Bacaan orang-orang Populer

Thursday, July 28, 2016

10 Fakta Menarik Tentang Lumba-Lumba

No comments :


Tak banyak dari kita yang beruntung bisa bertemu dengan hewan mamalia cerdas ini. Namun, hampir semua kita sudah pernah membaca atau menonton film yang mengisahkan tentrang makhluk air yang suka menolong ini. Sebagian besar kisah itu bercerita tentang hubungan erat antara ikan lumba-lumba dengan manusia. Lumba-lumba sering digambarkan sebagai makhluk sosial yang baik. Berbeda jauh dengan saudaranya, hiu, yang selalu digambarkan sebagai makhluk jahat dan menyeramkan.

Selain itu, image yang melekat pada ikan lumba-lumba adalah dia merupakan makhluk yang cerdas dan sangat bersih. Bahkan disebut-sebut jauh lebih bersih daripada manusia. Saking bersihnya, dia tak akan pernah memakan makanan yang diberikan kepadanya jika telah tersentuh debu.

Almarhum Michael Jackson pernah menjadikan lumba-lumba sebagai model dalam video klipnya yang berjudul Free Willy. Guns N' Roses juga pernah memasukkan lumba-lumba dalam video klipnya yang berjudul "Estranged".


Sahabat pasti sudah tahu bahwa lumba-lumba tidak bertelur melainkan melahirkan anak. Mereka juga merawat anak-anaknya dan menyusuinya. Selain itu masih banyak fakta lain yang kami yakin belum Sahabat ketahui tentang mahluk yang bisa sangat akrab dengan manusia ini. Di bawah ini kami telah membuat daftar yang berisi tentang sepuluh fakta menarik tentang lumba-lumba. Silakan dibaca sampai selesai. 



Fakta 1
Lumba-lumba adalah ikan yang sangat aktif dan akrobatik. Mereka adalah perenang tercepat dari semua cetacea (Ikan laut besar. Seperti Paus, lumba-lumba, dan pesut) dengan kecepatan sekitar 25 mph dan mereka dapat melompat 30 kaki di udara.

Fakta 2
Mereka memiliki pendengaran yang unik. Padahal telinga hanyalah berupa celah kecil yang terletak di belakang mata.


Fakta 3
Lumba-lumba memiliki kornea dan lensa yang memungkinkan mereka untuk memiliki penglihatan yang sangat baik, di dalam  ataupun di luar air. Mereka tidak memiliki lobus penciuman atau saraf penciuman, sehingga penciumannya tidak berfungsi dengan baik.

Fakta 4
Mereka memiliki 100 gigi dan menggunakannya untuk menangkap ikan, tetapi tidak untuk makan. Mereka bisa mengkonsumsi ikan hingga 13.6 kg dalam sehari.

Fakta 5
Lumba-lumba mengandalkan sirip dada dan ekor untuk membantu navigasi mereka melalui air.

Fakta 6
Mereka biasanya membuat grup kolektif yang seolah-olah seperti sebuah sekolah lumba-lumba. Mereka hidup dalam keluarga yang biasanya dipimpin oleh lumba-lumba betina.

Fakta 7
Mereka dapat berkomunikasi dalam air dengan mengidentifikasi gelombang suara dan menggunakan gelombang suara yang memantul dari objek (ekolokasi) untuk menavigasi dan menemukan makanan.

Fakta 8
Ibu umba-lumba melahirkan anaknya, merawatnya, dan menyusuinya.

Fakta 9
Lumba-lumba memiliki lapisan lemak tebal di bawah kulit mereka yang membuat mereka hangat di perairan dingin.

Silakan baca artikel menarik lainnya:
Fakta 10
Tidak semua lumba-lumba hidup di air laut. Beberapa spesies lain seperti lumba-lumba sungai hidup di air tawar.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test