Monday, February 20, 2017

Peneliti Mengatakan Lagu Ini Mampu Mengurangi Ganguan Kecemasan 65%. Dengarkanlah!

No comments :

Sudah bukan rahasia lagi bahwa musik dapat memiliki efek mendalam pada emosi kita. Musik dapat memberikan kita perasaan sukacita atau malah sebaliknya, membuat kita ingin menangis. Musik juga dapat membuat kita tetap fokus atau memungkinkan kita untuk bersantai.

Namun ada satu hal yang sangat menarik belakangan ini. Ada beberapa lagu khusus yang memiliki efek luar biasa dalam membantu manusia untuk melawan rasa cemas.

Para peneliti di MindLab International melakukan studi tentang efek musik pada kecemasan, dan mereka menemukan bahwa lagu Marconi Union - "Weightless"  mampu mengurangi rasa cemas para peserta penelitian, secara mengejutkan, sebesar 65%!

Bagi orang yang sering menderita kecemasan mendengar musik ini sama dengan meminum valium (diazepam), atau obat anti-kecemasan lainnya. 


Hal ini tentu saja merupakan sebuah kabar gembira bagi orang dengan masalah kecemasan yang mungkin tidak ingin bergantung pada obat-obatan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental mereka.

Penelitian

Ketika para peneliti di MindLab International memulai percobaan mereka, mereka ingin menemukan musik yang terbaik mengurangi kecemasan. Lalu mereka mempersempit pilihan  untuk hanya 10 lagu saja, yang semuanya memiliki efek menenangkan. Selain itu, 10 lagu tersebut juga memiliki kualitas ambien, diiringi dengan nada yang harmonis, dan, tempo yang mendalam dan mantap.

Berikut adalah daftar 10 besar lagu yang paling menenangkan, seperti yang telah dibuktikan dengan penelitian mereka:

1. Marconi Union – “Weightless”
2. Airstream – “Electra”
3. DJ Shah – “Mellomaniac (Chill Out Mix)”
4. Enya – “Watermark”
5. Coldplay – “Strawberry Swing”
6. Barcelona – “Please Don’t Go”
7. All Saints – “Pure Shores”
8. Adele – “Someone Like You”
9. Mozart – “Canzonetta Sull’aria”
10. Cafe Del Mar – “We Can Fly”

Setiap lagu-lagu itu memberikan efek tenang dengan caranya masing-masing. Tentu saja diluar sana masih banyak lagu yang mampu memberikan efek menenangkan selain dari ke-10 lagu di atas.  Sayangnya lagu-lagu tersebut luput dari sorotan publik. Namun, para peneliti dari studi ini menemukan hasil yang sangat memuaskan dari ke-10 sampel lagu yang mereka uji.


Berikut ini kami sertakan video Marconi Union – “Weightless” yang kami ambil dari situs berbagi video Youtube. Silakan di dengar!


Hal Istimewa Apa yang Dimiliki "Weightless"?


Lagu ini memiliki sebuah distorsi, kualitas ambien. Hal ini berfungsi untuk mengalihkan perhatian otak dari suara-suara lain, internal dan eksternal. Kualitas ritmenya konsisten, beat lambat, yang terdengar persis seperti jantung berdetak.

Irama yang mengalun antara campuran melodi ambien yang menyenangkan dan lambat serta dipadukan dengan getaran bass yang mantap cukup untuk membuat detak jantung kita menjadi lebih tenang. Lagu ini tidak memiliki lirik (kata-kata), seperti 9 lagu lain yang diuji.

Ada kemungkinan bahwa lirik, terutama lirik yang memilukan, seperti "Someone Like You", akan mengurangi efek santai dibanding dengan lagu yang diisi hanya dengan melodi. 


Marconi Union sebenarnya bekerja sama dengan terapis suara dalam upaya untuk menciptakan sebuah lagu yang akan menginduksi keadaan sangat santai; dan ternyata, akhirnya mereka berhasil.  Kami sangat menyarankan Anda untuk mendengarkan lagu ini di mobil pada saat berkendara.

Luangkan juga waktu Anda untuk mendengarkan 9 lagu lain yang sudah kami tulis di dalam daftar di atas, dan lihatlah apakah Anda dapat menentukan sumber efek manakah yang mampu membuat Anda terpesona?

Kekuatan Terapi Musik

Menurut data, hampir 40% orang dewasa di dunia mengalami gangguan kecemasan, dan jumlah ini terus meningkat. Banyak dari penderita tersebut meminum obat-obatan untuk mengatasi masalah ini, kadang-kadang dengan tingkat keberhasilan yang tak bisa dipresiksi.

Terapi musik bisa menawarkan pengobatan alternatif yang indah atau pengobatan sampingan untuk orang yang menderita kecemasan kronis atau akut. Saat ini, terapis musik di seluruh dunia menggunakannya untuk mempromosikan kesehatan, mengurangi rasa sakit, meningkatkan komunikasi, dan bahkan meningkatkan memori.


Penelitian tetap terus dilanjutkan untuk menemukan musik sebagai alat yang lebih kuat dari yang pernah kita sadari. Mungkin suatu hari nanti terapi musik akan dijadikan sebagai terapi utama di rumah sakit, panti jompo, dan fasilitas perawatan lainnya. Namun untuk saat ini, Anda cukup memutarkan musik dengan menggunakan ponsel Anda dan nikmati dengan menggunakan headphone sebagai sesi terapi pribadi, setiap hari!

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test