Breaking News
recent

12 Hal yang Akan Menyebabkan Dunia Kiamat

Tabrakan asteroid
Hampir setiap hari kita dingatkan melalui televisi, media online, media cetak, dan buku-buku tentang bencana global yang akan terjadi akibat ulah manusia. Sebetulnya bencana itu sudah berlangsung. Akhir zaman sudah semakin dekat.

Kita tidak sedang membicarakan tentang kiamat seperti yang diceritakan di dalam Al-Quran. Tapi, kiamat yang kita maksud di sini adalah kehancuran bumi beserta seluruh isinya yang disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Perang nuklir, polusi udara dan air, ledakan penduduk, artificial intelligen, pemanasan global, peredupan global, dan kerusakan ekosistem, adalah contoh nyata yang bisa kita lihat.

Dampak buruk ini kita kaji agar dapat kita hindari dengan mencari solusi yang tepat.

Memang tak mudah untuk menggerakkan miliaran manusia untuk berbuat baik. Kita bahkan belum mampu hanya untuk sekedar membuat sebagian manusia paham dan sadar tentang bencana global yang sedang mengancam, apalagi untuk menggerakkan mereka. Tapi, pekerjaan ini harus kita laksanakan! Meskipun hanya memberikan hasil yang sangat sedikit. 


Berikut ini Bacaan Populer telah membuat sebuah daftar yang berisi tentang 12 hal yang betul-betul harus dicegah agar dunia tidak kiamat, yang kami petik dari berbagai sumber. Silakan dibaca, dipahami, dan disadari.


1. Perang Nuklir

Perang nuklir
Jika setiap negara mampu menciptakan nuklir untuk membuat hidup lebih baik, itu tidak masalah. Tapi, pada kenyataannya tujuan utama manusia menciptakan nuklir hanyalah untuk membuat kehancuran global. Karena kita selalu punya sifat sombong jika telah memiliki senjata di tangan. Kita tak akan segan-segan menggunakannya hanya karena masalah sepele, seperti perbedaan ideologi.
Setelah kita menang, so what?! Yang tertinggal hanyalah serpihan negara yang menjadi debu. Kita malah menjadi manusia hina setelah menjadi pemenang.

2. Rekayasa Penyakit


Saat ini perang tidak hanya menggunakan senjata otomatis yang digunakan dengan cara menembak ataupun melempar. Para ahli biologi juga ikut ambil bagian merekayasa penyakit agar bisa membunuh lebih banyak musuh, yang notabenenya juga adalah manusia.
Stepehen Hawking yang sangat jenius pernah ditanya tentang ancaman terbesar bagi umat manusia, dan dia menjawab bahwa perang nuklir, pemanasan global, dan rekayasa genetika penyakit adalah yang menjadi ancaman utama.

3. Polusi Udara

Polusi udara
Saat ini di New Delhi, India, polusi udara adalah salah satu penyebab utama kematian. Sedangkan di Beijing, Cina, adalah kota dengan polusi udara yang terburuk dimuka bumi. Mereka harus memakai masker setiap hari agar tidak menghirup udara tanpa filter. Astronot mengatakan bahwa kabut asap di China bisa terlihat dari angkasa luar, sedangkan tembok megah (the great wall) yang mereka punya tidak terlihat sama sekali. 


Bukankah tujuan kita membangun banyak pabrik adalah untuk membuat hidup lebih baik? Lalu kenapa kita tidak memikirkan juga tentang dampak polusi udara yang ditimbulkannya?

4. Obesitas

Obesitas
Memang tidak ada teori ilmiah yang menyebutkan bahwa dunia akan berakhir hanya karena kita semua terlalu gemuk. Tapi, saat ini, makanan cepat saji yang penuh lemak sudah mejadi pilihan utama. Orang-orang terlalu menghargai waktu sehingga tak sempat untuk mengolah makanan dengan baik.
Jika lelaki obesitas menikah dengan wanita yang juga obesitas maka hampir bisa dipastikan mereka akan memiliki anak yang juga mengalami obesitas. Anak yang tak mampu berolahraga dan melakukan tugas sehari-hari. Jika sudah begini, maka bersiap-siaplah bahwa orangtua akan menyaksikan bahwa anak-anaknya akan meninggal lebih dulu karena penyakit yang disebabkan oleh obesitas.
Cara untuk mencegah hal ini sebenarnya cukup mudah, hiduplah dengan sehat.

5. Bumi akan tertabrak asteroid

Tabrakan asteroid
Bencana yang satu ini memang bukanlah akibat dari perbuatan manusia. Ini adalah kehendak Tuhan.
Sering kita mendengar berita tentang ilmuwan yang meramalkan bahwa bumi akan tertabak asteroid persis seperti yang terjadi 65 juta tahun yang lalu. Jika hal ini benar-benar terjadi maka kita semua tak punya tempat untuk melarikan diri. Kita semua akan meninggal seketika. Bencana ini bahkan jauh lebih buruk dari 100 ribu bom nuklir yang meledak secara bersamaan.

