Monday, February 13, 2017

Teka-teki tentang Manajemen - Mampukah Anda menjawabnya? Win win solution

No comments :

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa manajemen itu adalah ilmu tentang seni mengatur atau mengendalikan. Adapun yang diatur atau dikendalikan itu adalah 6 M: man, money, materials, machine, methode, dan market (Manusia, uang, bahan-bahan, mesin, metode, dan pasar).

Di dalam manajemen, ada satu ilmu yang sangat penting, yakni tentang pengambilan keputusan. Pimpinan yang baik tentu saja diharapkan mampu mengambil keputusan yang bijak yang mampu melegakan dan membuat semua pihak merasa menang. Biasanya kita sebut keputusan itu dengan istilah win win solution.

Nah, kali ini mari kita uji keterampilan Anda dalam pengambilan keputusan dengan sebuah teka-teki yang cukup rumit. Namun, bagi Anda yang memiliki jiwa kepemimpinan yang bijak tentu saja Anda mampu menjawab dan keluar dari masalah ini dengan keputusan yang tepat, melegakan, dan membuat semua pihak merasa menang, win win solutuion.



Silakan dibaca soalnya berikut ini!

Anda memiliki mobil sport yang hanya memiliki 2 tempat duduk.
Pada suatu sore, Anda pulang dari kantor mengandarai mobil sport Anda tersebut. Dalam perjalan, turun hujan sangat lebat, disertai dengan petir bersambungan dan angin kencang yang mampu merobohkan pohon-pohon kecil.
Di halte bus ada 3 orang yang sedang numpang berteduh, menunggu hujan berhenti. Mereka itu adalah: seorang nenek, sahabat lama Anda, dan cewek/cowok impian Anda selama ini.

1. Si nenek sedang sakit-sakitan. Kelihatannya dia sudah tak tahan lagi dengan cuaca, hujan, petir, dan angin kencang ini. Kelihatannya, dia pasti akan meninggal jika Anda tidak menolongnya; mengantarkannya ke rumah atau ke rumah sakit.

2. Sahabat lama Anda yang pernah menyelematkan hidup Anda. Anda pernah berhutang nyawa dengannya dulu. Dia pernah menolong Anda saat Anda tenggelam. Pada saat Anda kesulitan untuk membayar uang kuliah, dia jugalah yang membantu Anda membayarkan uang kuliah Anda. Pendek kata, dia adalah orang yang teramat sangat berjasa dengan hidup Anda.

3. Cewek/cowok impian Anda. Dia betul-betul sempurna. Persis seperti yang Anda impikan selama ini. Anda ingin sekali berkenalan denganya, minta nomor HP, dan kalau bisa Anda langsung ingin PDKT. Siapa tahu jodoh.

Sayangnya, mobil Anda adalah mobil sport yang hanya memiliki 2 tempat duduk. Kelihatannya Anda hanya bisa menumpangi salah satu dari ketiga orang tersebut. Nah, siapakah orang yang akan Anda tolong?
***

Jika Anda pilih menolong nenek, maka Anda adalah orang yang tak tahu balas budi. Kesempatan Anda untuk berkenalan dengan pasangan masa depan Anda yang sempurna pun pasti akan lenyap gara-gara ingin menolong nenek, yang tidak Anda kenal.

Jika Anda pilih menolong teman lama, Anda betul-betul tak punya hati. Apakah Anda akan membiarkan si nenek meninggal? Dimana perikemanusiaan Anda? Selain itu, kesempatan Anda untuk berkenalan dengan pasangan masa depan Anda yang sempurnapun pasti akan lenyap.

Jika Anda pilih menolong si cewek/cowok sempurna, Anda betul-betul tak berperikemanusian dan manusia yang tak tahu balas budi. Anda adalah seburuk-buruknya manusia.
***
Jangan asal jawab. Apalagi jika Anda ingin menuliskan jawaban Anda di kolom komentar. Pastikan terlebih dahulu jawaban Anda benar dengan alasan yang masuk akal.

Jika Anda tidak ingin berbagi jawaban pun tidak masalah; agar orang-orang berikutnyapun tetap bisa berpikir tetang keputusan yang paling baik.

Jika Anda sangat penasaran ingin mengetahui jawabannya, silakan nonton film Bruce Willis tahun 2006 yang berjudul "16 Blocks". Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, jika Anda teliti menontonnya.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test