Tuesday, August 30, 2016

15 Hukum Teraneh di Dunia yang Akan Membuat Anda Terkejut

No comments :

Mengunyah permen karet dilarang di Singapura
Hukum dibuat dan disahkan dengan tujuan untuk mengatur segala sesuatu agar bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sebuah aturan, sebelum menjadi sebuah hukum yang sah, tentu saja ada alasan yang kuat yang mendasarinya. Bagi kita yang belum pernah mengalami hal yang menjadi alasan hukum tersebut disahkan tentu saja kita menganggap bahwa beberapa hukum di negara lain itu terdengar sangat konyol. Namun ternyata, tidak demikian halnya dengan orang yang menjalankannya. Mereka tetap mematuhinya. Karena menganggap bahwa hukum tersebut baik untuk mereka taati.

Di bawah ini ada 15 hukum dari berbagai negara berbeda di dunia yang akan membuat kita terkejut mendengarnya. Namun sekali lagi, kita harus tahu kenapa hukum tersebut masih berlaku hingga saat ini. Karena, di dalamnya tentu saja ada kebaikan bagi orang yang menaatinya.

Berikut 15 hukum aneh dan konyol tersebut.


1. Singapura - Ilegal mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dilarang di Singapura

Singapura adalah sebuah kota kecil yang memiliki reputasi besar. Jalan-jalan di sana sangat bersih. Anda bisa berjalan bertelanjang kaki melintasi pusat kota tanpa perlu khawatir akan terluka. Semua ini berkat akhir Mendiang Lee Kuan Yew, Perdana Menteri yang mengubah Singapura menjadi lebih baik.


Pada tahun 1992, Lee Kuan Yew mengesahkan undang-undang yang melarang perdagangan permen karet. Alasan di balik larangan tersebut adalah karena jalan-jalan dan daerah komersial kota akan menjadi kotor. Anda juga sangat dilarang membuang sampah, membuat grafiti, meludah, atau atau kencing sembarangan.

2. Denmark - Ilegal men-starter mobil tanpa melihat kolongnya terlebih dahulu

Di Denmark, lihat dulu kolong mobil sebelum men-starter
Alasan utama mewajibkan penduduk untuk memeriksa bagian bawah mobil sebelum men-starter mesin adalah karena Denmark memiliki komunitas tunawisma yang selama dekade terakhir banyak  anak-anak miskin yang cenderung beristirahat di bawah mobil.

Tidak peduli seberapa urgensinya urusan Anda, jika Anda lupa untuk memeriksa bagian bawah mobil saat men-starter, Anda akan dikenakan tanggung jawab untuk mencarikan tempat istirahat bagi orang-orang tunawisma di lingkungan Anda. Aturan ini berlaku untuk semua orang. Tak peduli siapapun Anda, umur Anda, atau profesi Anda.


3. Jepang - Ilegal memiliki perut buncit

Dilarang perut buncit, di Jepang
Jepang melihat obesitas sebagai sebuah tindak kriminalitas. Mengapa harus ada seorang warga sipil yang memiliki ukuran badan dua atau tiga kali daripada ukuran badan orang lain? 

Jepang mengesahkan hukum ini dengan harapan untuk menurunkan obesitas dan biaya perawatan kesehatan. Ukuran pinggang seorang pria Jepang tidak boleh melibihi dari 33.5 inci dan seorang wanita Jepang tidak boleh melampaui 35.4 inci. Jika Anda melanggar hukum ini, Anda akan didenda dan dipaksa untuk pergi ke gym. Orang yang memperkerjakan Andapun akan didenda sama.

4. Prancis - Legal menikahi orang yang sudah meninggal

Di Perancis, boleh menikah dengan orang yang sudah meninggal
Yeps, Anda membaca denga benar. Di Prancis, secara hukum Anda boleh menikahi kekasih Anda yang telah meninggal, jika Perdana Menteri memberikan izin. Untuk memenuhi syarat perkawinan aneh ini, seseorang harus mampu membuktikan bahwa mayat tersebut memang berniat untuk menikah dengan sang kekasih yang ditinggal tersebut, sebelum kematiannya. Jika semua berjalan sesuai rencana, upacara pernikahan akan dilangsungkan seperti belum pernah terjadi apa-apa sebelumnya. 

Hukum aneh ini pertama kali diberlakukan selama perang dunia pertama, ketika banyak tunangan kehilangan orang yang mereka cintai di medan perang.

