Bacaan orang-orang Populer

Monday, August 1, 2016

10 Fakta Mengharukan Tentang Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic

No comments :

Tenggelamnya kapal Titanic pada tahun 1912 meninggalkan begitu banyak kisah. Mulai dari kisah romantis antara Jack dan Rose yang melegenda, hingga berkembangnya cerita misteri yang mengaitkan antara tenggelamnya kapal mewah itu dengan kesombongan perancangnya yang sesumbar menyebutkan bahwa Tuhan pun tidak akan bisa menenggellamkan kapal tersebut. Masih banyak cerita dengan banyak versi, mengharukan, menegangkang, hingga mencengangkan.

Pada waktu itu kapal Titanic merupakan ikon kemewahan yang terapung di laut. Hanya bisa dinikmati oleh orang-orang dari kalangan elit saja. Sedangkan orang-orang awam hanya bisa sebatas memimpikannya.

Ternyata meskipun dilengkapi dengan peralatan yang super canggih tetap saja kapal mewah ini tenggelam ke dasar Samudra Atlantik. Penyebabnya sangat diluar tidak masuk akal, menabrak karang es. Padahal seharus kapal semegah itu punya sensor yang cukup bagus agar tidak menabrak benda-benda yang membahayakan. Seandainyapun menabrak, seharusnya kapal megah itu tidak akan pecah seperti yang di alami Titanic. Itulah mengapa orang mengingat Titanic dengan latar belakang yang melegenda yakni Sombong kepada Tuhan, hingga tenggelam ke dasar samudra.


Ribuan orang meninggal hilang di tengah dinginnya Samudra Atlantik yang bersuhu nyaris beku. Pertolongan yang ditunggu terlambat sampai di TKP, karena jauh dari garis pantai. Ribuan orang berenang menyelamatkan diri. Namun lebih dari setengah jumlah penumpang dan kru meninggal ditempat kejadian. Hanya sebagian saja jasad yang bisa ditemukan oleh tim pencari dan tim SAR.

Ada beberapa fakta mengharukan tentang tenggelamnya kapal Titanic yang sebaiknya kita tahu. Berikut ini Bacaan Populer sudah membuat daftar yang berisi 10 fakta dimaksud. Silakan dibaca sampai selesai. 


Fakta 1
Tenggelamnya kapal Titanic menyebabkan kematian lebih dari 1.500 orang, salah satu bencana maritim paling mematikan dalam sejarah modern. Hanya 306 jasad penumpang yang berhasil ditemukan.

Fakta 2
Kapal Titanic adalah kapal terbesar mengapung pada saat itu. Panjang Titanic adalah 882 kaki 9 inci, setara dengan ukuran 2,5 lapangan sepak bola.

Fakta 3
Pada pelayaran perdananya, Titanic membawa 2.224 penumpang dan awak.

Fakta 4
Di bawah komando Edward Smith, penumpang kapal adalah beberapa orang terkaya di dunia pada masa itu, serta ratusan imigran dari Inggris dan Irlandia, Skandinavia dan bagian lain Eropa, yang mencari kehidupan baru di Amerika Utara. Penumpang terkaya yang menaiki Titanic adalah John Jacob Astor IV. Kekayaannya mencapai $ 85 Juta, atau sekitar $2 Triliun dollar di masa sekarang. Astor juga ikut tewas dalam tragedi ini.

Fakta 5
Kapal Titanic dibuat dengan menelan biaya sebesar US$ 7,5 juta (Rp 97.5 milyar). Tentu saja jika dibandingkan dengan uang sekarang bisa jadi 300 kali lipat hargaya.

Fakta 6
Kapal ini dirancang dengan model terbaru dalam hal kenyamanan dan kemewahan pada waktu itu. Fasilitas kelas satu di kapal tersebut meliputi Cafe Parisian, kebun teh, tempat fitness, perpustakaan, ruangan membaca dan menulis. Kemudian, ada pula lapangan squash, tempat potong rambut, kandang anjing, elevator, ruangan untuk merokok, kolam renang yang dipanaskan, dan masih banyak lagi. Sebuah telegraf nirkabel disediakan untuk kenyamanan penumpang, yang juga digunakan untuk operasional kapal.

Fakta 7
Titanic dibekali dengan 20.000 botol bir, 1.500 botol anggur, dan 8.000 cerutu, yang  digunakan sebagai service untuk penumpang kelas pertama.

Fakta 8
Meskipun Titanic memiliki fitur keamanan super canggih pada saat itu, seperti kompartemen kedap air dan pintu kedap air dengan sensor jarak jauh, namun jumlah sekoci yang ada tidak cukup untuk menampung semua penumpang di atas kapal, dikarenakan peraturan keselamatan maritim pada saat itu masih sangat longgar.
Awalnya dilengkapi dengan 64 perahu sekoci. Namun diketahui Titanic saat itu hanya membawa 20 perahu sekoci. Bahkan, hampir sebagian besar perahu sekoci itu tidak terisi penuh

Fakta 9
Salah satu warisan yang paling penting dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic adalah pembentukan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS) pada tahun 1914, yang masih mengatur keselamatan maritim hingga saat ini.


Fakta 10
Para musisi bermain selama dua jam dan lima menit ketika kapal tenggelam. Semua anggota band Titanic yang berjumlah delapan orang tewas bersama tenggelamnya kapal tersebut.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test