Breaking News
recent

17 Tempat Wisata Tertinggi di Dunia Bagi Anda Pecinta Ketinggian


Jika Anda seorang traveler berpengalaman, Anda mungkin telah mengunjungi beberapa situs tertinggi, ekstrem, dan bahkan teraneh di seluruh dunia. Namun, jika Anda adalah seorang baru mulai menulis bucket list tentang tempat untuk Anda kunjungi, Anda mungkin ingin mencatat satu, dua, atau bahkan sepuluh tempat yang indah.

Untuk dapat merasakan pengalaman tersebut Anda harus bepergian ke Pakistan, China, Nepal, Norwegia, Amerika, Bolivia, Kirgistan, hingga Peru. Atau Anda cukup pergi ke satu tempat saja, melakukan perjalanan ke Hawaii, untuk melihat gunung tertinggi di Bumi.

Ada beberapa sensasi tak terbantahkan ketika Anda berada di ketinggian ekstrem. Anda mungkin akan mengalami sedikit mabuk ketinggian dikarenakan tempat yang Anda kunjungi memang benar-benar tinggi. Atau malah tempat yang Anda kunjungi tersebut berada jauh lebih dalam menuju ke pusat Bumi.

Di dalam daftar ini ada juga bangunan pencakar langit buatan manusia, untuk memuaskan keinginan Anda dalam mengalami sensasi terhadap ketinggian.

Harus selalu kami ingatkan kepada Anda untuk selalu waspada terhadap ketidaknyamanan karena kekurangan oksigen atau iklim dingin yang super ekstrem. Bersiap-siaplah untuk mendaki, berenang, berkendara, dan berjalan kaki untuk mencapai ketinggian yang Anda inginkan. Pengalaman hidup berharga yang selalu bisa Anda ceritakan kepada banyak orang.

17. Death Road – Paraguay


Death Road dibangun oleh para tahanan perang Paraguay pada tahun 30-an. Jalan ini adalah salah satu jalan paling berbahaya di dunia, dan memiliki banyak nama, ada yang menyebutnya Yungas Road, Road of Fate, atau Death Road. Membentang sepanjang 56 km dari La Paz ke Coroico di Bolivia.

Hati-hati! Jalan ini telah menewaskan 18 pengendara sepeda sejak tahun 1998, dan mengambil nyawa 200 hingga 300 wisatawan setiap tahun. Bahaya utama yang pasti Anda alami pada jalan satu jalur ini adalah hujan dan kabut, reruntuhan batu, dan kehabisan perbekalan air.

16. Menara Kembar Petronas - Kuala Lumpur


Salah satu bangunan ikonik dunia yang menjadi daya tarik utama kota Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas merupakan bangunan tertinggi di dunia hingga tahun 2004, sebelum dibangun Taipei 101.  Berdiri setinggi 452 meter, si kembar harus ditumpuk untuk melampaui Burj Khalifa di Dubai. 


Menara Kembar ini siap menerima pengunjung setiap hari dari Selasa sampai Minggu; buka jam 9 pagi sampai 9 malam. Anda dapat melihat Skybridge (jembatan berlantai dua tertinggi di dunia) yang menghubungkan si kembar, dek observasi, dan toko suvenir.

15. Karakoram Highway – China-Pakistan


Dibangun antara tahun 1959 hingga 1979. Sekitar 810 pekerja Pakistan dan 200 pekerja Cina kehilangan nyawa di sana. Salah satu jalan internasional beraspal tertinggi di dunia, jalan raya yang berada di ketinggian 4.693 meter dan membentang sepanjang 1.300 km dari kota Kashgar Cina ke Abbottabad Pakistan. Ketinggian maksimum 4.695 meter.

Karakoram Highway adalah salah satu jalan yang paling menarik wisatawan. Meskipun tidak selalu terbuka untuk wisatawan asing, namun sekarang visa sederhana akan mengizinkan Anda menempuh jalan di pegunungan Pakistan ini.

