Breaking News
recent

Inilah Kegiatan yang Dilakukan oleh 8 Orang Super Sukses Sebelum Tidur


Sebelum tidur setiap malam biasanya kita memiliki waktu sekitar lima menit hingga satu jam, untuk meninabobokan diri sendiri hingga kita betul-betul tertidur.

Bagi sebagian orang ada yang memanfaatkan waktu tersebut hanya untuk kegiatan yang tak bermanfaat, bahkan cenderung negatif. Namun, bagi sebagian yang lain, waktu relatif singkat tersebut merupakan waktu yang sangat berkualitas. Sama halnya seperti ketika sedang berada di kantor. Mereka berpikir, merencanakan, merefleksi, mengevaluasi, atau berzikir. Bukankah, kegiatan seperti ini kadang-kadang jauh lebih hebat daripada hanya sekedar kerja, kerja, kerja?

Begitu pula halnya yang dilakukan oleh delapan orang super sukses berikut ini. Mereka memanfaatkan waktu yang relatif singkat ini dengan kegiatan pengembangan diri dan kepribadian. Dari kegiatan ini saja kita bisa melihat perbedaan yang besar antara cara mereka memanfaatkan sisa-sisa waktu dengan kita yang selalu membuang-buang waktu. 


Baiklah Sahabat Populer, mari kita lihat kegiatan apa saja yang dilakukan oleh orang super sukses sebelum mereka tidur malam. Sebagian besar dari mereka pasti sudah sangat Anda kenal. Namun, jika ada yang belum ada kenal, silakan lihat profilnya di wikipedia. 

1. Oprah Winfrey: Meditasi untuk mengurangi stres

Host acara talk show ternama Oprah Winfrey suka  melakukan meditasi sebelum tidur untuk mengurangi stres yang disebabkan oleh persoalan hidup ataupun stres karena pekerjaan.

Berdasarkan penelitian pada 2014, yang melibatkan lebih dari 19.000 koresponden, meditasi dibuktikan dapat mengurangi stres, perasaan cemas, depresi, hingga rasa sakit

2. Arianna Huffington: Menjauhkan semua barang elektronik agar tidak ada ganguan

Dimana Anda meletakkan gadget Anda ketika Anda tidur malam hari? Di meja samping ranjang? Di bawah bantal? Atau, malah di atas bantal di dekat kuping Anda?

Berbeda dari kebiasaan kita, Arianna Huffington, penulis dan kolumnis sukses, lebih suka menempatkan semua gadgetnya di ruangan lain dari kamar tidurnya. Tentu saja ini adalah kebiasaan yang sangat bagus untuk kesehatannya. Karena, penelitian menemukan bahwa sinyal yang dipancarkan oleh ponsel dapat menggangu kualitas tidur. 

3. Bill Gates: Membaca selama 1 jam atau lebih untuk topik-topik yang berbeda


Setiap malam sebelum tidur Bill Gates selalu membaca buku. Dia akan menghabiskan waktu 1 jam atau lebih untuk membaca buku dari topik-topik yang berbeda, mulai dari bigrafi, science, kesehatan, politik, hingga sejarah. Tentu saja kebiasaan ini membuatnya semakin pintar karena banyak mendapat pengetahuan baru.

4. Ellen DeGeneres: Menulis semua perasaan dan mencari cara untuk mengimprovisasi kemampuan komunikasi

Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda terima dari menulis, salah satunya meningkatkan intelegensi. Menulis, tentu saja akan meningkatkan kemampuan linguistik. Menulis juga membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan lain, seperti lebih fokus, kreatif, dan imajinatif.

Kegiatan inilah yang dilakukan oleh Ellen DeGeneres, Host acara talk show dan komedian Amerika ternama., setiap malam sebelum tidur.

Memang, malam adalah waktu yang sangat tepat untuk merefleksi diri, meredakan stres, dan menemukan ide-ide baru yang kreatif. Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan oleh Ellen untuk mengimprovisasi kemampuan komunikasinya.  

5. Steve Jobs: Merefleksi semua hal yang dilakukan selama siang tadi

Di dalam Islam kita mengenal Khalifah Umar bin Khattab yang suka merefleksi semua hal yang telah dilakukannya dalam hidup, setiap malam sebelum tidur. Beliau berkata, "Hisablah dirimu sebelum kamu dihisab dan timbanglah amal perbuatan kamu sebelum amal itu ditimbang."


Di dalam dunia modern, Steve Jobs,  pendiri dan CEO Apple Inc., melakukan hal yang sama. Hanya bedanya, Steve Jobs hanya merefleksi hal yang dilakukan selama siang tadi. 

6. Joel Gascoigne: Jalan-jalan tengah malam setelah stres seharian

Beberapa orang mungkin memilih untuk sit up, pull up, atau push up, untuk membuat badan letih sebelum tidur, dengan begitu tidur akan lebih nyenyak.

Namun, Joel Gascoigne, pendiri sekaligus CEO Buffer, lebih memilih jalan-jalan untuk olah raga tengah malam. Selain untuk membuat badan lelah berjalan tengah malam juga dipercaya dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

7. Vera Wang: Brainstorming untuk ide-ide baru 

Bagi orang-orang yang bekerja pada bidang kreatif, malam adalah waktu yang sangat tepat untuk menemukan ide-ide baru. Penulis novel, koki, designer, dan pembuat iklan tentu banyak mengahbiskan waktu malam mereka untuk menemukan ide kreatif.

Begitu pula halnya dengan Vera Wang, designer ternama, dia selalu melakukan brainstorming ide pada malam hari.


Fakta yang mengejutkan muncul dari penelitian di Albion, yang menyatakan walau tubuh mengalami kelelahan di malam hari, otak akan terus memberikan ide-ide kreatif.

8. Kenneth Chenault: Merencanakan hari esok

Kenneth Chenault, CEO American Express, melakukan kebiasaan ini setiap malam sebelum tidur. Dia merencanakan 3 hal penting yang akan dia kerjakan keesokan harinya. Lalu, ketika dia bangun besok pagi, dia bisa langsung melakukan berbagai tugas penting yang dia rencanakan tadi malam.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.