maret dikenal sebagai "Hlyda" atau "Lide" dalam bahasa Inggris kuno, yang berarti keras atau riau. Hal ini dikarenakan angin pada bulan Maret bertiup sangat kencang, bising, dan riuh.


6. Dalam buku The Lord of the Rings 25 Maret ditetapkan sebagai awal tahun baru di Gondor. Hal ini untuk menghormati jatuhnya Sauron.

7. Ungkapan "Gila, seperti kelinci dibulan Maret" (mad as a March hare) berasal dari berperilaku aneh kelinci jantan selama musim kawin, yakni pada bulan Maret.

8. Maret adalah bulan pertama dalam kalender Romawi (sebelum kalender yang sekarang digunakan - Gregorian). Pada zaman Romawi, bulan Maret disebut Martius. Nama ini diambil dari nama dewa perang Romawi, Mars.

9. Di India March adalah singkatan untuk  Medically Aware and Responsible Citizens of Hyderabad (Kesadaran dan tanggung jawab medis warga Hyderabad (negara bagian Andhra Pradesh - India).

10. Coca Cola mulai dikembangkan pada tanggal 29 Maret 1886. Formula aslinya adalah termasuk sejumlah kecil kokain untuk memberikan peminumnya sedikit buzz - kejutan.

11. Elton John, Celine Dion, Mariah Carey, Robert Frost, Michael Caine, Jessica Biel, Sasha Grey, dan Aamir Khan. Semua selebritis dunia ini (dan masih banyak artis populer lain) terlahir pada bulan Maret. 


Terakhir, kami juga ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sahabat-Sahabat Populer yang terlahir pada bulan Maret, di manapun saat ini Anda berada. Semoga panjang umur murah rezeki dan diberkati Allah, amin.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test