Bus yang melakukan perjalanan di sini biasanya dihiasi dengan jumbai warna-warni cerah dan detail aneh. Tapi, tentu saja Anda tidak ingin naik bus bukan? Hiking dan climbing kelihatannya lebih menantang.

14. Burj Khalifa – Dubai


Bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa berdiri kokoh setinggi 829.8 meter.  Dibangun dengan biaya US$ 1.5 milyar dan dirancang oleh Adrian Smith.

Nama Burj Khalifa dimaksudkan untuk menghormati Khalifa bin Zayed Al Nahyan, penguasa Abu Dhabi dan Presiden Uni Emirat Arab karena ia meminjamkan uang untuk membayar pinjaman Dubai untuk proyek-proyek konstruksi seperti Burj Dubai (nama asli bangunan Burj Khalifa).

Terdiri dari 160 lantai, 57 head-spinning lift dengan kecepatan 10 meter perdetik, 8 eskalator, dan beberapa dek observasi yang dirancang untuk wisatawan mengunjungi menara. Di dalamnya terdapat perusahaan, rumah hunian, dan Armani suites hotel and residences.

13. Kolam Ojos del Salado – Chile-Argentina


Ojos del Salado adalah gunung tertinggi di Amerika Selatan. Di atas gunung ini terdapat danau tertinggi di dunia dengan nama resmi Ojos del Salado Pool. Terletak di ketinggian 6.400 meter di atas permukaan laut. Diameter luas danau selalu bervariasi mulai dari  35 meter hingga 100 meter. Hal ini dikarenakan pembekuan salju. Danau ini memiliki perairan pirus paling indah.

Gunung Ojos del Salado terletak di perbatasan Chili-Argentina, dan itu sebenarnya gunung berapi aktif tertinggi di dunia.

12. Air Terjun Angel Falls – Venezuela


Air terjun adalah pemandangan yang selalu memukau untuk dilihat, dan Angel Falls merupakan puncak dari keindahan air terjun. Juga dikenal sebagai Kerepakupai Meru (air terjun dari tempat terdalam) dan Parakup√° Vena (jatuh dari titik tertinggi).

Air terjun yang terletak di Venezuela Canaima National Park ini memiliki ketinggian 979 m. Nama Angel diberikan karena dulu seorang penerbang AS, Jimmie Angel, mencoba untuk mendaratkan pesawatnya yang mengalami malfunction di permukaan datar di puncak gunung di dekat air terjun tersebut.

Untuk mencapai Angel Falls memang tidak mudah, karena membutuhkan perjalanan sungai. Celakanya air sungai hanya cukup dalam untuk dijadikan tempat transportasi selama periode antara Juni dan Desember. Namun, pada saat itu juga merupakan periode terbaik untuk melihat air terjun Angel Falls.

11. Jembatan Millau – Prancis


Millau Viaduct adalah jembatan tertinggi di dunia. Setinggi 343 meter. Dibuka pada tahun 2004, bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Millau merupakan jembatan lalu lintas kenderaan tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter; sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m lebih pendek dari Gedung Empire State.


Desain jembatan memungkinkan untuk menikamti lembah hijau yang sangat indah, namun jika awan tidak terlalu rendah. Pada area Aveyron, Anda dapat beristirahat sambil menikmati Gastronomi lokal atau mengunjungi pusat informasi turis.

Takut ketinggian? Sewalah kano atau berjalan-jalan di bawah jembatan yang juga bisa menikmati pemandangan yang tak kalah indahnya.

10. Gunung Mauna Kea – Hawaii


Mauna Kea ialah gunung berapi tidak aktif di Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat. Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 4205 meter. Merupakan gunung berapi tertinggi di dunia jika diukur dari dasarnya, karena dasarnya terletak sekitar 5800 meter di bawah permukaan Samudra Pasifik sehingga total ketinggiannya mencapai 10 kilometer. Dalam bahasa Hawaii, Mauna Kea berarti Gunung Putih karena puncaknya yang tertutup salju.

