Friday, September 16, 2016

Manfaat Nanas bagi Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

No comments :

Anda pasti pernah mendengar teka-teki ini ketika Anda masih kecil, saat masih duduk di bangku SD. Dan, penulis yakin bahwa semua orang Indonesia pernah mendengar teka-teki ini juga, "bersisik bukanlah ikan bermahkota bukan raja. Buah apakah itu?" Apakah Anda tahu jawabannya.

Yeps, jawabannya tak lain tak bukan adalah nanas. Buah yang sangat manis dan lezat untuk disantap langsung atau enak juga untuk dibuat berbagai penganan. Buah yang dipercaya sering digunakan oleh remaja putri untuk menggugurkan kandungan yang tak diinginkan. Entah ini mitos atau fakta, penulis kurang yakin. Hal yang pasti adalah nanas rasanya sangat enak dan manis.

Nanas berasal dari Amerika Tengah, dan sekarang telah tumbuh di seluruh dunia yang beriklim tropis. Dari Asia Timur, Afrika, hingga ke Hawaii.

Rasa nanas sangat manis, hampir semanis tart, dengan aroma harum yang unik. Namun, nanas yang masih mudah biasanya daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang sangat asam atau pahit.  


Nanas pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh Columbus ketika ia menemukan dunia baru, Amerika. Orang Eropa menyebut rasanya sangat menakjubkan, begitu juga dengan penampilan buahnya. Setelah itu, nanas dengan cepat menjadi kelezatan yang mahal dan eksotis.

Nanas berisi bromelain, enzim yang dapat memecah daging. Oleh karena itu, nanas sering direkomendasikan untuk dikonsumsi pada orang yang memiliki gangguan perut dan juga membantu pencernaan mereka. Bromelain dalam yang terdapat dalam nanas juga serign digunakan untuk melunakkan daging, yang sangat baik untuk bumbu masakan.


Manfaat kesehatan dari nanas:

1. Meningkatkan fungsi kekebalan

2. Perlindungan terhadap Penyakit Jantung

3. Perlindungan terhadap osteoporosis

4. Perlindungan antioksidan

5. Mencegah epilepsi dan kejang-kejang

6. Mencegah alopecia (kerontokan rambut dan kebotakan)


* Beberapa manfaat kesehatan di atas berdasarkan kandungan nutrisi yang sangat terkonsentrasi yang ada pada nanas, dan mungkin saja tidak berhubungan langsung dengan buah nanas.

Baca juga artikel menarik lainnya:


Cara memilih Nanas: 

Coba tarik salah satu daun yang terdapat pada mahkota nanas, jika tanggal dengan mudah berarti nanas sudah matang.
Carilah nanas dengan kulit yang berwarna kuning cerah. pencetlah bagian buahnya, jika terasa sedikit lembut itu berarti nanas sudah sangat matang. Kupaslah nenas dengan sangat hati-hati. Pastikan semua matanya (kutil yang berwarna hitam) dibuang  sebelum Anda memakannya.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test