Saturday, December 24, 2016

5 Tips Ilmiah Untuk Menjalani Pagi dengan Lebih Bahagia

No comments :

Tidak semua dari kita terbiasa bangun subuh-subuh. Padahal itu sangat baik untuk kesehatan dan cara paling efektif mendapatkan mood yang baik untuk satu hari. Bagi seorang muslim hal ini bahkan hukumnya wajib, tak ada alasan. Anda harus shalat subuh, jangan kesiangan!

Namun, kebanyakan dari kita malah lebih senang menarik kembali selimut dan membetulkan letak bantal ketika terbangun dikala subuh. Lalu, tidur kembali untuk beberapa saat lagi. Tiba-tiba saja kita sudah kesiangan.

Menurut penelitian ilmiah, cara kita terbangun di pagi hari akan membentuk mood kita dalam melewati satu hari itu. Jika Anda terbangun dan merasa stress, letih, dan terburu-buru, kemungkinan besar Anda akan merasa seperti itu dalam satu hari, setidaknya untuk beberapa jam ke depan.

Tentu saja hal seperti ini sangat tidak kita inginkan. Kita ingin terbangun di pagi hari dengan rasa optimis, bahagia, dan percaya diri. Tapi, bagaimanakah cara kita mengubah kebiasaan buruk dipagi hari itu? 


Tentu saja niat adalah hal yang paling utama untuk memulai sebuah perubahan. Tidurlah lebih cepat daripada biasanya untuk mendapatkan tidur yang lebih baik dan durasi yang cukup. Lalu, ketika matahari muncul, kita sudah siap untuk menyambutnya dengan tersenyum.

Berikut adalah 5 cara ilmiah yang telah terbukti membuat Anda lebih bahagia menjalani pagi Anda.

1. Jangan menyetel alarm dengan bunyi yang membuat stress


Apakah Anda terbangun setiap pagi karena suara alarm yang meningkatkan kortisol Anda?
Meskipun cara itu sangat efektif, namun hal itu bukanlah cara terbaik. Peneliti Jepang telah meneliti korelasi antara serangan jantung dengan bunyi alarm jam.  Keduanya memiliki hubungan yang sangat signifikan.

Ada baiknya Anda ganti alarm pagi yang meningkatkan stress dan kecemasan Anda itu dengan men-set lagu favorit di HP Anda. Level suaranyapun tak perlu terlalu besar, karena hal itu akan memmbuat Anda langsung tersentak dan terjaga. Alarm itu kita set bukan untuk membuat kita langsung terjaga secara tiba-tiba melainkan untuk mengundang kita memulai hari.

Mendengarkan lagu favorit pada saat bangun pagi tidak hanya memenuhi otak kita dengan pikiran positif, tetapi juga dapat membantu menurunkan tingkat stress dan kecemasan.

2. Fokus pada diri sendiri


Salah satu penyebab stress terbesar di pagi hari adalah mencoba menyelesaikan semua tugas rumah dengan tergesa-gesa agar bisa berangkat kerja tepat waktu.

Bangunlah lebih awal dan investasikan waktu itu untuk membantu diri kita merasa tenang dan lebih fokus. Entah itu dengan cara beribadah, mengaji, berolahraga, atau menulis jurnal. Semua itu akan meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

3. Selalu bersyukur

Rasa syukur adalah salah satu cara terbaik untuk mengubah sikap kita menjadi lebih baik. Setiap pagi kita terbangun, lalu bersiap-siap pergi ke kantor, dan menghabiskan waktu siang kita di sana. 


Untuk mendapatkan mood yang baik, pada saat memikirkan semua itu tulislah lima hal yang paling kita senangi ditempat kerja. Misalnya, Anda senang sekali ketika melihat awan dari meja kerja Anda yang berada tepat di depan jendela kantor. Anda juga senang suasana jam istirahat siang yang Anda habiskan dengan teman-teman kerja.

Berlatih untuk mensyukuri itu semua akan memberikan banyak manfaat, salah satunya ialah hal itu akan memenuhi emosi positif pada otak.

4. Jauhkan semua gadget dan perangkat elektronik

Hal ini seperti telah menjadi kebiasaan kita, hal pertama yang kita lakukan adalah menghidupkan HP untuk memeriksa email, SMS, atau update status di media sosial. Atau, kadang-kadang kita lebih suka menghidupkan televisi untuk mengetahui berita terbaru. Faktanya, tak satu pun dari semua itu bisa meningkatkan rasa sukacita untuk pagi kita. Malahan hanya menciptakan stres instan.
Sedapat mungkin kita harus mengabaikan semua itu selama yang kita bisa.

Luangkanlah waktu setelah bangun hanya untuk memikirkan, meresapi, dan menikmati diri kita sendiri.

5. Dan, bergeraklah!



Berjalan atau lari pagi untuk memulai hari memiliki manfaat ganda. Pertama, badan menjadi lebih sehat, dan kedua, pada saat itu otak akan melepaskan endorfin untuk membuat perasaan senang secara instan. Sebaiknya lakukan di luar ruangan. Karena, menurut penelitian Biophilia tentang hubungan emosional kita dengan alam menunjukkan bahwa melakukan kegiatan di luar rumah setelah bangun pagi, meskipun hanya untuk beberapa menit, dapat mengurangi kortisol dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test