Mauna Kea telah berusia lebih dari 1 juta tahun. Letusan terakhirnya terjadi sekitar 4500 tahun yang lalu.
Mauna Kea adalah sebutan yang lebih pendek dari nama aslinya Mauna a Wakea yang secara kasar bisa diterjemahkan sebagai "gunung yang dimiliki langit".

9. Kingdom Tower – Jeddah, Saudi Arabia


Pada saat ini Kindom Tower atau sering juga disebut dengan Jeddah Tower adalah sebuah proyek yang masih belum selesai. Jika telah rampung ketinggiannya diperkirakan setinggi 1008 meter,  172 meter lebih tinggi dari Burj Khalifa.
Pembangunnya diperkirakan akan menelan biaya US $ 1.2 miliar, dan diharapkan akan selesai pada tahun 2020.
Sama seperti Burj Khalifa, Kingdom Tower juga dirancang oleh Adrian Smith. Pada awalnya tinggi menara ini direncanakan 1.6 km (1 mil), tapi geologi tempat pembangunan gedung dianggap tidak cocok. Menara ini diharapkan menjadi gedung tertinggi di dunia dengan observatorium yang juga tertinggi di dunia.

8. La Rinconada – Peru


La Rinconada adalah kota yang terletak di Distrik Ananea, Provinsi San Antonio de Putina, Peru. Kota ini berada di dekat tambang emas. La Rinconada dianggap sebagai kota tertinggi di dunia, 5.100 m di atas permukaan laut.

Dari tahun 2001 hingga 2009, kota ini mengalami pertumbuhan penduduk sebesar 235% menjadi sekitar 30.000 jiwa. Namun sayangnya kota ini tidak memiliki pemanas, pipa, atau sanitasi, dan kontaminasi merkuri adalah salah satu bahaya pertambangan yang sangat mengganggu penduduk tempatan.

7. Mount Everest – Nepal


Gunung Everest atau Sagarmatha (Kepala langit), adalah gunung tertinggi di bumi, 8.848 m. Dianggap sebagai gunung yang paling menantang bagi pendaki karena cuacanya yang membekukan tulang, ketinggiannya yang menyebabkan mabuk, dan berbagai bahaya gunung lain seperti longsoran.

Edmund Hillary dan Tenzing Norgay adalah manusia pertama yang mencapai puncak gunung Everest pada tahun 1953

Faktanya banyak orang yang ingin mencapai puncak Everest. Hal ini menyebabkan banyak sisa makanan, kotoran manusia, botol, plastik yang mencemari gunung, serta lingkungan sekitar yang menjadikannya gunung terkotor. Gunung Everest juga adalah tempat tinggal laba-laba hitam beracun yang sangat mematikan.

6. Geiranger Fjord – Norway


Geiranger Fjord merupakan objek wisata magnetik di Norwegia. Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. Fjord memiliki banyak lokasi yang indah, air terjun, dan tempat bertualang yang terbentang seluas 15 km. Fjord dapat diakses dengan feri. Begitu Anda melangkah turun  Anda akan langsung menadapatkan pemandangan hijau, dan lansekap lain yang mengagumkan

Desa kecil Geiranger menawarkan beberapa tempat untuk Anda tinggal. Dari sana Anda bisa melakukan hiking dan memancing. Tapi berkendara juga bisa menjadi hal yang paling menarik yang dapat Anda lakukan, karena jalannya yang zig zag dan melalui bukit-bukit hijau dari Geirangerfjord.

Ada beberapa cara untuk sampai ke sana, diantaranna menumpang bus dari Oslo, kereta api dari Andalsnes, dan naik perahu penumpang dari Bergen.

5. Voronya Cave – Abkhazia


Gua Krubera atau Gua Voronya merupakan gua terdalam di bumi. Gua Voronya dalama bahasa Rusai berarti Gua Gagak. Nama itu diberikan karena tahun 1980 sejumlah gagak bersarang di pintu masuk gua. Gua Krubera berada di Massif Arabika dari wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia-Georgia. Kedalaman gua Krubera jika diukur dari pintu masuk mencapai 2,191 meter atau 7,188 kaki.