 
Kita berharap ada ilmuwan dan orang-orang super berani yang bisa menghancurkan setiap asteroid yang datang menghantam bumi. Ayo kita ledakan itu. Selamatkan manusia, selamatkan bumi!

6. Ledakan Jumlah Penduduk

Ledakan jumlah penduduk
Semakin hari penduduk bumi semakin bertambah sesak dengan cepat. Kota-kota diperluas. Semua tempat hanya dipenuhi dengan bangunan-bangunan dan tempat parkir. Tak ada lagi lahan kosong tempat bercocok tanam. Kebutuhan terhadap air dan pangan semakin sulit di dapat dan semakin mahal. Hingga pada akhirnya sampai pada satu titik dimana kita saling bunuh hanya untuk mendapatkan kebutuhan hidup. 
Solusinya, galakkan kembali program Keluarga Berencana. Di Cina saat ini pasangan menikah hanya diperbolehkan memiliki 1 anak seumur hidup.

7. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Artificial intelligence
Jika Anda mengetik 3 huruf saja di mesin pencari maka Google sudah tahu apa yang ingin Anda cari. Microsoft word memiliki bahasa yang lebih baik dari pada ketrampilan bahasa saya dan Anda. Memang ini sangat membanggakan dan sangat membantu. 


Namun, nampaknya ilmuwan terus bereksperimen hingga mampu menciptakan tentara yang dilengkapi dengan artificial intellegen. Pada saatnya nanti dunia hanya dikuasai oleh robot. Stepehen Hawkingpun pernah meramalkan tentang ini, bahwa suatu saat dunia akan diambil alih oleh robot dengan kecerdasan buatan.

8. Kerusakan Ekosistem

Kerusakan ekosistem
Kita terus mendengar berita tentang beberapa spesies yang terancam punah. Jika Anda tentang pemanasan global, ini adalah salah satu akibat dari hal itu. Ekosistem di dunia ini saling berhubungan, kerusakan satu spesies akan memiliki reaksi berantai.
Misalnya, lebah telah sekarat dengan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Setiap tahun mengalami penurun sekitar 30%. Alasan ada dua penyebab. Pertama, karena bahan kimia yang digunakan petani, yang ternyata membunuh lebah. Kedua, peningkatan suhu karena pemanasan global.
Jika lebah mati, maka bersiaplah kita akan kekurangan makanan dan buah. Karena pada kenyataanya mereka adalah penyerbuk terbesar dari tanaman buah dan kacang-kacangan. Kematian lebah secara keseluruhan akan membawa konsekuensi yang mendalam dalam industri makanan.

9. Peredupan Global (Global Diming)

Peredupan global (Global diming)
Pada dasarnya, udara kita menjadi tercemar karena penggunaan bahan bakar fosil. Pencemaran ini akan menyerap energi matahari dan merefleksikan kembali ke angkasa, sehingga lebih sulit bagi sinar matahari untuk turun ke kami. Bumi akan menjadi redup dan akan memiliki efek dramatis pada seluruh ekosistem. Tanaman yang membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis akan sekarat dengan cepat.

Sejak tahun 1950, sinar matahari yang mencapai Amerika Serikat mengalami penurunan sebesar 10%, di beberapa bagian Eropa sebesar 16%, dan yang paling membuat panik adalah di Rusia 30%. Bukankah itu sangat menakutkan?

10. Polusi Air

Polusi air
Ancaman penemaran perairan merupakan ancaman bagi kehidupan kita. Pada saat ini, 1 miliar orang di dunia tidak memiliki akses ke air bersih. Anda bisa membaca kabar tentang ini di smartphone atau laptop Anda. Padahal air merupakan sumber kehidupan. Namun, setiap hari kita memasukkan air yang tercemar ke dalam tubuh kita yang dengan perlahan tapi pasti akan membunuh kita secara global.
Solusinya, berhentilah mencemari air. Ciptakan teknoligi yang bisa membersihkan air yang sudah tercemar.

11. Menggunakan Sumber daya secara berlebihan

Pemanfaatan sumber daya secara berlebihan
Memang semua sumber daya yang diciptakan Tuhan di bumi ini untuk kita manfaatkan. Namun jika hanya terus mengambil, mengambil, dan mengambil, tanpa ada usaha perbaikan dan memperbaharui, maka bisa dipastikan efek buruknya bisa kita rasakan dengan cepat dan nyata.
Apakh kita akan mewariskan dunia yang hancur kepada generasi sesudah kita?

12. Kombinasi dari semua poin di atas

Bumi, tampak dari angkasa

Ini adalah poin yang paling menakutkan. Semua bencana di atas terjadi secara serentak. Dan, realitanya memang demikian, kecuali satu hal, tabrakan asteroid. Jadi, bagaimana kita akan mencegahnya? Dari mana kita harus memulainya?
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.