Friday, September 9, 2016

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

No comments :


Jambu biji (Myrtaceae) adalah buah bulat dengan kulit luar yang tipis bergelombang. Sedangkan bagian dalamnya lebih empuk dan terdapat banyak biji yang cukup keras untuk digigit.

Pada umumnya masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan buah-buahan manis satu ini. Kita bisa menemukan pohon jambu ini dengan mudah tumbuh hampir disemua pekarangan rumah. Kadang-kadang kita memanjat pohonnya pada saat kita sedang bermain bersama teman-teman.

Ketika kita masih berumur dibawa remaja kita sering memakan buah jambu biji dalam keadaan mentah.
Namun, setelah kita beranjak remaja kita lebih sering memakan buah ini dalam keadaan sudah di jus. Harga juga sering menjumpai jus jambu ini yang sudah dikemas dalam kemasan kotak dan dijual banyak minimarket dengan berbagai merk


Jambu biji berasal dari wilayah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Saat ini sudah banyak dibudidayakan di iklim tropis di seluruh dunia. Jambu biji adalah tanaman yang butuh panas sinar matahari yang banyak, namun ia tetap dapat tumbuh di dalam rumah hijau di iklim dingin.

Jambu biji memiliki rasa manis dan beraroma harum dengan tekstur lembek.

Jumlah kandungan vitamin C dalam jambu biji bervariasi menurut jenis. Khusus jambu biji strawbery (strawberry guava) mengandung vitamin C kurang dari seperempat dari yang ditemukan dalam jambu biji pada umumnya.

Sahabat Populer, di bawah ini kami telah membuat daftar yang berisi 17 manfaat jambu biji bagi kesehatan dan kekebalan tubuh. Kami berharap setelah membaca ini Sahabat akan semakin tertarik untuk mengonsumsi jambu biji, baik dalam keadaan mentah ataupun yang dibuat jus.



Manfaat kesehatan dari jambu biji:

1. Meningkatkan perlindungan dari bakteri dan infeksi virus

2. Meningkatkan fungsi kekebalan

3. Mengurangi risiko kanker

4. Perlindungan terhadap Penyakit Jantung

5. Memperlambat penuaan

6. Memperbaiki DNA dan Perlindungan

7. Mengurangi penyakit kardiovaskular

8. Mengurangi hipertensi (tekanan darah tinggi)

9. Perlindungan terhadap alzheimer (pikun)

10. Perlindungan terhadap osteoporosis

11. Mencegah Stroke

12. Mengurangi risiko diabetes tipe II

13. Mengurangi frekuensi migrain sakit kepala

14. Mengurangi Premenstrual Syndrome (PMS)

15. Perlindungan antioksidan

16. Mencegah epilepsi dan kejang-kejang

17. Mencegah alopecia (kerontokan rambut dan kebotakan)
 

Cara memilih Jambu: 

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih jambu biji adalah bau. Carilah jambu yang berbau manis dan itu menjadi indikator bahwa jambu tersebut terasa enak. Beberapa perubahan warna pada kulit jambu kadang-kadang bukanlah masalah yang besar. Namun, hindarilah buah yang sudah rusak atau membusuk.

Untuk memastikan bahwa buah jambu biji sudah masak maka kita perlu sedikit menekannya. Jika terasa sedikit empuk maka itu adalah indikator bahwa jambu sudah masak.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test