Breaking News
recent

Makna Kata Kafir, Musyrik, Fasik, Murtad, dan Munafik; Disertai Contoh


Di dalam Al-Qur'an Allah menggunakan banyak jenis kata untuk menyebut orang-orang Ingkar. Kadang-kadang Allah menggunakan kata kafir, dilain waktu Allah menggunakan kata musyrik, murtad, fasik, dan munafik.

Begitu juga halnya dengan kita. Di dalam doa yang kita ucapkan kita juga sering menggunakan kata-kata ini. Kita memohon kepada Allah untuk dijauhkan dari sifat munafik, fasik, dan musyrik. Kita juga sangat takut menjadi orang yang murtad dan kafir.

Intinya, kita sudah sangat sering mendengar dan bahkan mengucapkan kata-kata ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun pertanyaannya, apakah kita memang sudah benar-benar paham dengan kata yang kita ucapkan dan kita dengarkan itu? Sehingga kita menggunakannya dengan tepat di dalam kalimat doa yang kita mohonkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Kami berharap Sahabat semua sudah memahami makna kelima kata yang bermana buruk di atas dengan sangat jelas. Sungguh, sangat janggal rasanya jika kita memohon sesuatu yang kita sendiri tidak tahu apa yang kita minta.


Jika memang ada diantara Sahabat yang belum tahu makna sesungguhnya dari kelima kata di atas, berikut ini Bacaan Populer telah membuat makna yang dikandung dari kata tersebut lengkap dengan contohnya.

Kami berusaha sesederhana mungkin menjelaskan kata ini agar mudah untuk dipahami. Kami tidak begitu banyak menggunakan sumber dari bahasa Arab. Hal itu memang kami hindari untuk memudahkan pembaca memahami maksud dari kata yang dijelaskan. Namun, yakinlah bahwa makna yang kami berikan di bawah ini tidak jauh berbeda dari makna kata tersebut dari bahasa awalnya. Silahkan dibaca dan dipahami sampai selesai.

1. FASIK

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Fasik adalah 1 tidak peduli terhadap perintah Tuhan (berarti: buruk kelakukan, jahat, berdosa besar); 2 orang yang percaya kepada Allah Swt., tetapi tidak mengamalkan perintah-Nya, bahkan melakukan perbuatan dosa.

Menurut Islam
Fasik adalah orang yang keluar dari ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya.

Contoh

Fasik besar = Kafir
Dan adapun orang-orang yang fasik (kafir) maka tempat mereka adalah jahannam. Setiap kali mereka hendak keluar daripadanya, mereka dikembalikan ke dalamnya dan dikatakan kepada mereka: “Rasakanlah siksa neraka yang dahulu kamu mendustakannya.” (QS. As-Sajdah: 20)

Fasik kecil = Pelaku dosa besar
“… tetapi Allah menjadikan kamu “cinta” kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kemaksiatan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.” (QS. Al-Hujurat: 7)

Pada ayat ini kita melihat bahwa Allah membedakan antara kekafiran, kefasikan, dan kemaksiatan menjadi bertingkat-tingkat. Dia tetap muslim tapi telah berbuat dosa besar sehingga dia pantas disebut fasik.


2. MUSYRIK

Menurut KBBI
Musyrik adalah 1 orang yang menyekutukan (menyerikatkan Allah); 2 orang yang memuja berhala.

Menurut Islam
Musyrik adalah perbuatan menyekutukan Allah dengan apa pun selain Allah.

Musyrik = Orang yang berbuat syirik
Syirik = Perlakuan orang yang menyekutukan Allah

Contoh
Syirik nyata: menyembah berhala
Syirik tak nyata : riya, mengharap pujian


3. MUNAFIK

Menurut KBBI
Munafik adalah berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak; suka (selalu) mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya; bermuka dua.

Menurut Islam
Munafik adalah orang yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, namun sebenarnya hati mereka memungkirinya.

Contoh
Orang yang bermuka dua; lain dimulut lain di hati; lain cerita di depan, lain pula cerita di belakang.

Ciri-ciri orang munafik
1. Bila berkata dia bohong
2. Bila berjanji dia ingkar
3. Bila dipercaya dia khianat 


4. MURTAD

Menurut KBBI
Murtad adalah berbalik belakang; berbalik kafir; membuang iman; berganti menjadi ingkar.

Menurut Islam
Murtad adalah sikap mengganti atau meninggalkan suatu agama yang dilakukan oleh seseorang, sehingga ia menjadi ingkar terhadap agama yang diyakini sebelumnya.

Contoh
Orang yang pertamanya beragama islam lalu berganti memeluk agama lain selain islam. 


5. KAFIR

Menurut KKBI
Orang kafir adalah orang yang tidak percaya kepada Allah dan rasul-Nya.

Kafir harbi adalah orang kafir yang mengganggu dan mengacau keselamatan Islam sehingga wajib diperangi.
Kafir muahid adalah orang kafir yang telah mengadakan perjanjian dengan umat Islam bahwa mereka tidak akan menyerang atau bermusuhan dengan umat Islam selama perjanjian berlaku.
Kafir zimi adalah orang kafir yang tunduk kepada pemerintahan Islam dengan kewajiban membayar pajak bagi yang mampu;

Menurut Islam
Kafir adalah mengingkari Allah sebagai satu-satunya yang berhak disembah dan mengingkari Rasul Muhammad SAW sebagai utusan-Nya.

Contoh
Orang yang menganut ajaran selain islam lil alamin.


Di dalam Al-Qur'an, kata kafir dan variasinya digunakan dalam beberapa penggunaan yang berbeda. Contohnya ada banyak, salah satu misalnya kufur nikmat.
Mudah-mudahan pada masa yang akan datang kami berkesempatan membahas ke-5 istilah di atas secara tersendiri dengan lebih rinci.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.