Breaking News
recent

Contoh Cara Menulis Huruf Majemuk Stenografi Sistem Karundeng (st dan sp) - Stenografi 06


Sahabat Populer, pernah Anda berpikir betapa susahnya orang China, Jepang, Korea, dan Thailand menulis cepat? Bayangkan bagaimana susahnya mereka jika menerima dikte dari guru, pimpinan, atau menuliskan risalah rapat. Tapi mereka tetap menggunakan huruf kanji tersebut sebagai huruf utama.

Bersyukurlah kita yang tinggal di negara yang menggunakan huruf latin sebagai huruf utama kita dalam menulis. Lihatlah betapa sederhananya huruf-huruf ini. Namun masih terasa sangat lambat jika kita pakai untuk menulis pesan telepon, risalah rapat, atau dikte dari pimpinan. Untuk itulah kita perlu belajar stenografi.

Jika Anda merasa berat menulis menggunakan huruf stenografi maka seharusnya sekali-kali Anda belajar menulis menggunakan huruf Hiragana dan Katakana. Maka secara mendadak Anda akan merasa betapa mudahnya mempelajari stenografi ini. Kami yakin itu. Karena kamipun saat ini sedang mempelajari cara menulis dengan menggunakan Hiragana dan Katakana. 

Sahabat Populer, kami harap Anda sudah menguasai materi pelajaran kelima tentang Cara Menulis Huruf Majemuk Stenografi Sistem Karundeng (nt dan sy) - Stenografi 05. Jika belum menguasainya sebaiknya Anda jangan masuk ke halaman ini dulu, silakan balik lagi ke pelajaran sebelumnya dengan meng-klik link yang kami berikan di atas.

Tapi, jika Anda sudah menguasainya, mari kita lanjutkan materi kita yang keenam tentang Cara Menulis Huruf Majemuk Stenografi Sistem Karundeng (st dan sp) - Stenografi 06. Berikan perhatian Anda sepenuhnya dalam pelajaran ini. Jauhkan hal-hal yang akan menggangu Anda belajar. Mari kita mulai.

Terlebih dahulu mari kita lihat kembali gambar huruf-huruf majemuk konsonan yang pernah kami sampaikan kepada Anda pada pertemuan pertama. Ini dia. 
Lalu, mari kita lihat penulisan dua huruf majemuk konsonan terakir dalam stenografi sistem Karundeng (st dan sp) ke dalam kata pada contoh berikut.

 
Selanjutnya mari kita masukkan kata-kata yang sudah kita pilih di atas menjadi kalimat-kalimat yang biasa kita ucapkan sehari-hari, seperti contoh berikut ini.


Seperti biasa, Anda harus mengerjakan latihan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis. Kami tetap memberikan 2 model soal yang harus Anda kerjakan untuk mengetahui kemampuan Anda. Yakni, model soal membaca dan soal menulis.

Bacalah keempat kalimat berikut dalam waktu 2 menit. Jika Anda bisa menyelesaikan membaca dalam batas waktu yang sudah ditentukan tersebut berarti Anda lulus materi kita kali ini. Jika belum lulus, perbanyaklah latihan.




Selanjutnya uji keterampilan menulis.

Tulislah kalimat berikut dalam waktu 10 menit. Kami doakan Anda bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Silakan baca juga artikel lain yang mungkin Anda suka:


1. Setiap spasi pada spanduk yang Anda inginkan menjadi mistar dan strategi harga para desiner.
2. Status sosial, strata ekonomi, dan stamina Anda tidak dibangun dengan spontanitas
3. Harum kesturi dan wangi puspa yang memenuhi ruang pesta dalam istana raja
4. Naik vespa dengan si Kristin dan Astrid ke station menuju ke laut kaspi.

Jika Anda bisa menyelesaikan semua tugas di atas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan berarti Anda berhak untuk menerima materi pelajaran berikutnya.

Jangan lupa untuk terus berlatih, berlatih, dan berlatih. Karena cuma dengan begitu Anda bisa mahir. Tak ada cara lain!
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.