Breaking News
recent

Penelitian Ilmiah: 10 Hobi Ini Akan Membuat Anda Lebih Pintar


Ada persepsi umum bahwa kita tidak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan kecerdasan otak kita. Pintar atau tidaknya kemampuan otak yang kita miliki telah ditentukan tepat pada saat kita dilahirkan. Kita tak bisa lagi membuat otak jauh lebih pintar dari apa yang sudah ditentukan itu.

Tentu saja ini adalah sebuah anggapan yang sangat salah. Buktinya, banyak orang yang melakukan kegiatan-kegiatan bagus bisa meningkatkan kemampuan otaknya dengan sangat signifikan. Mereka menjadi jauh lebih pintar daripada anggota keluarga yang lain.

Di sisi lain, hobi yang kita lakukan secara rutin akan membentuk sebuah kebiasaan tak bisa ditinggalkan. Kegiatan ini akan membuat kita tenggelam dalam pengalaman-pengalam yang ada di dalamnya secara teratur. Oleh karena itu, pilihlah hobi yang membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik. Karena, hobi yang baik akan memberikan dampak yang baik pada diri kita sendiri dan kepada apapun yang ada di sekeliling kita. Hobi yang menyenangkan dan menyegarkan akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada kecerdasan kita.

Berikut ini adalah 10 hobi yang akan membantu meningkatkan kecerdasan kita, yang telah dikemukan oleh berbagai penelitian ilmiah dan eksperimen.

1. Bermain musik

Main gitar

Konfusius pernah berkata, "Musik menghasilkan kenikmatan yang tak pernah bisa ditolak oleh sifat dasar manusia". Musik merangsang otak, dan ini telah dibuktikan oleh penelitian.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan memainkan alat musik meningkatkan kapasitas memori otak. Memainkan alat musik juga mengajarkan Anda kesabaran dan ketekunan. Karena, Anda membutuhkan waktu dan usaha untuk belajar memainkan alat musik. Hal ini juga mempertajam konsentrasi Anda.

2. Membaca

Membaca buku

Membaca akan membantu Anda meningkatkan kecerdasan dengan sangat instan. Hal ini adalah sebuah hal yang pasti jika Anda rajin membaca topik yang berbeda; mulai dari fiksi, biografi, atau antologi.

Membaca mengurangi stres, membantu Anda untuk mengalami beberapa emosi, dan mengajarkan Anda banyak mata pelajaran. Semua faktor ini membantu Anda untuk merasa lebih baik terhadap diri Anda; mencintai diri sendiri adalah salah satu dasar yang paling penting bagi pikiran positif.

Membaca sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang banyak hal, mempersiapkan segala macam bekal dan menjadi lebih produktif dalam mencapai tujuan Anda.

3. Meditasi (bagi umat Islam shalat dengan khusuk dan bertafakur)

Shalat dengan khusuk


Manfaat utama dari meditasi adalah untuk membantu Anda fokus pada diri sendiri dan untuk mengetahui diri Anda sebenarnya. Meditasi membantu meningkatkan integritas individu ke level yang lebih tinggi.

Meditasi membantu mengurangi tingkat stres dan menghilangkan segala macam kekhawatiran. Dengan keadaan tenang dan pikiran jernih yang diperoleh melalui meditasi, Anda dapat belajar, berpikir, dan merencanakan hal-hal dengan cara yang jauh lebih efektif.

Meditasi secara teratur membantu Anda untuk memiliki kontrol penuh atas diri sendiri. Mewaspadai gangguan dan metode efektif mengendalikan diri adalah hal yang paling penting untuk meningkatkan kecerdasan otak.

4. Olahraga otak

Main catur

Sama seperti Anda harus latihan fisik secara teratur untuk menjaga tubuh tetap bugar, Anda juga perlu melakukan latihan otak untuk tetap dalam kondisi yang baik. Tantanglah otak Anda melakukan hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuan dan membantunya untuk tetap tajam.

Anda dapat berolahraga otak dengan cara, misalnya: bermain sudoku, mengisi teka-teki silang, main halma, dan main puzzle lain. Melalui kegiatan seperti itu Anda juga belajar untuk menanggapi situasi dengan cara yang kreatif, mengembangkan kemampuan untuk melihat sesuatu dari banyak perspektif yang berbeda, dan menjadi jauh lebih produktif.