5. Austria - Illegal mencium kekasih Anda di atas transportasi umum

Di Austria, jangan mencium kekasih Anda di atas transportasi umum
Pada tahun 2013, sebuah hukum telah disahkan yang melarang pasangan untuk menunjukkan kemesraan ketika menggunakan sarana transportasi umum. Jadi jika Anda sedang jatuh cinta dan tidak bisa menahan diri untuk mencium kekasih Anda (french kiss), maka bersiaplah Anda akan segera berurusan dengan seorang petugas yang telah ditunjuk untuk menangani tindakan Anda yang mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Anda tidak akan dimasukkan ke dalam penjara. Tapi jika Anda berdua terbukti mengganggu kenyamanan penumpang lain, maka Anda diseret keluar lalu Anda dikenakan denda sebesar € 50.
Wiener Linien adalah perusahaan transportasi utama di Wina, mereka telah memastikan bahwa pelanggan mereka tidak perlu merasa tidak nyaman sedikit pun.

6. Samoa - Ilegal lupa ulang tahun istri

Di Samoa, Para suami jangan sekali-kali lupa ultah istri
Bagi Anda yang memiliki sifat pelupa, maka beruntunglah Anda tidak tinggal di Samoa. Samoa adalah negara milik Oceania, serangkaian pulau-pulau indah yang berada di Pasifik Selatan. Namun, tidak semua yang ada di sana indah sempurna.

Di Samoa, melupakan ulang tahun istri adalah sebuah kejahatan. Hukum telah membuat para suami untuk tidak pernah lupa tentang salah satu hari yang paling menakutkan dalam setahun itu. Pemerintah Samoa memutuskan untuk meluluskan undang-undang ini. Para suami di sana sangat takut melupakan ulang tahun istri mereka. Sebab ada beberapa kasus yang dilaporkan bahwa suami dibunuh karena melupakan ulang tahun isteri.

7. Florida - Ilegal kentut dalam ruang publik pada hari Kamis, setelah pukul 6 sore

Di Florida, dilarang kentut dalam ruang publik pada hari Kamis, setelah pukul 6 sore

Jika Anda adalah tipe orang yang suka membuat lelucon dengan kentut, dan kebetulan tinggal di Florida, maka Anda adalah orang yang paling mungkin tidak setuju dengan hukum konyol ini.

Alasan Florida memutuskan melarang kentut pada Kamis malam khusus, tidak diketahui. Hukum ini dijalankan dengan ketat, dan sebagian besar diberlakukan di pantai timur karena disana banyak terdapat tempat tinggal warga senior.

8. Australia – Ilegal untuk mengganti bola lampu, kecuali Anda adalah seorang tukang listrik bersertifikat

Di Australia, di larang mengganti bola lampu di rumah sendiri
Di Victoria, Australia, jika Anda bukan seorang tukang listrik bersertifikat, tindakan Anda mengganti bola lampu dirumah Anda sendiri adalah sebuah tindak kejahatan. Anda bisa didenda A$ 10 untuk setiap bola lampu yang Anda ganti.

Jika Anda kesetrum atau Anda menyakiti diri sendiri saat melakukan tugas berbahaya ini, Anda tidak akan mendapatkan asuransi apapun. Bahkan, pada masa lalu, Anda akan didenda $ 200 atau lebih, jika meninggal karena mengganti bola lampu Anda sendiri. Aneh bukan? Tapi, masuk akal.

9. Amerika - Legal bagi pemerintah untuk mengakses email-email yang berumur lebih dari 180 hari

Di Amerika, Pejabat boleh memeriksa email yang sudah berumur lebih dari 180 hari
Aturan ini telah efektif sejak tahun 1986. Semua email yang berumur lebih dari 180 hari boleh dilihat oleh pejabat AS.

Jika Anda belum tahu ini sebelumnya, sekarang Anda sudah tahu. Bahwa tidak ada rahasia pribadi bagi pejabat pemerintah Amerika. Yang lebih buruk lagi adalah, meskipun Anda sudah menghapus email Anda tersebut, namun salinannya masih tersimpan di email orang lain maka Anda tetap bisa dijebak jika email itu berisi sebuah pelanggaran hukum.


10. Swiss - Ilegal jika rumah Anda tak memiliki bunker anti nuklir

Di Swiss, tak boleh ada rumah yang tak memiliki bunker anti nuklir
Disebabkan perang dingin, Swiss telah menjunjung tinggi standar hidup yang mewajibkan kembali undang-undang 1960-an. Pembangunan bunker nuklir tidak hanya diwajibkan di gedung-gedung pemerintah serta sekolah-sekolah saja, tetapi hukum diperpanjang sampai ke rumah-rumah warga sipil.


