Breaking News
recent

Kalimat-kalimat Bijak Umar bin Khattab - Edisi Spesial



Khusus untuk kali ini Bacaan Populer memetik kalimat-kalimat bijak yang diucapkan oleh orang yang sangat istimewa, sekaligus orang yang selalu menjadi idola penulis. Dia adalah salah seorang Khulafaur Rasyidin, sahabat Rasul, dan dia bergelar Singa Padang Pasir, langsung dari Rasulullah SAW. Tak lain tak bukan, dia adalah Umar bin Khattab.

Sedikit tentang Umar Bin Khattab, meskipun beliau memiliki tubuh yang sangat kuat namun dalam urusan perasan beliau adalah orang yang sangat lembut. Beliau dikenal dengan kesederhanaannya, keadilannya, dalam memerintah dan tegas tanpa pandang bulu. Beliau adalah orang yang ditakuti setan. Setan tidak akan mau melewati jalan yang dilewati oleh Umar bin Khattab. Begitu takutnya setan kepada Umar.

Baca bagian sebelumnya:

Ada banyak nasehat yang beliau berikan untuk kita. Semuanya sangat pantas untuk diamalkan. Namun, kali ini kami hanya mengambil 6 kalimat bijaksana saja yang pernah beliau ucapkan. Kalimat yang begitu mengena tanpa harus menyinggung dan menyakiti. Itulah cara Umar Bin Khattab, selalu tegas penuh kelembutan.
Silahkan disimak di bawah ini.

1. "Jika engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu. Karena celamu lebih banyak darinya."


2. "Bila engkau hendak memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya terhadapmu selain perut."


3. "Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah."


4. "Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji."


5. "Bila engkau bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiplah untuk mati. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi ,dan penuh penyesalan."


6. "Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya."

Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.