5. Berolahraga secara teratur

Joging

Tubuh yang sehat memastikan bahwa Anda memiliki otak yang sehat pula. Otak sama halnya dengan otot lain dalam tubuh Anda. Berolahraga secara teratur membuat otak dan tubuh Anda berfungsi seperti yang seharusnya. Ini mengurangi ketegangan dan membantu Anda untuk tidur lebih baik.

Dokter setuju bahwa sirkulasi darah yang lancar ke otak akan meningkatkan fungsi otak. Berbagai penelitian pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa latihan kardiovaskular dapat membuat sel-sel otak baru, dan dengan demikian meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.

6. Belajar bahasa baru

Belajar bahasa baru

Mempelajari bahasa baru bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun pasti memiliki banyak keuntungan, salah satunya akan membuat Anda lebih pintar.

Proses belajar bahasa baru melibatkan tugas-tugas seperti menganalisis struktur gramatikal dan belajar kosa kata baru, yang meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak.

Ini juga telah dibuktikan melalui berbagai percobaan bahwa orang yang memiliki tingkat kecerdasan verbal-linguistik tinggi akan hebat pula dalam membuat perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

7. Menulis

Menulis


Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda terima dari menulis, salah satunya meningkatkan intelegensi.

Menulis, tentu saja akan meningkatkan kemampuan linguistik. Menulis juga membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan lain, seperti lebih fokus, kreatif, dan imajinatif.

Penulis sering dianggap sebagai orang yang memiliki tingkat intelijen yang sangat tinggi. Anda dapat menulis dengan berbagai cara yang berbeda. Misalnya, menulis diary dengan tangan Anda atau membuat blog pribadi. Menulis itu sama seperti mendeskripsikan dengan kata-kata tentang gambar-gambar dan perasaan yang ada di dalam pikiran Anda.

Belajar untuk mengekspresikan diri dengan jelas melalui kalimat adalah cara yang sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan.

8. Berkunjung ke tempat-tempat baru

Berkunjung ke tempat-tempat baru

Berkunjung ke tempat-tempat baru bukan hanya sebagai salah satu cara untuk membunuh kejemuan. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapat lebih dari itu. Berkunjung ke tempat-tempat baru benar-benar dapat meningkatkan kecerdasan Anda.

Kegiatan ini akan melibatkan fisik dan mental yang akan menghilangkan stres. Nah, ketika Anda telah bebas stres, Anda bisa lebih fokus pada tugas-tugas, pengamatan, dan memperdalam pemahaman Anda tentang subjek.

Setiap tempat baru yang Anda kunjungi akan menawarkan hal-hal baru untuk dipelajari. Anda bertemu dengan orang-orang baru, makanan berbeda, budaya, gaya hidup, dan masyarakat berbeda pula. Hal ini akan membuat Anda menemukan ide-ide baru yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

9. Memasak berbagai jenis makanan

Memasak


Banyak dari kita menganggap bahwa kegiatan memasak adalah kegiatan yang membuang-buang waktu dan itu adalah sebuah kegiatan yang betul-betul ingin kita hindari, jika bisa.

Namun, kita seharusnya merasa senang jika memiliki kesempatan untuk memasak. Koki pada umumnya, terutama orang-orang yang memasak berbagai makanan, memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Mereka berkomitmen pada kualitas, tidak takut untuk mencoba hal-hal baru dan memberikan yang perhatian besar terhadap detail-detail makanan.

Setiap kali Anda memasak sesuatu, Anda belajar untuk multitasking, mengukur dengan presisi dan membuat keputusan yang cepat. Dengan semua keterampilan yang Anda perolah ini pasti akan menjadikan Anda lebih cerdas.

10. Berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan olahraga

Kegiatan olahraga


Kegiatan ini tidak hanya melatih otot tetapi juga melakukan hal yang sama pada otak. Berolahraga teratur membuat otak lebih fleksibel dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Pada sisi lain, menonton program olahraga mampu meningkatan fungsi otak.

Keterlibatan dalam olahraga juga meningkatkan daya tanggap, koordinasi, kemampuan, dan keyakinan. Tidak peduli apakah Anda bermain sepak bola, bola basket, atau Volley ball; yang terpenting Anda lakukan itu dengan teratur akan meningkatkan kinerja otak Anda.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.