Semua bunker harus diisi dengan perbekalan makanan dan bahan bakar untuk empat bulan, setiap waktu. Siapa pun yang melanggar aturan ini akan dikenakan denda sangat besar. Lebih dari 85% dari populasi tunduk pada hukum ini, yang menjadikan Swiss memiliki sistem pertahanan sipil terbaik di dunia.

11. China - Ilegal mengabaikan orangtua Anda

Di China, Anda tak boleh meninggalkan orangtua. Mantap!
China memiliki UU Hak Lansia yang mewajibkan anak-anak untuk merawat orang tua mereka. Bagi sebagian orang hukum ini tampak konyol karena tidak pernah bisa meninggalkan orangtua Anda. Meskipun mereka bukanlah orang yang terbaik, Anda tetap dianggap melanggar hukum jika mengabaikan mereka.
Di China diberlakukan aturan "Hanya satu anak" dengan ketat karena kelebihan populasi. Jadi, ketika Anda lahir, Anda langsung bertanggung jawab untuk dua orang dewasa. Jika orang tua Anda ditempatkan dipanti jompo, mereka tetap masih menjadi tanggung jawab Anda, untuk memastikan kesehatan mental dan fisiknya. Anda wajib menelepon dan mengunjungi mereka sesering mungkin.

12. Lebanon - Ilegal melakukan hubungan homosexual bestialitas

Di Lebanon, dilarang memperkosa hewan yang berjenis kelamin sama dengan si pemerkosa
Jika seorang pria secara seksual memperkosa hewan betina, maka hal itu tidak tidak masalah, dan tak bisa dituntut secara hukum. Namun, jika orang itu tertangkap basah melakukan tindakan yang sama dengan hewan jantan, maka orang tersebut bisa dituntut hukuman mati untuk tindakan homoseksual nya.

13. Hongkong - Legal bagi seorang wanita untuk membunuh suaminya dengan tangan kosong jika ia tertangkap selingkuh

Di  Hongkong, perempuan boleh membunuh suaminya dengan tangan kosong kalau dia tertangkap selingkuh
Di Hong Kong, Seorang wanita diperbolehkan membunuh suaminya dengan tangan kosong jika ia tertangkap selingkuh. Tapi, jika membunuh suaminya dengan pistol atau racun tetap tidak diizinkan dan melanggar hukum.
Jadi, bagi perempuan Hong Kong yang mulai merasa curiga bahwa suaminya berselingkuh maka dia boleh  mempelajari ilmu beladiri tangan kosong yang mematikan. Atau dia pun bisa berbesar hati dengan cukup mengajukan cerai.

14. Arab Saudi - Legal menikah pada umur berapapun

Anak dibawah umur boleh nikah di Arab Saudi
Di Arab Saudi, tidak ada batas usia untuk menikah. Menteri Keadilan Arab Saudi telah berulang kali mencoba untuk menaikkan batas usia menjadi 15 tahun, namun permintaannya ditolak oleh pemimpin agama. Beberapa anak perempuan bahkan telah menikah ketika berumur 8 tahun, dengan laki-laki yang berumur 6 kali diatas usia mereka.
Untungnya, ada beberapa undang-undang yang tidak menyarankan menikahi seorang anak dibawah umur. Misalnya, tidak disarankan untuk mewujudkan pernikahan sampai gadis itu siap mental dan fisik jika pernikahannya mengalami kegagalan.
Pada tahun 2010, ada seorang istri yang masih berumur 12 tahun menyewa seorang pengacara untuk membantunya keluar dari pernikahannya dengan seorang pria 80 tahun. Sayangnya, kasusnya ditolak.

15. Itali – Ilegal mengerutkan kening

Di Itali, dilarang mengerutkan kening
Jika Anda mengalami hari yang buruk, maka itu akan lebih buruk jika Anda tinggal di Milan. Jika Anda ingin menangis maka lakukan itu di rumah. Karena jika mood Anda sedang buruk maka wajah Anda akan ikut berkerut, hal itu menular kepada orang. Dan, itu tida bisa bisa diterima, dan dianggap tindak kejahatan. 


Menurut hukum di Milan, Anda hanya boleh mengerutkan kening ketika menghadiri pemakaman atau mengunjungi orang yang Anda cintai di rumah sakit.

Jadi pastikan untuk memijat pipi Anda sebelum Anda meninggalkan rumah. Karena Anda wajib tersenyum sepanjang hari.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test