Friday, January 6, 2017

5 Hal Istimewa yang Kita Alami Ketika Berani Meninggalkan Zona Nyaman

No comments :
 Meninggalkan Zona Nyaman
Anda pasti pernah membaca atau mendengar sebuah kalimat, "Dunia tidak akan bisa diubah oleh orang-orang yang tak pernah mau keluar dari zona nyaman." Tidak masalah siapapun yang mengatakan kalimat itu pada awalnya. Entah itu diucapkan oleh seorang motivator ternama, pengusaha sukses, atau hanya seorang Mr. Nobody. Esensinya terletak pada maksud kalimat yang diucapkan, bukan pada siapa yang mengucapkannya.

Zona nyaman, atau sebagian orang lebih suka mengucapkannya confort zone, adalah tembok tinggi yang harus dihancurkan jika kita ingin melihat dunia yang lebih luas. Perubahan itu baik. Berubah menjadi lebih, itu jauh lebih baik.

Memang, tak ada salahnya kita untuk berhenti sejenak pada sebuah posisi dikarenakan kita merasa nyaman di sana dengan jaminan kebebasan finansial. Namun, jika kita terlalu lama berhenti, percayalah, kita akan menjadi orang yang tidak pernah tahu batas kemampuan kita, menutup kemungkinan untuk merasakan pengalaman-pengalaman baru yang lebih menantang, dan pada akhirnya kita bosan dalam semua kemewahan yang kita miliki. 

Berubah itu membawa resiko, itu pasti. Tapi, resikonya tidak pernah lebih buruk daripada terjebak pada sebuah posisi yang membuat kita stres setiap hari. Itulah kehidupan yang sangat menyedihkan sesungguhnya.

Berikut ini lima hal istimewa yang akan kita alami jika berani meninggalkan zona nyaman. Silakan disimak!

1. Mendorong kita hingga ke batas kemampuan
Mendorong kita hingga ke batas kemampuan

Menghadapi hal-hal baru yang belum dan tidak kita ketahui - apa pun itu- memungkinkan kita untuk menantang diri kita sendiri untuk mencapai hal-hal yang kita pikir mustahil sebelumnya. Kita akan segera beradaptasi, menjadi lebih cepat, dan lebih kreatif, pada saat menyelesaikan semua rintangan yang ada satu persatu. Pada saat itu kita tidak memiliki pilihan lain kecuali harus berhasil, menyerah bukanlah sebuah pilihan. Pada saat yang sama tanpa kita sadari kita menjadi jauh lebih tangguh.

2. Mengharuskan kita untuk terus maju
Mengharuskan kita untuk terus maju

Ketidaknyamanan memaksa kita untuk terus bergerak maju. Kadang-kadang kita bahkan hanya begrerak berbolak balik. Tapi kita merasa perlu terus bergerak, seberapa cepat yang kita mampu. Ketika kita menghadapi sebuah tantangan atau merasa terjebak, kita hanya memiliki dua pilihan: tetap diam atau pindah. Keduanya memiliki risiko yang sama beratnya. Namun jika kita fokus pada masa yang akan datang kita akan memilih pindah, dan itulah yang akan membuat kita tumbuh dan berkembang. Resiko menghadapi ketidaknyamanan jauh lebih kecil daripada berdiam di tempat.


3. Membuat kita semakin tangguh
Membuat kita semakin tangguh

Ketika kita membawa diri keluar dari zona nyaman, kita akan menyuguhkan diri kita sendiri pengalaman yang menyeluruh, mulai dari level tertinggi hingga ke level terendah, atau sebaliknya. Hal ini tampak sangat melelahkan tetapi juga menguntungkan karena kita akan mempersiapkan diri kita dengan lebih baik terhadap semua kemungkinan dan rintangan yang pasti akan kita hadapi. Setiap rintangan yang datang hanyalah sebuah media belajar untuk menjadikan kita lebih kuat, lebih sadar, dan lebih percaya diri.

4. Membuka peluang untuk pengalaman-pengalaman baru
Membuka peluang untuk pengalaman-pengalaman baru

Semua pengalaman baru adalah kesempatan belajar, tidak peduli betapa pahitnya mereka terasa pada awalnya. Kami akan bertemu dengan orang-orang baru atau mempelajari keterampilan baru, yang pada akhirnya akan membantu kita menjadi lebih siap untuk mengatasi rintangan di masa depan. Kita menjadi lebih bijaksana, dan dengan kebijaksanaan itu akan datang kekuatan untuk membuat keputusan yang akan membawa kita lebih dekat untuk mencapai tujuan.

5. Membantu kita menemukan arah dan tujuan
Membantu kita menemukan arah dan tujuan

Semakin kita mengekspos diri pada ketidaknyamanan, maka semakin banyak arah dan tujuan yang kita miliki. Pada awalnya kita akan membuat pilihan terhadap hal yang paling kecil resikonya agar kita memiliki kesempatan untuk mencari tahu apa yang betul-betul kita inginkan dalam hidup. Tidak jadi masalah, itupun baik. Kita bisa memilih arah yang kita inginkan berdasarkan situasi-situasi yang mungkin membuat kita tidak nyaman pada awalnya, namun menjadi pengalaman yang tak terlupakan pada akhirnya.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test