Breaking News
recent

Stenografi 03 - Cara Menulis Huruf Majemuk Konsonan Stenografi (ng dan ny)


Sahabat Populer, masih semangat 'kan belajar steno? Ya iyalah, kalau ga semangat mana bisa pandai. Kami harap Anda sudah menguasai materi pelajaran kedua kita tentang Cara Menyambung Huruf Stenografi Sistem Karundeng - Stenografi 02. Jika belum menguasainya balik lagi deh. Silakan klik di sini.

Jika Anda memang sudah menguasainya, mari kita lanjutkan materi ketiga kita tentang Cara Menulis Huruf Majemuk Konsonan Stenografi (ng, dan ny), seperti janji yang sudah kami sebutkan pada pertemuan pertama kemaren.

Mari kita lihat kembali gambar huruf-huruf majemuk konsonan yang pernah kami sampaikan kepada Anda pada pertemuan pertama. Ini dia. 


Lalu, mari kita lihat penulisan dua huruf majemuk konsonan pertama (ng, dan ny) ke dalam kata pada contoh berikut. 


Selanjutnya mari kita masukkan kata-kata yang sudah kita pilih diatas menjadi kalimat-kalimat yang biasa kita ucapkan sehari-hari, seperti contoh berikut ini. 



Sepanjang pengetahuan saya, tak cara terbaik yang bisa Anda tempuh untuk menguasai stenografi selain dari berlatih, berlatih, dan berlatih. Jadi, kami harap Andapun ikut menulis seperti contoh-contoh yang kami buat di atas. Bahkan, seharusnya berulang-ulang.

Seperti biasa, kami juga tak ingin membiarkan Anda menyudahi materi ini dengan tanpa latihan untuk Anda kerjakan sendiri. Kali ini kami tetap memberikan 2 model soal yang harus Anda kerjakan untuk mengetahui kemampuan Anda. Yakni, model soal membaca dan soal menulis.

Bacalah keempat kalimat berikut dalam waktu 2 menit. Jika Anda bisa menyelesaikan membaca dalam batas waktu yang sudah ditentukan tersebut berarti Anda lulus materi kita kali ini. Jika belum lulus, perbanyaklah latihan.



Selanjutnya uji keterampilan menulis.

Tulislah kalimat berikut dalam waktu 10 menit. Kami doakan Anda bisa menyelesaikannya tepat waktu. 


1. Agar cintanya tetap langgeng si cowok memasang cincin dan anting untuk pasangan yang dicintainya.
2. Singa yang memangsa angsa itu terkena penyakit chikungunya. Badannya demam, kerjanya hanya mengerang.
3. Minyak goreng datang dari kampung ke kota. Sedangkan jenis minyak lain kayaknya datang entah dari mana.

Jika Anda bisa menyelesaikan semua tugas di atas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan berarti Anda berhak untuk menerima materi pelajaran berikutnya tentang Cara Menulis Huruf Majemuk Stenografi Sistem Karundeng (nd dan nj)
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.