Breaking News
recent

Fakta-Fakta Tentang Fidel Castro, Pemimpin Legendaris Musuh Bebuyutan Amerika

Fidel Castro

Pada Jumat malam, tanggal 25 November 2016, dunia dibuat geger oleh sebuah berita yang mengabarkan tentang kematian seorang pemimpin besar yang sangat berpengaruh, tidak hanya di negaranya sendiri tetapi seluruh dunia. Sosok yang dicintai kawan dan dihormati lawan, Fidel Castro, meninggal dalam usia 90 tahun.

Pemimpin sebuah negara kecil yang terletak di bagian selatan negara bagian Florida-Amerika, namun secara konsisten menantang negara adikuasa tersebut. Kecil bukan berarti lemah. Terbukti beberapa kali pemimpin negara yang bergelar Paman Sam tersebut dibuat pusing menghadapi sepak terjang Fidel Castro.

Beberapa kali siasat diatur oleh badan intelegensi untuk melenyapkan Fidel Castro, namun selalu saja gagal. Bahkan Castro mampu bertahan lebih lama daripada masa jabatan yang dipegang oleh 9 presiden dari negara yang dipimpin oleh Barack Obama tersebut. Mulai dari masa jabatan Presiden Eisenhower hingga Bill Clinton.

Jika kita rajin membaca buku-buku sejarah dan mendengarkan berita maka kita pasti menyadari bahwa banyak sekali hal positif yang bisa kita ambil dari sosok Fidel Castro, baik sebagai diri pribadi maupun sebagai seorang warga negara, Apalagi sebagai seorang pemimpin. Memang, tak semua perilaku dan sikap Castro itu baik, banyak juga hal yang tidak pantas untuk kita tiru. Disini kita harus pandai-pandai memilih bagian mana yang harus ditiru.


Meskipun hampir seluruh rakyat Cuba sangat mencintai Castro tapi tahukah Anda bahwa tapi tak ada satupun jalan, bangunan, lembaga, atau daerah, yang dinamai Castro? Juga, tahukah Anda bahwa teman akrab Pak Ir. Soekarno ini sangat benci dengan permaian monopoli?

Itu adalah 2 fakta unik tentang Fidel Castro yang seharusnya kita tahu. Masih banyak fakta yang akan paparkan di sini. Anda hanya perlu membacanya sampai selesai.

Ini dia 18 fakta tentang Fidel Castro, si pemimpin besar musuh bebuyutan Amerika tersebut.


1. Fidel Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan menjadi kepala negara terlama ketiga di dunia setelah Ratu Inggris Elizabeth dan Raja Thailand.

2. Fidel Castro melarang The Beatles dan band-band lain di Kuba pada tahun 1964. Namun, dia berubah pikiran dua tahun kemudian.

The Beatles
The Beatles
3. Meskipun telah beberapa kali diadakan rencana pembunuhan, invasi, dan mengalami sanksi ekonomi selama lima dekade, Fidel Castro mampu bertahan bahkan lebih lama daripada sembilan presiden Amerika, mulai dari Eisenhower hingga Clinton.

4. CIA memiliki banyak rencana telah dijalankan untuk membunuh Fidel Castro. Salah satunya ialah dengan menggunakan bahan kimia obat penghilang rambut hingga menyebabkan jenggot Fidel Castro rontok.

5. Fidel Castro memegang rekor untuk pidato terpanjang yang pernah disampaikan ke PBB: 4 jam dan 29 menit, pada 26 September, 1960.

6. Fidel Castro lahir pada hari Jumat tanggal 13 (seperti judul film thriller "Friday the 13th").

7. Pada tahun 1940, Fidel Castro yang masih berumur 12 tahun menulis surat kepada Presiden Amerika, F. Roosevelt, untuk meminta uang kertas $ 10 karena dia belum pernah melihatnya.


8. Operasi CIA untuk menyerbu Kuba dan membunuh Castro dinamai "Operation Castration." (Operasi Pengebirian)

9.
Fidel Castro mengatakan bahwa ia menyelamatkan sepuluh hari kerja setiap tahun karena tidak melakukan kegiatan bercukur.

10. Pada tahun 2007, CIA merilis dokumen yang mengungkapkan kerjasama badan tersebut dengan mafia Italia dalam upaya untuk membunuh Fidel Castro pada tahun 1960, namun gagal.

11. Ada satu tukang daging halal (menurut penganut Yahudi) di Kuba. Fidel Castro secara pribadi mengizinkannya untuk tinggal dan melayani 1500 orang penganut Yudaisme di sana.

12. Tiga orang anak Fidel Castro dinamai seperti nama Alexander The Great: Alexis, Alejandro, dan Alexander.

13. Ketika Fidel Castro merebut kekuasaan di Kuba, ia segera memerintahkan semua peralatan permainan monopoli untuk dimusnahkan.

15. Fidel Castro memilih untuk tidak dikultuskan, oleh karena itu di Kuba tidak ada jalan, bangunan, lembaga, atau daerah, yang akan dinamai Fidel Castro.

16. Fidel Castro bertanggung jawab secara pribadi atas penganiayaan yang diderita oleh kaum homoseksual di Kuba.

14. Nelson Mandela turut menulis sebuah buku dengan Fidel Castro, yang berjudul "How Far We Slaves Have Come!"

Nelson Mandela dan Fidel Castro
Nelson Mandela dan Fidel Castro
Baca artikel menarik lainnya:


17. Ayah Fidel Castro bergabung dengan angkatan darat Spanyol pada akhir abad ke-19 untuk melawan kemerdekaan Kuba.

18. Fidel Castro menjadikan Kuba sebagai negara komunis pertama di belahan dunia barat.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.