Gua ini diberi nama Krubera setelah ahli gua Alexander Kruber menerima gelar sebagai geografis Rusia.

Gua ini selalu dieksplorasi oleh para penjelajah gua, untuk mengetahui kondisi gua, sistem air bawah tanah, pengembangan geologi, dan iklim kuno yang ada di bumi.

4. Peak Victory – Kyrgyzstan


Peak Victory Alias Puncak Pobedy atau Jengish Chokusu di Kyrgyzstan adalah salah satu dari lima puncak tertinggi di negara bekas Uni Soviet, Kyrgyzstan. Tiga puncak tertinggi lainnya juga terletak di negara ini. Berdiri 7.439 m, tertutup salju dan lapisan es tebal yang membuatnya bertambah tinggi 15 m. Terletak 6.995 m di atas permukaan laut.

Terbentang di perbatasan dengan China, Jengish Chokusu adalah bagian tertinggi dari Tien Shan. Gunung ini adalah puncak tertinggi kedua di Unisoviet setelah Peak Communism di Tajikistan. Dulunya puncak ini juga diberi nama Khan Tengri oleh penduduk setempat dan disebut Tomur di Cina.

Gunung ini memiliki beberapa puncak, dan berbatasan dengan gletser Zvezdochka. Pertama kali didaki oleh tim Uni Soviet pada tahun 1938 dan kemudian pada tahun 1943, ketika pemerintah mengirim tim pendaki untuk merayakan kemenangan di Stalingrad.

3. Glen Canyon – Utah, USA


Salah satu tempat yang pasti masuk dalam list kunjungan para wisatawan adalah Grand Canyon. Tetapi ada beberapa ngarai lain yang juga pantas untuk dilihat di seluruh dunia. Glen Canyon salah satunya, yang kebetulan terletak di Utah. Diberi nama Glen Canyon pada tahun 1879, sayangnya ngarai ini ekosistemnya telah rusak oleh pembangunan bendungan pada tahun 1963. Tapi, untunglah sekarang ada Taman Rekreasi Nasional Glen Canyon yang menawarkan kegiatan kepada wisatawan seperti hiking, berenang, berperahu, dan memancing di tengah-tengah pemandangan spektakuler.

Membentang di sepanjang jalan ke Arizona, area rekreasi ini juga menawarkan danau buatan manusia terbesar kedua, Lake Powell, di Amerika.

2. Elba Italian Restaurant – China


Elba Italian Restaurant di China (423 meter) adalah restoran tertinggi kedua di dunia setelah Restoran  ‘At.mosphere’ di Burj Khalifa (441 meter).

Gaya penyajian di restoran ini adalah √† la carte (berdasarkan menu). Sedangkan aturan berpakaiannya adalah smart casual.  Jadi tidak dibenarkan memakai sandal jepit, kaos tanpa lengan, atau celana pendek. Jadi, pengunjung harus sedikit harus berdandan agar sesuai dengan aturan restoran.

Jika Anda ingin menikmati makanan dengan rasa lokal, di sana ada Bebek Peking pizza bersama dengan beberapa produk lokal lainnya.

1. Hyperion – California, USA


Jika Anda suka memanjat pohon pada saat masih kanak-kanak dulu maka saat ini Anda mungkin tertantang untuk memanjat pohon tertinggi di dunia Hyperion, 115 meter atau pohon Stratosphere Giant 112 meter.


Tumbuh di suatu tempat di California Redwood National Park, Hyperion telah berusia 600 tahun dan masih terus berkembang, sama seperti manusia yang baru berumur 20 tahunan.

Hyperion ditemukan tepat sepuluh tahun yang lalu oleh dua naturalis, Chris Atkins dan Michael Taylor. Mereka menggunakan peralatan laser untuk mengukur ketinggian pohon raksasa ini.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.