Tuesday, February 14, 2017

Contoh Soal Praktek Surat Menyurat (Korespondensi) - Silakan Dicopy

No comments :

Tugas yang paling banyak dikerjakan oleh seorang sekretaris atau tenaga administrasi adalah membuat atau membalas surat surat dinas/niaga. Kegiatan ini biasanya kita sebut dengan korespondesi. Boleh dikatakan bahwa tugas rutin yang paling banyak mereka lakukan setiap hari adalah mengerjakan korespondensi ini.

Bagi sekretaris atau tenaga administrasi yang sudah berpengalaman tugas ini sama sekali tidak memberatkan. Mereka bahkan bisa membuat surat yang baik dan benar dalam waktu kurang dari 10 menit. Namun, bagi tenaga administrasi yang masih junior, mahasiswa, atau anak sekolah yang yang sedang menekuni bidang administrasi tentu saja masih perlu banyak belajar dan dibimbing agar bisa lebih mahir. Salah satu latihan yang paling bagus dalah dengan mengerjakan soal atau skenario yang sudah disusun oleh guru pembimbing.


Sedangkan bagi Bapak/Ibu yang mengajar bidang kompetensi bersangkutan tentu butuh banyak soal untuk diberikan kepada peserta didik. Oleh karena itulah, kami berusaha sedikit membantu Bapak/ibu dengan berbagi soal-soal yang kami punya.

Baiklah Bapak/Ibu guru dan Sahabat Populer, berikut ini adalah soal praktik surat menyurat (korespondensi) yang kami ambil dari bank soal kami sendiri. Silakan disesuaikan dengan kompetensi dasar (KD) yang dipelajari.

Soal

1. Tulislah 9 Macam bentuk surat! (bobot 5)

2. Buatlah bagan surat dengan bentuk Semi Block Style dan Official Style! (bobot 15)

3. Baca data berikut!
Ketika Anda berkunjung ke Bank Syariah Mandiri, Anda diberikan selebaran/brosur yang berisikan pengumuman lowongan kerja oleh teman Anda yang bernama Nadira Putri. Beliau adalah karyawan di Bank Syariah Mandiri tersebut.

Brosur tersebut diberikan kepada Anda hari Selasa, 14 Februari 2017. Dalam brosur itu dinyatakan bahwa  Bank Syariah Mandiri sedang membutuhkan 10 orang tenaga Administrasi. Anda tertarik dengan iklan tersebut dan merasa memenuhi kriteria yang diinginkan. Anda berniat mengisi lowongan itu. Oleh karena itu, Anda membuat surat lamaran kerja.

Tugas Anda:
Buatlah surat lamaran kerja yang dinginkan oleh pihak Bank Syariah Mandiri dengan baik dan benar. Ketiklah dengan Ms. Word, dengan bentuk block style. Lalu print, dan serahkan kepada pembimbing. (bobot 35)


4. Baca data berikut!
Bpk. Randu Arbitra adalah kepala tukang yang melaksanakan pembangunan rumah Walikota Pekanbaru. Pada hari Selasa, 14 Februari 2017, Bpk. Randu Arbitra membeli bahan bangunan berupa 45 sak semen, 75 batang besi Angker, dan 8 m3 pasir,  di Toko Bangunan Populer, yang beralamat di jalan Tuanku Tambusai no. 233 Telp/fax (0761) 43432 Sukajadi-Pekanbaru kode Pos 28213. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan bangunan sebanyak itu adalah sebesar Rp. 15.315.700,- (Lima belas juta tiga ratus lima belas ribu tujuh ratus Rupiah).

Untuk bukti laporan keuangan pembiayaan pembangunan tersebut, Bpk. Randu Arbitra meminta kepada Anda untuk membuatkan bukti pembayaran yang berupa kuitansi dan juga faktur pembelian dari transaksi saat itu.

Catatan:
- nomor kuitansi :907
- nomor faktur : 726/Pbl/XII/17
- buatlah kop faktur dengan lengkap dan penuh estetika
- jangan lupa untuk menandatangani kuitansi dan faktur yang Anda buat!

Tugas Anda:

Buatlah Kuitansi yang diminta Oleh Bpk. Randu Arbitra. (bobot 25)
Buatlah Faktur pembelian yang diminta Oleh Bpk. Randu Arbitra. (bobot 20)

NB. Jika soal di atas ada yang salah atau tak masuk akal mohon beritahu kami untuk segera kami koreksi.

Baca juga artikel terkait lainnya:

Jika Bapak/Ibu punya permintaan khusus tentang soal yang diinginkan silakan komen di bawah ini. Kami usahakan untuk mengunggahnya. Tapi harus bersabar menunggu. Karena, kami juga guru, tak bisa fokus ngeblog.

Tunggu saja ya, Bapak/Ibu! Bersabarlah sedikit!

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test