Breaking News
recent

10 Makanan Tersehat di Bumi - dan Tips Menikmatinya


Makanan tersehat di bumi

Alam menyajikan makanan terbaik untuk kita. Ada yang dalam bentuk buah, pucuk, daun, batang, hingga yang berbentuk ubi. Banyak diantaranya bahkan tidak perlu kita olah dan kita masak, langsung bisa kita nikmati. Malah, kadang-kadang karena salah mengolah, banyak diantara makanan tersebut menjadi hilang khasiatnya. Bahkan ada yang menjadi racun.

Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia. Dengan iklim tropis, negara ini dipenuhi dengan tumbuhan yang kaya khasiat. Hampir semua makanan terbaik yang berasal dari tumbuhan ada di sini. Seperti yang terdapat dalam daftar 10 makanan tersehat di bawah ini, semuanya bisa kita dapatkan dengan mudah di kedai-kedai yang menjual sayuran atau di tempat penjual buah.

Dengan keadaan yang seperti ini seharusnya masyarakat Indonesia adalah orang yang paling sehat di dunia. Karena setiap hari bisa menyantap makanan sehat tersehat di bumi. Harganya pun relatif murah, gampang didapat, dan hampir tak mengenal musim. Selalu ada di jual di pasar.


Baiklah Sahabat Populer, sebelum kita melihat daftar 10 makanan tersehat di muka bumi menurut goodnet.org ini, kami ingin mengingatkan bahwa sebaik dan sesehat apapun makanan jika dimakan secara berlebihan tentu saja menjadi tidak baik lagi. Bahkan, jika dilakukan terus-menerus, efeknya malah buruk bagi tubuh. Jadi, makanan yang sehat itu ada batasannya, dan harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Sahabat Populer, Mari kita lihat 10 makanan tersehat di bumi.

1. Daun Bayam


Superfood hijau padat nutrisi ini sudah tersedia dalam bentuk segar, didinginkan, atau bahkan dikalengkan. Salah satu makanan tersehat di planet ini, bayam penuh dengan energi dan rendah kalori. Menyediakan Vitamin A, Vitamin K, dan folat penting.

Tips menikmati: Cukup tumis dengan sedikit bawang dan garam untuk makan siang nanti. Rasanya akan sangat lezat ketika panas berasap. Nikmati bersama keluarga.

2. Kacang Hitam


Kacang hitam mengandung antioksidan super sehat, kacang hitam yang dicerna dengan perlahan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kacang ajaib ini penuh kalsium, protein, dan serat. Rasanya juga luar biasa!


Tips menikmati: Anda kenal makanan Meksiko, burrito, nachos, taco? Cobalah buat makanan yang semacam itu dengan kacang hitam di dalamnya.

3. Buah Kenari


Mengandung lebih banyak antioksidan daripada kacang-kacangan lainnya, kenari juga penuh dengan vitamin E, dan kaya dengan serum tanaman, minyak omega 3, dan lemak sehat.
Tips menikmati: Jadikan cemilan sehat. Simpan dalam tas agar bisa Anda nikmati dimana saja dan kapan saja.

4. Ubi bit merah


Baik untuk otak dan menurunkan tekanan darah. Sayangnya ubi yang berpenampilan sederhana ini sering diabaikan sebagai salah satu makanan tersehat di muka bumi. Padahal, penuh dengan folat, magnesium, dan vitamin C.
Tips menikmati: Parut dan masukkan ke dalam salad untuk pemanis, agar rasanya semakin renyah.

5. Buah Alpokat


Memakan alpokat hanya satu atau dua buah seminggu akan memberikan semua manfaat dari lemak tak jenuh tunggal yang sehat, vitamin B6, dan kaya  folat. Periksa selalu di tempat pedagang buah untuk mengetahui kapan buah yang sepupuan dekat dengan mangga ini sedang musim.

Tips menikmati: Dimakan mentah sangat bagus. Tapi Anda juga bisa mengoleskannya di atas roti panggang dengan garam dan merica, atau sepotong keju, jika Anda lebih suka seperti itu.

6. Dark Chocolate (Coklat hitam)


Kabar gembira untuk chocoholics! Menurut penelitian terbaru, cokelat mengandung lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan jus buah. Manfaat besarnya, melindungi tubuh dari penyakit dan membantu mencegah penyakit jantung. Cokelat hitam adalah pemicu mood alami Anda.


Tips menikmati: Ingat, jangan berlebihan memakan makanan sehat ini. Makanlah hanya satu atau dua kotak per hari. Itu sudah cukup untuk menuai semua manfaat.

7. Buah Raspberry


Seperti kebanyakan berry, buah raspberry dipenuhi dengan antioksidan, untuk membantu menjaga tubuh sehat dan bebas dari penyakit. Buah ini juga menyediakan vitamin C, kalsium dan zat besi.
Tips menikmati: Taburkan di atas yoghurt atau bubur di pagi hari untuk memulai hari Anda dengan cara yang manis dan lezat.

8. Bawang Putih


Bawang putih telah digunakan untuk menangkal penyakit selama berabad-abad, karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dan memiliki beberapa kekuatan anti-inflamasi serius.
Tips menikmati: Giling atau iris, atau hancurkan lalu dimemasak. Bawang putih lezat dicampur ke dalam segala macam masakan.

9. Lemon



Sering disebut-sebut sebagai makanan tersehat di dunia, lemon memiliki kualitas anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Mereka juga memiliki Vitamin C sama banyaknya seperti jeruk.
Tips menikmati: Iris atau peras, lalu masukkan sepotong ke dalam teh atau botol air untuk kesehatan. Anda juga akan terhidrasi pada saat yang sama.

10. Kacang-kacangan (Lentil)



Kacang-kacangan hebat ini kaya dengan serat dan protein. Rasanya yang enak bertekstur untuk jenis makanan apapun. Vegan dan vegetarian sering memakan kacang-kacangan ini sebagai pengganti daging dalam resep tradisional.
Tips menikmati: Tambahkan ke dalam salad, sup, dan minuman, untuk ekstra spirit.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

1 comment:

  1. Sebenarnya memang makanan tersehat itu mudah di dapatkan bahkan bisa tanam sendiri seperti bayam, cuma kadang orang sukanya makanan yang kurang sehat seperti goreng-gorengan atau yang lainnya.

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.