Bacaan orang-orang Populer

Monday, May 9, 2016

Pertolongan Pertama Mengobati Keracunan Makanan

No comments :


Ada beberapa jenis makanan yang sangat mengundang selera, membuat kita tak bisa menahan nafsu untuk segera melahapnya sampai habis. Kita bahkan tak sempat untuk memperhatikan apakah makanan itu memenuhi syarat untuk dimakan atau tidak.

Tanpa menunggu lebih lama kita langsung saja mengambil makanan itu dalam porsi besar, dan menyantapnya dengan sangat lahap. Namun sayang, beberapa saat setelah kita makan kita langsung merasa mual, muntah, sakit perut, dan diare. Dan itu adalah pertanda kita sudah keracunan makanan.

Memang, keracunan makanan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat. Tapi, jangan langsung panik. Kita bisa menanganinya sendiri sebagai pertolongan pertama. Namun, jika sakitnya semakin parah tentu saja harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat. 

Baca juga : 7 Makanan yang Super Kaya Hidrat

Untuk menangani keadaan seperti ini sebenarnya tidaklah sulit. Rata-rata di rumah kita tersedia bahan-bahan alami yang kita butuhkan. Tapi, jangan sampai salah penangan. Karena ini akan membuat sakitnya bertambah parah.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengobati keracunan makanan sebagai pertolongan pertama sebelum di bawa ke rumah sakit terdekat. Simak baik-baik ya Sahabat!

1. Kontrol Mual dan Muntah


Caranya:
  • Hindari makanan padat sampai muntah berakhir. Jika merasa lapar makanlah makan ringan, makanan hambar, biskuit asin, pisang, beras, atau roti.
  • Minumlah cairan bening untuk membantu menghindari muntah dan dehidrasi.
Baca juga : 9 Fakta Tentang Selulit yang Penting Untuk Diketahui
  • Jangan memakan makanan yang digoreng, berminyak, pedas, atau manis.
  • Jangan meminum obat anti mual atau obat anti diare tanpa meminta pendapat dokter, karea bisa jadi obat-obatan itu akan membuat beberapa jenis diare bertambah parah. Dokter mungkin memberikan obat anti mual jika Anda berpotensi jadi dehidrasi.

2. Cegah Dehidrasi


Caranya:
  • Minumlah cairan bening, dimulai dengan teguk kecil, dan secara bertahap minum semakain banyak.
  • Jika muntah dan diare berlangsung lebih dari 24 jam, minum larutan oralit
Baca juga : 11 Cara Mudah Menghilangkan Kantong Mata 

3. Hubungi dokter jika gejala berlangsung lebih dari 3 hari.


Gejala tersebut misalnya: Sakit perut parah, demam, diare berdarah atau tinja berwarna gelap, muntah yang berkepanjangan atau berdarah.
Tanda-tanda dehidrasi, seperti: Mulut kering, buang air kecil menurun, pusing, kelelahan, peningkatan denyut jantung atau peningkatan pernapasan.

Semoga cepat sembuh! Get well soon!

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test