Saturday, August 20, 2016

25 Fakta Tentang Daur Ulang yang Akan Menyelamatkan Bumi

No comments :
Selamatkan bumi
Saat ini daur ulang harus sudah menjadi sebuah kewajiban. Kita tidak bisa terus menerus bergantung dari sumber daya yang disediakan oleh alam. Karena pada suatu saat sumber daya itu pasti akan habis. Apalagi sumber daya yang berasal dari fosil yang tak bisa terbarui.

Pemakaian barang barang yang berasal dari plastik dan aluminium harus makin dikurangi, jika kita ingin menyelamatkan bumi dari tumpukan sampah. Begitu juga dengan penggunaan kertas. Pada saat ini semua data-data harus mulai dipindahkan dari bentuk hardcopy ke dalam bentuk soft file.

Menurut Kementrian Lingkungan Hidup, Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa menghasilkan 2000 ton sampah perhari, atau setara dengan 73 juta ton per tahun. Sampah sebanyak itu jika tidak dikelola dengan baik, maka beberapa tahun mendatang rakyat Indonesia akan hidup bersama tumpukan sampah.

Sebenarnya, bagi orang kreatif di dunia ini tidak ada yang namanya sampah, yang ada hanyalah sumber daya yang bisa menghasilkan sesuatu yang baru, sesuatu yang berguna, dan yang pasti, mendatangkan penghasilan. Hanya perlu mengolah kembali (recycle) atau menggunakan kembali (re-use).


Di Finlandia ada fakta menarik tentang daur ulang yang seharusnya kita tiru sejak lama. Di sana 9 dari 10 botol plastik dikembalikan untuk didaur ulang, dan hampir 100% dari botol kaca juga didaur ulang. Itu adalah salah satu fakta menarik tentang daur ulang yang seharusnya kita tiru agar kita bisa menyelamatkan bumi dengan cara menghemat penggunaan sumber daya yang berasal dari alam.

Masih banyak fakta menarik lainnya yang seharusnya kita ketahui bersama. 

Di bawah ini Bacaan Populer telah membuat sebuah daftar yang berisi 25 fakta menarik tentang daur ulang. Anda harus membacanya sampai selesai.

Waktu yang dibutuhkan alam untuk mengurai sampah

1. Satu ton kertas yang didaur ulang akan menghemat 682.5 galon minyak, 7.000 galon air dan 3,3 kilometer kubik ruang TPA.

2. Dibutuhkan sebanyak 27.000 pohon setiap hari untuk membuat kertas toilet.

3. Sebanyak 95% dari semua data di dunia masih disimpan di atas kertas. Dan, sebagian besar tidak pernah dilihat lagi.

4. Sebuah botol plastik yang didaur ulang dapat menghemat energi yang cukup untuk menerangi bohlam lampu 60W hingga 6 jam.

5. Menurut Kementrian Lingkungan Hidup, Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa menghasilkan 2000 ton sampah perhari, atau setara dengan 73 juta ton per tahun. Masing-masing membutuhkan waktu 500 tahun untuk terurai.

6. Ribuan hewan laut mati karena salah menelan kantong plastik yang menyerupai ubur-ubur.

7. Setiap tahun, orang Amerika membuang cukup banyak kaleng soda dan botol. Jika disambung bisa membuat jalan bolak-balik ke bulan sebanyak 20 kali.

8. Satu kaleng aluminium yang di daur ulanh akan menghemat energi yang cukup untuk mendengarkan semua lagu yang ada diandroid Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya: 


9. Satu ton plastik yang didaur ulang dapat menyelamatkan hingga 2.000 galon bensin.

10. Mulai tahun 2015, semua warga New York harus mendaur semua peralatan ulang elektronik lama yang mereka miliki. Seperti PC dan TV, atau jika tidak mereka akan didenda sebesar $ 100 (Rp 1.3 juta)

Masih ada 15 fakta lainnya. Silakan klik DI SINI.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test