Sunday, February 26, 2017

Contoh Soal Praktik Merencanakan Penggandaan Dokumen

No comments :

Pekerjaan menggandakan dokumen kantor adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian kompleks. Karena dari pekerjaan ini seseorang harus mampu mencetak (printing), men-copy (copying), dan menjilid (binding). Belum lagi jika dihitung dari awal; mengetik dokumen dan merencanakan besarnya biaya penggandaan.

Bagi sekretaris yang sudah berpengalaman pekerjaan ini tentu saja sudah menjadi rutinitas yang hampir tiap hari mereka lakukan. Namun bagi sekretaris junior, tenaga administrasi yang masih baru, anak magang, mahasiswa, atau siswa yang sedang mempelajari ilmu adminsitrasi tentu saja tugas ini sangat menyulitkan. Mereka butuh banyak belajar dan dibimbing. Salah satu caranya adalah dengan banyak-banyak melakukan praktik.

Untuk melakukan praktik penggandaan dokumen dibutuhkan banyak sekali peralatan mahal. Seperti komputer, printer, mesin copy, peralatan penjilidan, dan bahan-bahan habis pakai, sebanyak yang dibutuhkan. Namun, biasanya semua institusi telah menyediakan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Karena, tanpa pelaksanaan praktikpun setiap kantor pasti membutuhkan semua itu. Itu semua seperti sembako bagi sebuah organisasi.


Nah, selanjut hal yang perlu perbincangkan adalah kemampuan guru pembimbing untuk memberdayakan kemampuan siswa untuk menggunakan semua sumber daya yang sudah tersedia itu.

Bapak/Ibu, siswa-siswa kita itu terlahir dizaman modern. Semua pekerjaan dilakukan dengan mesin yang serba canggih. Mereka sangat akrab dengan itu semua. Tapi, tetap saja mereka perlu dibimbing dalam penggunaan dan pemanfaatannya. Jadi, jangan sampai kita ketinggalan. Agak lucu rasanya jika ada guru gaptek pada zaman yang serba modern ini. Kitapun harus terus belajar. Sama seperti siswa-siswa kita itu.

Baiklah Bapak/Ibu guru dan Sahabat Populer, berikut ini adalah Soal Praktik Merencanakan Penggandaan Dokumen yang kami ambil dari bank soal kami sendiri. Silakan disesuaikan dengan kompetensi dasar (KD) yang dipelajari.

SOAL

1. Tuliskan 3 Fungsi penggandaan dokumen!
2. Anda adalah karyawan pada CV. Bacaan Populer Enterprise. Hari ini Anda menerima job dari Bapak Alif Arbitra Ramadhan. Beliau memberikan kepada Anda 2 buah compact disk (CD) yang berisi makalah. CD pertama berisi 2 makalah. Makalah pertama jumlah halamannya 22 halaman, dan yang kedua berjumlah 24 halaman.
CD kedua juga berisi 2 makalah. Makalah pertama halamannya berjumlah 17 halaman, dan yang kedua berjumlah 12 halaman.
Bapak Alif meminta kepada Anda untuk mem-print semua makalah tersebut. Lalu dicopy sebanyak 32 rangkap. Setelah itu, semuanya dijilid.
Untuk semua pekerjaan itu Bapak Alif membayar Anda sebesar Rp. 1.000.000 (Satu juta Rupiah)
Berapa keuntungan yang akan saya dapatkan?
Keterangan tarif di CV. Bacaan Populer Enterprise:
Print = 650/lembar
Copy = 125/lembar
Jilid  = 2500/exp.


3. Sebelum mem-print file di Ms. Word Anda ingin men-set kertasnya dengan ukuran margin sebagai berikut:  Atas = 3.5 cm, Kiri = 3.5 cm, Kanan = 2.5 cm, dan Bawah = 2.5 cm.
Tuliskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan!
4. Anda punya 1 file di Ms. Word yang berisi 47 halaman. Tapi, Anda hanya ingin mem-print halaman 17 s.d. 26 saja sebanyak 4 rangkap. Tuliskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan!
5. Tuliskan 4 jenis mesin pengganda dokumen!
6. Tuliskan 4 jenis media transfer file portable!
7. Saat ini kakak saya ada di Makasar. Dikarenakan suatu keperluan beliau meminta saya untuk mengirimkan copy-an rapor SMAnya. Boleh dalam bentuk soft copy atau hard copy. Bantu saya dengan menuliskan 5 cara yang bisa saya tempuh!

NB. Jika soal di atas ada yang salah atau tak masuk akal mohon beritahu kami untuk segera kami koreksi.

Baca juga artikel terkait lainnya:

Jika Bapak/Ibu punya permintaan khusus tentang soal yang diinginkan silakan komen di bawah ini. Kami usahakan untuk mengunggahnya. Tapi harus bersabar menunggu. Karena, kami juga guru, tak bisa fokus ngeblog.

Tunggu saja ya, Bapak/Ibu! Bersabarlah sedikit!

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test