Breaking News
recent

7 Langkah Mudah Untuk Membantu Anda Melawan depresi

Depresi adalah kondisi serius yang mempengaruhi banyak orang dalam hidup mereka. Suasa hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu. Tidak selamanya, tapi cukup lama jika Anda membiarkannya, bahkan Anda bisa tenggelam di dalamnya bertahun-tahun.

Tak ada orang yang bisa mengobati dan mengeluarkan Anda dari perasaan bad mood itu, selain dari diri Anda sendiri. Faktor-faktor eksternal tak akan mempan jika Anda tidak mereseponnya dengan positif. Namun, jika Anda memang memiliki niat untuk keluar dari kondisi itu maka hal-hal sepelepun bisa menjadi obat yang mujarab.

Ada banyak cara yang sehat untuk membantu Anda melawan depresi. Tanpa Anda sadari hasil dari usaha tersebut bahkan mampu memberikan keuntungan tambahan yang nyata.

Berikut ini adalah tujuh langkah mudah yang dapat Anda lakukan sebagai tindakan Untuk melawan depresi.

1. Habiskan waktu dengan teman

Tak perlu menceritakan semua masalah Anda kepada teman-teman seperti saat Anda sedang berhadapan dengan konselor, cukuplah bersahabat dengan mereka. Hal-hal sederhana yang Anda lakukan dengan mereka, seperti bertemu di cafe untuk minum kopi, dapat menyalakan semangat Anda. Sebuah dukungan sosial yang kuat terbukti merupakan cara untuk membantu Anda melawan depresi.

2. Keluarlah dari rumah, nikmati alam


Rasakan sinar matahari pada kulit Anda dan hiruplah udara segar yang dipercaya sangat bagus untuk meningkatkan mood. Tubuh Anda mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, yang juga membantu melawan depresi. Berjalanlah di lingkungan Anda, pergi ke taman kota, bermain ayunan, atau hanya duduk di bangku taman yang memiliki pemandangan indah. Lakukan itu!

3. Bermain dengan peliharaan

Menyisir bulu kucing atau mengajak anjing jalan-jalan sore dapat membantu menurunkan stres Anda. Bermain lempar tangkap dengan anjing adalah obat mujarab untuk membantu Anda melawan depresi.

Merawat hewan peliharaan akan memberikan Anda sesuatu untuk fokus, dan hasilnya, hewan peliharaan Anda akan memberikan pemiliknya cinta tanpa syarat.

Menjadi sukarelawan di sebuah tempat penampungan juga dapat membantu Anda melawan depresi dengan melakukan kebaikan kepada orang lain. 

4. Makanlah makanan sehat

Bagian dari pertarungan melawan depresi adalah Anda harus memiliki bekal gizi yang cukup. Selain merawat pikiran dan mental, Anda juga perlu untuk menyehatkan tubuh Anda. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa hal-hal tertentu yang mereka makan mampu mengubah suasana hati.

Banyak studi terbaru menunjukkan bahwa gluten menyebabkan depresi. Pastikan makanan Anda mengandung banyak vitamin B, C dan D. Beberapa pilihan yang bagus untuk dimakan antara lain sayur-sayuran jenis akar, umbi yang kaya protein, dan buah-buahan segar untuk pencuci mulut. Pastikan bahwa Anda tetap terhidrasi. Hindari kafein dan alkohol.

5. Teruslah aktif

Olahraga teratur membantu tubuh Anda untuk memproduksi endorfin. zat kimia saraf ini akan meningkatkan mood alami. Anda tidak perlu menjadi seorang atlet propesional agar bisa melakukan latihan fisik yang lebih baik. cukup lakukan olahraga santai yang menyenangkan, seperti bersepeda, main badminton dengan tetangga, atau melakukan yoga.

Berenang, ikut kelas tari dewasa, atau panjat tebing, adalah kegiatan yang sangat dianjurkan. Lakukan latihan selama 30 menit secara inten setiap hari dalam seminggu. Latihan aktif secara intens ini juga dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan dan membangun kekuatan otot, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

6. Lakukan kembali hobi-hobi lama

Lakukan kembali hobi-hobi lama Anda, kegaitan yang dulu selalu membuat Anda merasa senang. Tapi, saat ini lakukan dengan group. Jika dulu Anda suka membaca novel, pertimbangkan untuk bergabung dengan klub buku. Selain Anda bisa membaca buku-buku baru Anda juga bisa bersosialisasi. Manfaat ini tentu sangat baik untuk melawan depresi.

Jika dulu Anda suka kerajian merajut, kunjungilah toko benang lokal, pilihlah gulungan-gulungan benang yang cantik itu, dan buatlah rajutan yang indah. Keuntungan nyata dari hobi ini adalah Anda mampu menciptakan produk jadi. Selain itu,  kegiatan ini juga akan mengingatkan Anda tentang bakat dan keterampilan yang Anda miliki.

7. Tertawalah

Menonton sesuatu yang konyol adalah cara lain yang sehat untuk melawan depresi. Tertawa itu baik untuk tubuh dan semangat Anda. Dengan begitu Anda mungkin bisa melupakan apa yang menjadi penyebab depresi, setidaknya untuk sementara waktu.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.